Kisi-Kisi Uji Kompetensi (awal) Guru Fisika SMA

KISI-KISI UJI KOMPETENSI GURU FISIKA SMA/MA
UJIAN KOMPETENSI AWAL UNTUK SERTIFIKASI GURU TAHUN 2012
Mata Pelajaran : Fisika
Jenjang : SMA/MA

dikutip dari http://padanglawasutarajaya.blogspot.com/2012/02/kisi-kisi-uji-kompetensi-guru-fisika.html

Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
A. PROFESIONAL
11. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
diampu.
11.1Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori fisika serta penerapannya
secara fleksibel.


Mekanika:

  • Menentukan percepatan rata-rata gerak seekor serangga yang bergerak setengah lingkaran dengan kelajuan yang konstan.
  • Menjelaskan gerak benda berdasarkan grafik kecepatan fungsi waktu.
  • Menentukan panjang lintasan bola yang dilemparkan bolak-balik oleh dua orang yang berlari saling mendekat dengan kecepatan konstan dari jarak tertentu.
  • Menggambar grafik hubungan antara besar gaya Archimides dengan kedalaman dari sebuah batu yang dijatuhkan ke dalam air.
  • Menentukan tinggi maksimum yang dapat dicapai suatu benda, jika ditarik oleh benda lain yang dijatuhkan melalui suatu sistem katrol tunggal.
  • Menjelaskan kemungkinan gerak benda yang memiliki percepatan tetap.
  • Menentukan daya yang dilakukan gaya yang telah mengubah kecepatan suatu benda dalam selang waktu tertentu.
  • Menjelaskan apa yang menyebabkan permukaan bulan yang terlihat dari bumi selalu tetap.

Termodinamika:

  • Menjelaskan apa yang menyebabkan kalau memasak air di kota Bandung akan mendidih di bawah suhu100o C.
  • Membandingkan perubahan suhu dua benda yang mendapatkan kalor sama, berdasarkan massa dan kalor jenis ke dua benda.
  • Menjelaskan pengaruh kapasitas panas dan kalor jenis, terhadap fenomena kecepatan perubahan suhu suatu benda.
  • Menentukan suhu pada sambungan dua logam, berdasarkan koefisien konduksi dan suhu ke dua batang logam.
  • Menentukan massa es batu yang diperlukan untuk menurunkan suhu air teh panas sampai pada suhu tertentu.
  • Menentukan efisiensi mesin Carnot, berdasarkan data perubahan suhu gas yang terdapat pada diagram PV.
  • Menjelaskan pengaruh tekanan terhadap titik lebur, titik beku, titik didih, dan titik embun, berdasarkan diagram PT.

Gelombang Optik:

  • Menentukan jarak objektif dan okuler berdasarkan data yang ada pada diagram pembentukan bayangan sebuah mikroskop optik.
  • Menjelaskan alasan teoritis mengapa gelombang cahaya dapat menunjukkan fenomena polarisasi.
  • Menentukan frekuensi, berdasarkan pola gelombang yang merambat pada jarak dan kecepatan tertentu.
  • Menentukan perbandingan frekuensi bunyi yang terdengar pada saat kereta  mendekat dan menjauhi pendengar diam, berdasarkan kecepatan kereta dan kecepatan bunyi di udara.
  • Menjelaskan parameter-parameter gelombang, berdasarkan bentuk persamaan gelombang.
  • Menentukan jumlah mesin yang sedang beroperasi, berdasarkan perbandingan intensitas bunyi mesin yang terdengar.
  • Menentukan panjang gelombang cahaya, berdasarkan konstanta kisi yang digunakan untuk menghasilkan pola interferensi yang dapat diamati pada layar.

