Optik Fisis dan Gerak Rotasi – Gravitasi

Untuk kelas XII IA-1 dan XII IA-2 (sebelum saya tidak sempat menjenguk besok pagi dan esoknya lagi karena sedang mendapat dinas ke luar sekolah).

Pada optik fisis (khusus untuk siswa kelas XII IA) – yang nantinya akan anda buatkan peta konsep atau mind map berdasarkan acuan sebagai berikut :

  1. difraksi atau pelenturan cahaya oleh celah (kisi) tunggal dan celah banyak (kisi) -> berikan keterangan berupa ringkasan percobaan pelenturan cahaya
  2. Interferensi cahaya yang terjadi pada celah kembar (celah Young) maupun selaput tipis hingga terjadinya cincin newton (lengkapi dengan ringkasan percobaannya)
  3. Pembiasan pada benda tembus cahaya dan pembiasan pada prisma (tuliskan persamaan singkatnya)
  4. Sifat optik terbatas (resolusi dan sudut resolusi) -> lengkapi dengan persamaan Rayleigh (ringkas percobaan dan teori singkatnya)
  5. Polarisasi menurut Brewster dan menurut Malus

Buat Peta Konsepnya dilengkapi dengan persamaan utama (prime formula) diwarnai pula yang menarik. Sementara keterangan ringkasan pada kertas lain (jangan disatukan dengan peta konsepnya).

 

Untuk kelas XI IA-5 dan XI IA-4, gunakan konsep gerak rotasi dimulai dari persamaan kinematika gerak rotasi, konversi besaran linier dari besaran anguler, percepatan sentripetal, percepatan tangensial, percepatan total, dilengkapi dengan persamaan-persamaan utama dalam gerak rotasi disatukan dalam peta konsep (mind map) dilengkapi dengan warna yang menarik dan meriah. Jika sudah aplotkan foto peta konsep yang telah anda buat melalui twitter dengan mention @fisikarudy dan hashtag #gerakrotasi

Sementara untuk konsep gravitasi anda buatkan peta konsepnya dengan indikator :

  • Gaya Gravitasi Umum menurut Hukum IV Newton
  • Kuat Medan Gravitasi
  • Menentukan percepatan gravitasi pada ketinggian tertentu
  • Energi potensial gravitasi
  • Kecepatan orbit benda-benda langit
  • Pembuktian Hukum ke-3 Keppler
  • Periode Orbit dan Kecepatan orbit menurut Hukum Gravitasi Umum terhadap Gaya Sentripetal planet

Peta konsep cukup muat dalam satu halaman kertas buku catatan anda, tidak perlu menggunakan kertas ukuran F4 atau A4.