Hari Berbahasa Inggris dan Berbahasa Dayak Ngaju

Sebagaimana amanat dari Kepala Sekolah SMA Negeri-2 Palangka Raya, mulai pekan ini setiap hari Jumat percakapan dan pembelajaran dianjurkan menggunakan Bahasa Inggris dan pada hari Sabtu percakapan dan pembelajaran dianjurkan menggunakan Bahasa Dayak Ngaju.

Kedua bahasa ini diharapkan menjadi keunggulan tersendiri bagi seluruh warga SMA Negeri-2 Palangka Raya yang menyandang sebutan rintisan sekolah bertaraf internasional. Semula saya sendiri enggan mengakui status yang cukup “mentereng” namun sarat makna dan berat tersebut, tetapi semenjak mengikuti Seminar Internasional Theoritical and Applied Physics sekaligus Simposium Fisika Nasional Ke-25 di Universitas Palangka Raya baru-baru ini, terlebih saya sendiri dipandu secara tidak sengaja menjadi guide sekaligus representatif sekolah saat Prof. Hong Jookim berkunjung ke sekolah beberapa saat yang lalu, sangat terasa kebutuhan dan kemampuan berbahasa inggris harus ditumbuhkan tanpa berbagai alasan yang cenderung konyol dan mengada-ada.

Terbukti dengan bahasa Inggris ala tarzan yang saya lakukan, komunikasi kepada Prof. Hong Jookim yang hanya mampu mengucapkan terima kasih dan selamat siang dalam bahasa Indonesia berlangsung santai dan terkoneksi dengan baik😛

Karena itu kepada para guru dan para siswa yang masih alergi menggunakan bahasa Inggris maupun Bahasa Dayak Ngaju sebagai bagian dari program pengembangan dan pemberdayaan fungsionalitas keberadaan rintisan bertaraf internasional yang tidak meninggalkan kearifan lokal budaya Kalimantan Tengah, marilah kita mulai dari awal dan dari keterbatasan menggunakan kedua bahasa ini sebagai bahasa pengantar.

Maksud dan tujuannya sudah tampak jelas, kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi kita melakukannya.

Selamat berbahasa Inggris dan berbahasa dayak ngaju di SMA Negeri-2 Palangka Raya.

#applied-physics, #asia, #asing, #bahasa, #dayak-ngaju, #fisikarudy, #indonesia, #indonesian-language, #inggris, #kalteng, #palangka-raya, #palangkaraya, #rudyhilkya, #smada, #sman-2