Open-Sankore

Selain menggunakan intranet saya juga menggunakan aplikasi mengajar interaktif berupa aplikasi whiteboard dari dalam laptop/komputer yang bernama open-sankore.
Menggunakan open-sankore ini lebih kurang sama seperti menggunakan papan tulis atau whiteboard, hanya saja perlu tambahan stylus atau pen tablet sebagai pointer dan sebagai alat untuk menulis laksana spidol atau kapur.
Saya memiliki pen tablet Genius sejak tahun 2006 namun baru saya sadari manfaatnya setelah saya memperoleh aplikasi gratis OpenSankore ini.
Berikut adalah potongan pelajaran optik fisis menggunakan aplikasi ini yang saya ekspor sebagai pdf, jika disimpan sebagai file open-sankor dengan ekstensi ubz.
Aplikasi gratis ini tersedia dalam berbagai platform, mulai dari MAC, Linux sampai Windows (mulai dari XP sampai versi OS Windows terbaru). Saya mendownload sejak versinya masih 1.21, sementara sampai dengan hari ini versi open-sankore interactive teaching telah mencapai seri 1.41 untuk windows.
Selamat mencoba dengan alamat downloadnya di http://open-sankore.org/en/download (tapi jangan lupa mengisi formulir untuk aktif di komunitas open-sankore)
Sebenarnya aplikasi open-sankore ini menggunakan papan tulis interaktif, berhubung saya belum memiliki Wii Mote untuk membuatnya interaktif maka saya gunakan proyektor saja yang diarahkan ke layar atau tembok kelas, lumayan sebagai pengganti whiteboard di saat papan tulis malas digunakan atau disaat listrik berlimpah tengah tumpah ruah.
les-fisika-18092012_overlay


#aplikasi-mengajar-interaktif, #fun-learning, #fun-teaching, #interactive-teaching, #linux, #mengajar-fun, #mengajar-interaktif, #microsoft-windows, #open-source, #open-sankore, #operating-systems, #physics, #physics-make-fun, #physics-teacher-is-fun, #whiteboard-laptop, #windows, #windows-xp