Rancangan kegiatan PBM, Penilaian Individual

Di Tahun 2012-2013 agar semua siswa yang saya ajar mengerti serta dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam kegiatan kelas maka saya rancang beberapa kegiatan dan model penilaian yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran fisika di tahun ini.

Karena di tahun ini saya mendapatkan dua tipe rombongan belajar yaitu kelas XI dan kelas XII sehingga ada beberapa pokok yang berbeda dibandingkan tahun pelajaran sebelumnya.

Kelas XI
Semester Ganjil

Persamaan Gerak Bidang Datar
Persamaan Gerak Rotasi
Gravitasi
Elastisitas dan Hukum Hooke
Pegas
Persamaan Gerak Harmonis
Usaha dan Energi
Hukum Kekekalan Energi
Impuls dan Momentum

Kelas XII
Semester Ganjil

Persamaan Umum Gelombang Berjalan
Gelombang Stasioner
Gelombang Bunyi
Taraf Intensitas Bunyi dan Efek Doppler
Gelombang Elektromagnetik
Optik Fisis
Interferensi dan Difraksi
Listrik Statik
Kapasitor dan Energi Kapasitor
Rangkaian Kapasitor

Rentang waktu pembelajaran semester ganjil dimulai tanggal 27 Juli 2012 dengan libur akhir Ramadhan mulai 15 agustus sampai 25 agustus 2012. Dilanjutkan hingga desember 2012.

Setiap akhir bab akan dilaksanakan uji kompetensi atau tes daya serap, untuk yang mendapatkan nilai kurang dari KKM (kriteria ketuntasan minimal) mendapatkan remedial sementara yang mencapai nilai di atas atau sama dengan KKM akan mendapat tugas pengayaan yang disesuaikan dengan keluasan materi ajar. Tes yang dilakukan dapat berupa soal uraian atau tes berbentuk pilihan ganda (dengan lima pilihan atau dengan alasan)
Untuk memahami materi-materi tertentu diadakan praktikum di laboratorium atau secara visual menggunakan simulasi PheT yang dapat anda lihat pada postingan sebelumnya di Blog Guru Fisika.

Jika para siswa mengalami hambatan dapat disampaikan melalui bagan komentar setiap judul posting blog atau melalui twitter @fisikarudy.

Bagi siswa kelas XI IA yang nanti akan bekerja sama dengan saya harap menuliskan perkenalan dirinya pada judul posting perkenalan diri siswa IA baru tahun 2012-2013 setelah posting ini.