27 Oktober 2012

Tanggal ini diaku oleh sebagian besar blogger Indonesia sebagai Hari Blogger Nasional yang dicanangkan sejak tahun 2007 oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi saat itu, yaitu Bapak Prof. Muhammad Nuh, yang saat ini menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saya sendiri mendapatkan sayatan kicauan dari twitter rekan-rekan saya kemarin siang. Sejarahnya silakan baca di situs kompas
Apakah Blogger? Apa itu blog?

Berdasarkan tulisan pada buku TIK yang diterbitkan oleh Kemenristek tahun 2008 yang ditulis oleh Onno W Purbo dan kawan-kawan (hal. 71)-buku tersebut jarang ditemui secara offline kecuali mengunduhnya dari situs buku elektronik, situs penyimpan massal atau situs yang dimiliki pak Onno😀 dituliskan bahwa Blog adalah singkatan dari web blog yang artinya sebuah situs web berisi menu tulisan, komentar, dapat berisi gambar-gambar, foto-foto (grafis) bahkan video yang biasanya dioperasikan perorangan. Seiring dengan perkembangan zaman, web blog bukan hanya didominasi oleh perseorangan saja melainkan organisasi-organisasi melalui web administrator.

 

Kebanyakan blog berisi komentar atau berita yang disampaikan personal dari berbagai hal atau kadang blog adalah buku harian online. Jika dulu diary atau buku harian hanya ditulis dan dibaca si penulis kemudian disimpan sampai wafat, tetapi sekarang justru blog sebagai buku harian yang dapat dibaca semua orang dari segala tempat dan masa:mrgreen:
Keterbukaan ini ditunjukkan pula dengan keseriusan dan komentar-komentar dari pembaca blog tersebut merupakan bentuk interaksi sebagai bagian yang terpenting dari perkembangan blog. Blog menyebarkan keterbukaan (high profile) pada seorang penulisnya, penulis blog ini yang dinamakan blogger.
Menurut buku ini sampai dengan desember 2007, tercatat 112 juta blog di dunia (termasuk blog saya saat itu yaitu http://rudyhilkya.wordpress.com dan https://fisikarudy.wordpress.com).
Perlahan dan pasti, blog telah bertumbuh menjadi media sosial lain selain media massa dan media elektronik televisi, tetapi tetap memiliki segmentasi tersendiri di dunia multimedia. Postingan atau tulisan blogger jarang didapat pada media koran, majalah, radio, televisi karena itu blog merupakan media alternatif untuk menyampaikan opini, pandangan, berita, cerita, kisah, tulisan bahkan sampai dengan argumen yang tidak berujung.
Aktivitas blogger atau penulis blog di Indonesia dimotori oleh Bapak Enda Nasution yang disebut sebagai Bapak Blogger Indonesia (di awal-awal tahun 2006-2007 saya banyak membaca tulisan mengenai Bapak Enda Nasution yang sudah menjadi celeb blogger saat itu dan sampai sekarang). Anda dapat mengikuti kicauan Bapak ini di https://twitter.com/enda
Sekarang bahkan dimudahkan cara mencari blog yang anda inginkan dengan menuliskan alamat blog tertentu pada http://www.google.com/blogsearch atau http://www.blogsearchengine.org/

Sumber tulisan :
Buku Pelajaran TIK untuk SMA/MA kelas XI Semester I terbitan Kemenristek bekerjasama dengan Depdiknas, Depkominf Oktober 2008 (penulis Onno W Purbo, dkk)
Wikipedia.org

#blog, #web-blog, #weblog