Pertautan

Dalam keadaan lemas dan kurang tenaga, hari ini pelajaran mengenai menentukan arah medan magnet, gaya magnetik, kecepatan elektron dan kuat arus listrik dalam ruang magnet akhirnya menemukan cara yang mudah yang dengan menggunakan pipet yang saling tegak lurus.
Dengan menyesuaikan arah-arah sesuai besaran di atas pada pipet, maka diperoleh alat sederhana untuk menunjukkan besaran-besaran yang berpengaruh dalam medan magnetik tersebut.
Ide sederhana ini dicetuskan oleh William Giovanny, siswa kelas 12 IPA-1 yang sore hari sebelumnya main-main dengan pulpen dan pensil. Sore hari tadi saya perbaiki lagi dengan mengganti warna pipet dan menyesuaikan dengan besarannya masing-masing.
Anda pun dapat menemukan ide sederhana yang brilian dan efisien untuk membantu belajar, saking pusingnya mencari pipet sampai bertemu dengan Pak Tri Waluyo, Kepala SMP Muhammadiyah Palangka Raya yang kebetulan mengantarkan baju lab untuk putranya yang di kelas 10 terbengong-bengong dengan kesulitan saya mencari pipet bekas yang banyak dibuang😛
Bagaimana dengan anda hari ini? Adakah ide segar menanti anda ?

#12-ipa-1, #fisika, #giovanny, #ide, #kalteng, #palangkaraya, #rudyhilkya, #smada, #william