Diajar prof Hong Joo Kim

Pagi sabtu saya beranjak setelah mendengarkan kodok bercerita dan memanggil sang hujan, pagi sabtu yang tenang saya segera menyiapkan berkas pekerjaan agar siswa-siswa di 11 ipa5 dan 12 ipa2 tidak terbengkalai karena saya mendatangi seminar dan simposium mengenai dunia fisika teori dan aplikasinya.
Pukul 7 sy sudah berencana utk segera meluncur ke Universitas Palangka Raya, tetapi tugas sebagai salah seorang manajer data di sekolah membatasi langkah dan membuat saya beserta tim yaitu Ade Dwioutra dan John Ary Sandy harus bertahan dan syukurlah dapat terselesaikan setelah dipaksa untuk mencari kelemahan pengisian aplikasi supervisi dan monitoring RSBI di smada.
Saya pun bergegas karena takut terlambat karena waktu telah menunjukkan pukul 8.00 wib, sama seperti zaman kuliah semasa menjalani sarjana dan pascasarjana, takut kena hukum karena terlambat masuk, ternyata sesampai di aula, semuanya masih lengang, parahnya lagi tab tempat saya membaca dan menulis tengah tertinggal dikediaman karena saya sedang mengisikan tenaganya, akhirnya saya terpaksa pulang kembali mengambil alat penting tersebut.
Setelah tiba kembali sekitar pk 8.30 ~ karena kediaman saya tidak terlalu jauh dari Kampus Tanjung Nyaho, trrnyata deminar belum juga dimulai, di lobby depan saya sudah dicegat oleh dosen-dosen fisika yangmembimbing dan membentuk saya menjadi guru seperti saat ini yaitu Dr. Komang Gde Swastika dan Dr. Pendi Sinulingga yang mengatakan bahwa saya perlu menemani salah seorang pembicara seminar internasional dari luar negeri. Saya kaget bercampur senang, bahwa ada lagi kesempatan berbicara dengan ilmuwan fisika internasional.

Sambil menunggu saya menemui pembimbing akademik saya yang sampai saya lulus juga jarang saya temui hehehe, yaitu Dr Abdul Basid yang sekarang mengajar di UIN Maliki Malang, dan bertemu lagi dengan dosen-dosen lainnya. Sementara Prof Mitra Jamal memberi paoaran tentang tren sensor dalam penelitian fisika, waktu menunjukkan pk 9.30 dan saatnya menemani tamu dari luar negeri, sebenarnya saya beharap Prof Ohnuki yang berangkat tetapi saat sesi pertama Beliau sudah diantar ke SMAN 5 Palangka Raya, berarti tersisa satu profesor lain yaitu Prof Hong Joo Kim, ya benar saja, tidak beberapa lama Nurul Ayu, mahasiswi pend. Fisika yang alumni Smada 2008 menyambangi saya diiringi Pak Suhartono, MPd lalu ibu dosen muda Luvia juga tampak bersiap-siap mengantar, tak berapa lama bergegas dari kursi depan Prof Hong Joo Kim disertai penerjemahnya yaitu Gabriela Amanda, dari ITS Surabaya.
Mereka berempat dalam mobil lain dan diduga saya ikut mobil tersebut, namun saya lebih menyukai menumpang mobil sendiri. Akhirnya kami tiba di SMADA, tapi karena saat yang sama kepala sekolah Bu Badah Sari sedang mengikuti paparan hasil supervisi dari Dr Mahnuri dan Tambunan Jamin, MSi dari direktorat Pengembangan SMA Kemendikbud, maka saya bersama Bu Marsaulina Demiaty yang menyambut dan mengajak Prof Hong Joo Kim berbicara di kantor kepala sekolah.
Pandangan pertama Prof. Hong dengan smada adalah sekolah yang bagus, ramai, dan dipenuhi siswa-siswa yang ceria,

image

Berbicara dengan beliau menggunakan bahasa inggris gado-gado pun sangat menyenangkan dan lama-kelamaan mengasyikkan, berbagai topik Beliau ungkapkan mulai dari sekolah internasional, sekolah internasional di korea, tentang universitas temoatnya mengajar di Daegu, asal keluarganya, pendaoatnya tentang Perang Korea, dan yang menarik adalah pandangannya tentang dunia fisika, dark matter dan dark energy, semakin menambah penasaran.

image

image

image

Setelah lama ditunggu, akhirnya kami beserta Pak Faturohmandan Pak Nyoman Suardana, selaku wakil Kepala Sekolah akhirnya mempersilakan Prof Hong memulai presentasinya di kelas yang sudah disiapkan

image

Akhirnya setelah satu jam pelajaran Beliau tentang Discover Universe with Learn about Quark, selesai disertai bebrapa tayangan tentang pribadinya, pertemuan  kami pun usai, dan saya sempat meminta salinan presentasinya dan Beliau memberikannya dengan senang hati, sungguh murah hati juga Prof. HJK ini yang ternyata keahliannya di bidang fisika teoretis penemuan materi yang masih belum dikenal manusia yaitu Dark Matter. Sampai jumpa Prof Hong, mudah-mudahan jika ada seminar internasional lagi kita bertemu kembali.

Jurnal-jurnal ilmiah yang ditulis oleh Prof Hongjoo Kim silakan perhatikan
Posting melalui WordPress Android

#experience, #fisika, #indonesia, #kalimantan, #kalteng, #palangkaraya, #physics, #smada, #theoretical, #universitas