Edmodo, Jejaring Sosial Guru

PAk Agus Sampurno @gurukreatif, gurukreatif.wordpress.com pernah bercerita kepada saya mengenai Edmodo, suatu jejaring sosial yang mengolaborasikan siswa dan guru dari seluruh dunia untuk bergabung membentuk komunitas pembelajar. Selain itu guru juga dapat menyebarkan catatan atau tugasnya serta kegiatan kelasnya melalui jejaring mikro blog twitter.
Bergabung dengan edmodo sama halnya dengan portal penilaian lainnya yang disebut yaitu sebagai Guru atau sebagai siswa, dan saya lupa namanya. Karena pada portal tersebut guru dapat menilai afektif siswa dengan memberi badge dan siswa dapat mengubah-ubah avatarnya. Saya pernah mencoba tahun 2010-2011 namun setelah itu tidak ada aktivitas lagi.
Sekarang dengan edmodo yang portalnya dibangun semirip dengan facebook untuk memberikan status penugasan, laporan, catatan, peringatan, bahkan kita dapat memberi nilai melalui badge serta kita dapat menuliskan nilai selanjutnya diatur batas KKM (kriteria ketuntasan minimalnya).
Sampai dengan hari ini siswa yang sudah bergabung di kelas edmodo saya baru 56 orang yang saya bagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelas 10, kelas 11, dan kelas 12.
Masih banyak hal-hal menarik dengan jejaring sosial ini selain itu para siswa juga dapat berinteraksi dan menyampaikan hasil opini mereka serta membaginya melalui twitter.
Guru dapat menyediakan folder-folder untuk dibagikan kepada siswa dan memasang tautan website atau situs-situs yang berguna dalam pembelajaran.
Kunjungi http://www.edmodo.com/fisikarudy

#edmodo, #micro-blogging, #sosial-media