Fisikarudy dengan intranet

Sebenarnya metode ini bukan hal baru bagi guru-guru yang telah mengenal jaringan dan server, tetapi lebih mudah jika digambarkan bahwa intranet adalah membangun jaringan yang bersifat bergerak (bisa dibawa atau dilakukan dalam kelas-kelas atau pelatihan-pelatihn TIK) menggunakan komputer server atau cukup dengan laptop berspesifikasi tinggi atau memiliki kapasitas RAM dan harddisk yang mumpuni.
Apalagi saat ini laptop-laptop demikian harganya pun cukup wow untuk dimiliki seperti yang saya baca di brosus salah satu toko laptop di kota kami ada menawarkan laptop dengan Harddisk sebesar 1024 MB atau 1 terabyte dengan RAM sebesar 8 GB dan prosesornya keluaran intel terbaru i7 (sssttt harganya cukup untuk membeli sepedamotor balap):mrgreen:

Walaupun saya belum bersenjatakan laptop semacam itu, namun dengan modal nekad-nekadan asal ditemani acces point sekaligus router atau bisa juga memasang router di dalam laptop, intranet dapat dilakukan dalam kelas seperti yang pernah saya lakukan pada tahun 2010 lihat http://fisikarudy.com/2011/03/25/kali-ini-tanpa-proyektor/ hanya saja saat itu tidak selengkap sekarang, karena saat itu habis waktu untuk setting sana sini serta berbekal kabel.
Namun degan pengalaman malam tadi, tanpa kabel pun atau waireles (tulisan sebenarnya sih wireless) saya dapat menghubungkan laptop-laptop jadul saya dalam satu sistem intranet, bahkan dikira anak-anak saya sedang berinternet padahal hanya transfer data dan membersihkan isi laptop saja😛

Sistem intranet yang sesungguhnya sangat membantu pembelajaran berbasis TIK karena sekolah yang telah mempunyai server atau mendapat bantuan server dari Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan setempat dapat memaksimalkan pembelajaran bermakna dengan menambahkan konten-konten belajar hingga melakukan evaluasi dan pelaporan hasil belajar menggunakan media berbasis Teknologi Informasi, konon smsgateway pun dapat dilakukan dalam server tersebut.

Jika waktu 2010 lalu saya sama sekali tidak tahu memanfaatkan server localhost, tahun ini kami menanamkan WAMPP atau XAMPP sebagai tools untuk berbagi kepada jaringan intranet dalam kelas. Juga ditanamkan virtualclass dan moodle (untuk spesifikasi komputer server dengan prosesor yang lebih kuat dibandingkan intel pentium, centrino atau yang lainnya). Untuk berkomunikasi antar komputer (asalkan IP setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dikelola oleh guru atau admin), dapat dilakukan dengan menanamkan LAN Messenger yang dapat anda peroleh gratis bersifat opensource atau freeware dengan sistem windows di dunia maya. Saya menggunakan LAN Messenger yang free untuk percobaan dan intranet dalam kelas. Pengelolaan kelas intranet dengan menyiapkan bahan-bahan ajar, dokumen presentasi, dokumen eBook dalam laptop dan siswa dapat mengunduh bahkan dapat mengaplot bahan yang mereka buat menggunakan phpATM yang saya tanam dalam XAMPP/WAMPP.
Tentu saja anda harus menggunakan laptop dengan RAM yang cukup lega agar gegas, prosesor yang cukup cepat dan lapisan penahan panas agar laptop yang anda jadikan server akan bernar-benar bekerja keras menjadi “pelayan” atau host dari berbagai laptop siswa yang mengambil dan mengirim data.

Perlu digarisbawahi, intranet ini adalah dasar pembangunan jaringan dalam laboratorium komputer, laboratoirum multimedia, perpustakaan maya, e-Administrasi, e-Layanan dan sudah jelas e-Pembelajaran dalam satu sekolah tanpa menggunakan internet sama sekali, karena konten-konten yang diperlukan dapat dibatasi oleh administrator dan tinggal dibenamkan saja dalam storage server.

Hanya saja saat ini tidak ada komputer setara dengan PC Server yang dapat dibawa bergerak (Mobile-Server) selain laptop yang dengan spesifikasi saya sebutkan di awal postingan ini.

Adakah dari anda yang ingin mengembangkannya ?

#client, #fisika, #gateway, #host, #ict, #intranet, #kelas-interaktif, #komputer, #laboratorium, #multimedia, #produksi, #sekolah-berbasis-tik, #server, #sma, #standalone, #tik