Listrik Magnet:

  • Menentukan perbandingan gaya padadua muatan yang dipengaruhi oleh sebuah muatan lain, berdasarkan perbedaan jarak dan besar muatan darike tiga jenis muatan.
  • Menentukan besar muatan yang tersimpan dalam kapasitor, berdasarkan kapasitas masing-masing kapasitor dan selisih potensial gabungan dari tiga kapasitor yang dirangkaikan secara seri dan paralel.
  • Menentukan potensial listrik di titik tertentu dari suatu muatan, berdasarkan kuat medan listrik pada suatu titik dari muatan.
  • Menentukan rangkaian tiga hambatan yang sama dengan rangkaian tiga hambatan yang disusun secara paralel.
  • Menentukan efisiensi transformator,berdasarkan perbandingan jumlahlilitan primer-sekunder dan kuat arus yang mengalir pada lilitan primersekunder.
  • Menentukan arah gaya yang dialami proton di dalam medan listrik, berdasarkan arah kecepatan protonterhadap kuat medan listrik tersebut.
  • Menentukan arah medan magnet,berdasarkan bentuk lintasan elektronyang bergerak di dalam medanmagnet.
  • Menentukan perubahan suhu sejumlahair yang dipanasi dengan komporlistrik, berdasarkan waktu dankarakteristik yang dimiliki oleh kompordan air.

Fisika Modern:

  • Menentukan jumlah inti atom yang telah meluruh, berdasarkan grafik jumlah partikel fungsi waktu dari suatuzat radioaktif.
  • Menentukan jenis sinar radioaktif yang keluar dari sumber, berdasarkan bentuk lintasannya di dalam medan magnet.
  • Menjelaskan postulat dalam teori atom Bohr yang dapat dipergunakan untuk mengatasi kelemahan teori atom Rutherford.
  • Menentukan jumlah foton yang dipancarkan oleh suatu pemancar, berdasarkan karakteristik daya  danfrekuensi dari pemancar.
  • Menjelaskan sifat-sifat elektron foto pada peristiwa efek foto listrik.

11.2Memahami proses berpikir fisika dalam mempelajari proses dan gejala alam.
11.3 Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan prosesdan gejala alam.
11.4Memahami struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu Fisika dan ilmu-ilmu lain yang terkait.
11.5Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentangproses dan hukum fisika.
11.6 Menerapkan konsep, hukum, dan teori fisika untukmenjelaskan fenomena biologi, dan kimia. biologi, dan kimia.
11.7 Menjelaskan penerapan hukum-hukum fisika dalam teknologi terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

  • ·Memberi contoh penerapan hukum Faraday dalam teknologi yang banyak dipergunakan dalam kehidupan seharihari

11.8 Memahami lingkup dan kedalaman fisika sekolah.
11.9Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembangan bidang ilmu fisika dan ilmu-ilmu yang terkait.

11.10Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaandan keselamatan kerja/belajar di laboratorium fisikasekolah.

11.11Menggunakan alat-alat ukur-alat ukur:

  • Menentukan ketelitian jangka sorongalat peraga, alat hitung,dan berdasarkan sistem skala utama danpiranti lunak komputer untuk nonius pada alat ukur.
  • Meningkatkan pembelajaran fisika di kelas, laboratorium,dan lapangan.
  • Menentukan luas benda menurut aturan angka penting, berdasarkan hasil pengukuran panjang dan lebar benda dengan menggunakan jangka sorong.
  • Membaca hasil pengukuran kuat arus berdasarkan skala dan hambatan  shuntyang digunakan pada amperemeter.

11.12 Merancang eksperimen fisika untuk keperluan pembelajaran atau penelitian.

  • Merancang percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya gesekan statis maksimum dan gaya normal.

11.13 Melaksanakan eksperimen fisika dengan cara yang benar
11.14 Memahami sejarah perkembangan IPA pada umumnya khususnya fisika dan pikiran-pikiran yang mendasari perkembangan tersebut.

  • Menjelaskan dasar pemikiran yang dipergunakan Maxwell sehingga ia dapat berhipotesa tentang keberadaa gelombang elektromagnet.

12. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yangdiampu
12.1 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu.
12.2 Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yangdiampu.
12.3 Memahami tujuan pembelajaran yang diampu.
13. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
13.1Memilih materi pembelajaranyang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
13.2Mengolah materi pelajaranyang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

14. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif secara berkelanjutan terhadap kinerja sendiri

14.1 Melakukan refleksi berkelanjutan terhadap kinerja sendiri terus-menerus

14.2Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatankeprofesionalan.
14.3Melakukan penelitian tindakankelas untuk peningkatan keprofesionalan.

