Ziarah Makam

Beberapa hari di Palangka Raya, juga daerah lain di Kalimantan Tengah selalu terjadi kebiasaan kaum nasrani untuk mengunjungi kubur dan menyalakan lilin selain menaburkan bunga di makam orang-orang yang mereka kasihi dan cintai. Fenomena ini tiap tahun selalu menimbulkan pasar dadakan, parkir dadakan sekaligus tempat transaksi dadakan yang tidak kalah berbahaya adalah maraknya perilaku negatif yang tak jarang memberi citra buruk kepada kaum ini karena perilaku oknum-oknum yang membawa minuman keras bahkan tidak jarang drugs ke area pemakaman tempat ziarah.
Mengapa terjadi demikian?

Karna ziarah makam ini sebagai kegiatan mengenang kebangkitan Yesus Kristus pada hari yang ketiga setelah wafat di kayu salib, juga diikuti dengan bermalamnya para keluarga di makam kerabatnya, padahal kebiasaan ini tidak dikisahkan dalam kitab suci atau mengikuti peraturan gereja dalam hal ini GKE. Tidak jarang pihak GKE bersama pihak berwenang menyebarkan pengumuman yang melarang kegiatan menginap atau bermalam di makam, namun tidak jarang pula diindahkan atau tidak dipatuhi. Hal ini lazim di kalimantan tengah, namun sekarang frekuensinya sudah berkurang.
Akibat lain dari ziarah makam, banyak penjual dan perangkai kembang dadakan yang mencari peruntungan dengan menjajakan bunga yang mereka susun menjadi kompetitor toko-toko bunga yang biasa merangkai bunga untuk ucapan bela sungkawa di kota kami ini. Dengan harga bervariasi dan susunan yang apik dalam kesederhanaan, menimbulkan kesegaran di saat senja menjelang malam. Semarak lampu lilin menerangi kuburan-kuniran Kristen yang ada di Jalan Bangka, Komplek km 2,5, hingga km 12 yang arahnya agak ke dalam. Suasana yang hanya ditemui setahun sekali setelah Jumat Agung.
Tidak dipungkiri ziarah kubur menjelang paskah (selama sebulan ini yang puncaknya pada malam minggu) adalah tradisi turun-temurun dan patut dijaga serta sedapat mungkin semua penziarah mengikuti himbauan-himbauan yang tujuannya positif dan tidak merugikan pihak-pihak lain.
Selamat Paskah guys.

Posting melalui WordPress Android

#gke, #kristen, #kubur, #makam, #paskah, #pesakh, #ritual, #ziarah