Trans selatan

Perjalanan hari ini mengulang trip minggu lalu mengunjungi mertua dan kerabat di kota yang berjuluk kota AIR, tapi kali ini misinya adalah mengunjungi makam mertua dan saudara ipar. Perjalanan agak berbeda dibanding minggu lalu, terutama kondisi jalan poros selatan yang mulai banyak berlubang dan ada beberapa ruas yang masih sempit dengan perbedaan ketinggian yang cukup membahayakan bagi kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat bersasis rendah.
Perjalanan yang menghubungkan tiga daerah ini masih didominasi jalan yang berbatu, bergelombang, berlubang walau jaraknya setelah diakumulasi sudah berkurang dari 10 km, suatu kemajuan yang sangat hebat bagi Kalimantan Tengah berkat visi pimpinan daerahnya untuk meningkatkan efisiensi dan keterhubungan antarkota dalam propinsi ini. Saat melalui lubang-lubang di jalan yang tersebar sporadis, namun mayoritas berada pada sisi yang mengarah ke barat (menuju Palangka Raya), juga saat melewati jembatan layang tahap 2 yang sudah dibuka akhir januari 2013 kemarin, sangat terasa goncangan suspensi mobil yang kelas MPV di bawah 160 juta berbunyi gluduk-gluduk, seperti menginjak suatu benturan. Mungkin akan terasa beda jika dialami penumpang dalam mobil mewah berharga 250 juta ke atas, seperti ujar tetanga saya, lubang gajah pun tidak terasa saat diinjak ban CRV-nya:mrgreen:
Kebetulan saat ini Kabupaten Pulang Pisau hendak mengadakan pesta pemilu memilih langsung kepala daerahnya, dan melihat daerah-daerah pedesaan yang saya pikir belum diperbaiki dan bisa menjadi pekerjaan masa depan pada pimpinan daerah untuk menarik simpati rakyat, yakni pengaspalan jalan desa serta pelebaran sehingga transportasi dan distribusi dari sentra-sentra desa dapat meningkat yang berarti meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
Disiplin pengguna roda dua masih banyak yang bermain-main dengan nyawa, apalagi long weekend ini memungkinkan membawa anak serta keluarga berlibur ke luar kota. Yang paling banyak adalah pengendara motor tanpa pengamanan yang memadai juga membawa penumpang dengam sepedamotor sampai penuh sesak, padahal sepedamotor hanya mampu membawa dua penumpang, itupun ditambah dengan tas serta plastik bungkusan lainnya. Semakin saratlah motor yang dipakai, terbenam dengan barang-barang bawaan selain penumpang yang sesak selain ayah sang pengemudi, juga ibu yang duduk tersangkut di belakang, apalagi anak-anak yang masih balita ini dijejal.
Supir-supir travel pun masih rajin beradu cepat tanpa memedulikan orang lain atau pengguna jalan lain, apalagi saat senja menuju malam, permainan lampu dim panjang tampa diindahkan sering  Menyilaukan mata pengemudi lain ~ kadang saya pun harus “terpaksa” menyalakan lampu “panjang” untuk memberi efek keseimbangan👿
Lain dulu lain sekarang, itu baru trek kota Air menuju Palangka Raya, belum ditambah trek yang lebih panjang lagi.
Yang lumayan adalah jalur antara pulpis ini semakin diperlebar dan merata. Semoga dengan terpilihnya pemimpin baru Pulang Pisau pada 4 april 2013 nanti, daerah yang bermotto Handep Hapakat ini semakin maju dan jaya.

Posting melalui WordPress Android

#kapuas, #kota-air, #kuala-kapuas, #palangkaraya, #perjalanan, #plangka-raya, #pulang-pisau, #pulangpisau