  • Mengurutkan empat langkah pokok dalam PTKdengan benar.

14.4Mengikuti kemajuan  zamandengan belajar dari berbagai sumber.

15. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
15.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
15.2Memanfaatkan teknologiinformasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.

Kompetensi Penguasaan Terhadap Peserta Didik
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial,kultural, emosional,dan intelektual.
1.1 Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual,sosial emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya.
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
1.3 Mengidentifikasi bekal ajar :

  • Menjelaskan komponen kegiatan awal peserta didik dalam pembelajaran yang dapat matapelajaran yang diampu. dipergunakan untuk mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.

1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran
yang diampu.

  • Menjelaskan prinsip terjadinya belajar bermakna menurut David Ausubel.
  • Menjelaskan implikasi konstruktivisme dalam praktek pembelajaran di sekolah.

2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yangmendidik secara kreatif
dalam mata pelajaran yang diampu.
·

  • Menjelaskan alasan yang melandasi perlunya diterapkan pendekatan keterampilan proses dalam kegiatan  pembelajaran.

3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran
yang diampu.
3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.

  • Merumuskan tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar sesuai dengan kompetensi dasar.

3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
3.4 Memilih materi pembelajaran :

  • Menentukan materi pokok yang diampu yang terkait berdasarkan salah satu rumusan dengan pengalaman belajar kompetensi dasar dalam standar Isi dan tujuan pembelajaran.

3.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.

  • Membuat indikator yang sesuai dengan instrumen penilaian.

4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaranyang mendidik.

  • Menjelaskan prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.

4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas,laboratorium, maupun
lapangan.

  • Menjelaskan salah satu aktivitas guru dalam kegiatan elaborasi pada kegiatan inti pelaksanaan pembelajaran.

4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajaryang relevan dengan karakteristik peserta didik dan
matapelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.

  • Menjelaskan jenis-jenis bahan ajar yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk belajar.

4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang.

  • Menentukan saat yang tepat untuk mengambil keputusan memodifikasi strategi pembelajaran yang telah direncanakan dalam RPP.

5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk  kepentingan pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara
optimal.
6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untukmengaktualisasikan potensipeserta didik, termasuk kreativitasnya.

  • Menjelaskan bentuk-bentuk beban belajar yang dapat dilaksanakan untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitas.

7. Berkomunikasi

7.1 Memahami berbagai strategi secara efektif, berkomunikasi yang empatik,dan efektif,empatik, dan santun,
santun dengan secara lisan, tulisan, dan/atau peserta didik. bentuk lain.

7.2 Berkomunikasi secara efektif,empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari:
(a)penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan
dan contoh,  (b)ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c)respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan
(d)reaksi guru terhadap respons  peserta didik, dan seterusnya.

8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.

  • Menjelaskan salah satu prinsip penilaian hasil belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

8.2 Menentukan aspek-aspek -aspek ·karakteristik mata pelajaran yang diampu.

  • Menjelaskan salah satu prinsip proses dan hasil belajar yang penilaian yang digunakan dalam penting untuk dinilai dan menentukan nilai KKM setiap mata dievaluasi sesuai dengan pelajaran di sekolah.

8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

  • Menentukan bentuk soal tes yang cocok untuk mengetahui perkembangan unjuk kerja peserta didik.

8.5 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen.
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.

  • Menentukan KKM suatu KD yang memiliki sejumlah indikator,berdasarkan nilai kompleksitas daya dukung dan intake.

8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk pembelajaran
9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan  untuk kepentingan pembelajaran.
9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan.

9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran.
10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
10.1Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

  • Menentukan tahapan dari langkah-langkah PTK, berdasarkan materi diskusi yang dilakukan oleh seorang guru dengan rekan sejawatnya.

10.2Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
10.3Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

  • Membedakan jenis-jenis PTK, berdasarkan teknik atau strategi yang dipergunakan agar suatu kegiatan pembelajaran menjadi efektif dan efisien.

#fisika, #guru, #kompetensi, #sma, #ujian, #uka