UKG tentang soal TIK

Yang agak menjadi momok bagi rekan-rekan saya yang juga guru adalah memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, apalagi jika momok ini menjelma menjadi soal dan pertanyaan pada UKG kelak. Menurut asumsi saya pertanyaan ini mungkin berada pada bagian Uji Kompetensi Profesi yang mencapai proporsi 70% dari keseluruhan soal UKG kelak (konon jumlah soal maksimalnya 100 butir).
Berdasarkan beberapa kisi-kisi yang saya baca mengenai pemanfaatan dan penggunaan TIK  (teknologi informasi komunikasi) menanyakan beberapa bagian:

  1. Pemanfaatan perangkat lunak seperti Word, Excel, Powerpoint, Access dan lain-lain. Yang sederhana saja : untuk membuat grafik berdasarkan data-data program office Microsoft yang dapat digunakan adalah (tentu saja MS Excel). Kemudian pertanyaan lain, untuk menunjukkan pembuktian suatu turunan sebuah persamaan diferensial menggunakan software : (Powerpoint atau Open Office Presentation – untuk operasi sistem opensource atau KeyNote jika menggunakan sistem operasi Apple).
    Dan sayang sekali jika pertanyaan UKG nanti tidak digali menggunakan perangkat-perangkat lunak yang tidak harus keluaran Microsoft dong.
  2. Juga urut-urutan menggambarkan bangun menggunakan MS Word sampai diperoleh gambar berarsir. (?) wow, apakah sedemikian detail. Menurut saya pribadi pantas saja pertanyaan seputar TIK untuk guru menjadi momok, yang sehari-harinya saja menggambar bangun masih dengan mistar bukannya pengolah kata di laptop. Waktu ditanya kenapa ngga beli laptop, jawabannya sepele yaitu biar untuk anak saya saja yang belajar. Begitu pertanyaan itu muncul sebagai bagian dari butir tes Uji Kompetensi Guru sang penjawab hanya bisa berharap dari soal kompetensi pedagogik lainnya.
  3. Sama halnya dengan manakah urut-urutan menampilkan presentasi melalui program Powerpoint? (hayo?)
  4. Seperti apa langkah menampilkan animasi pada MAcromedia Flash (nah lo juga, tidak semua rekan saya tau apa itu Macromedia Flash bahkan mengerti file itu swf atau flv saja memang benar-benar blank)
  5. Pertanyaan tentang TIK untuk guru lainnya yaitu menjelajah internet menggunakan program apa? (tentu saja akan banyak pilihan seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, dan banyak lagi web browser namun yang paling umum adalah tiga yang saya sebutkan tadi).
  6. Cara mengambil file/data/gambar/film dari internet disebut …. (download atau mengunduh), selain itu tentu saja kebalikannya yaitu mengirimkan file ke server disebut (upload atau menggunggah).
  7. Sebutkan langkah-langkah mengirimkan email.
  8. Sebutkan langkah-langkah mengirimkan email dengan melampirkan file.  (Nah lo, kalo tidak pernah bagaimana bisa menjawab pertanyaan ini?)
  9. Sebutkan langkah-langkah mencari informasi di internet (bagaimana dengan yang belum pernah berinternet?)
  10. Bagaimana dengan pemanfaatan Blog sebagai website pribadi guru dan untuk mempermudah komunikasi dengan peserta didik?

Dan masih banyak kemungkinan lain pertanyaan tentang TIK yang ditanyakan kepada saya saat berdiskusi menghadapi UKG di kantor guru hingga laboratorium internet, sementara hasil bacaan dan telaah di media massa mengenai gejolak kekuatiran pelaksanaan UKG di daerah lain, mereka diberi waktu lima hari lagi untuk belajar komputer agar bisa “lolos” dari lubang jarum UKG ini. Termasuk ketiadaan simulasi aplikasi itu yang versi beta untuk dicobakan selain dalam waktu 15 menit sebelum UKG benar-benar dimulai di TUK (Tempat Uji Kompetensi) adalah kendala riil yang akan menjadi kesulitan bagi rekan-rekan guru yang tidak terbiasa dengan media komputer.

Solusi untuk kami secara pribadi selain mengandalkan soal-soal dan simulasi Flash yang dibuat oleh Bapak Mursyid dari Jawa Tengah untuk berlatih dan membantu rekan-rekan guru, juga melanglang buana mengunduh contoh-contoh soal uji kompetensi berdasar kisi-kisi serta benar-benar menjelajah mencari bahan dasar dari kata kunci kisi-kisi UKG selain juga membuat jejaring sosial mengunduh fotokopi soal-soal uji kompetensi dari rekan-rekan guru sekolah lain yang sederajat untuk mencari rasa aman dan jaminan agar lolos dari UKG kelak. 
Ironis? ya ada benarnya, karena dikemanakan tunjangan profesi selama ini yang bayarannya juga kadang lancar kadang ngga joss? jawaban umum dari rekan-rekan dan rekanita saya adalah tunjangan tersebut untuk menopang kehidupan sehari-hari yang masih compang-camping dari himpitan kredit bank, kredit motor, bahkan kredit tanah hingga kredit perumahan daripada numpang rumah mertua sampai pada keinginan-keinginan duniawi lainnya (realitas ini masih sangat jauh sebagaimana harapan The Founding Fathers mengenai tunjangan akibat memiliki Sertifikat Pendidik yang diharapkan untuk meningkatkan kompetensi para guru penerimanya sehingga menjadi Guru yang Profesional)

#kalimantan-tengah, #kalteng, #lpmp, #palangkaraya, #smada, #soal-ukg, #uji-kompetensi-guru, #ukg