Metaformosis Diri

Bersama Angkatan 2002 SMADA Kelas 3IPA2

Bersama Angkatan 2002 SMADA Kelas 3IPA2

Saya memilih mengajar fisika selain karena tidak ada jurusan yang cocok juga karena kegagalan menjadi ahli telekomunikasi digital (ceritanya saat itu akhir tahun 1991 ada sekolah tinggi telekom yang baru saja dibuka oleh PT Telkom dan saya sempat lolos dari tes akademik, psikotes, hingga penetapan akhir tapi tidak diterima) yang akhirnya selama 1991 -1992 saya tidak kuliah dan tahun 1992 saya memilih FKIP Universitas Palangka Raya Jurusan Pendidikan MIPA program studi pendidikan Fisika. Kuliah cukup lama karena

Tahun 1997 saya melaksanakan program pengenalan lapangan sebagai guru magang di SMAN-1 Palangka Raya yang selanjutnya pada tahun yang sama saya bekerja sebagai guru tidak tetap di sana hingga tahun 2001 sembari menyelesaikan kesarjanaan. Pada tahun yang sama saya berkeluarga dengan mengandalkan penghasilan sebagai guru tidak tetap dan honor serta memberikan pelajaran tambahan dengan biaya 10 rebu per bulan. Saat itu sudah lumayan besarnya:mrgreen:

Bersama kelas 3IPA2 tahun 2002 (pertama menjadi Wali Kelas)

Sementara di SMANSA, saya menyambi menjadi guru honor pula di SMAN-4 Palangka Raya tahun 1997 namun karena kejelasan honor bulanan yang tak tentu dan cenderung menurun  saya memutus keluar pada tahun 1999 (saat zaman Pak Hekker ini saya digaji 35 ribu sebulan, sementara di SMANSA mulai dari 150 ribu hingga terakhir 250 ribu, kebetulan bendahara BP3 saat itu menjadi Kepala SMAN-2 Palangka Raya sekarang, yakni bu Dra. Badah Sari) :D  dan mulai 1999 itu dengan kepala sekolah yang baru Pak Drs. Yuwono, saya menotalkan diri berguru di SMANSA.

Tahun-tahun di SMANSA saya lalui dengan pahit, getir, suka, duka dan saya ingat akan insiden dengan salah satu anak guru olah raga sama-sama mengencang urat leher dan menarik kerah pakaian dan saya yang kalah karena posisi lemah. Pelajaran berharga yang saya terima dari Fajar Ebtanto agar menjadi guru jangan main gebrak meja atau mudah tersinggung ! Terima kasih Fajar entah di manakah anda berada sekarang. Setelah terakhir saya amati sebagai pengusaha😀

Bersama Kelas Lamdha (XI IPA-3) tahun 2007

Dua tahun berikutnya SK sebagai CPNS saya terima dari universitas kebanggaan Oloh Itah, tepatnya terhitung  desember 2000 saya diangkat sebagai CPNS di SMAN-2 Palangka Raya dan saat saya menerima surat keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut pada 10 Mei 2001 yang selanjutnya saya melapor ke Kepala SMAN-2 Palangka Raya, Drs. Itar Kamang Iman dan bulan berikutnya mendapat gaji pertama sebesar 680 ribu rupiah :wow:

Bulan-bulan selanjutnya saya berani mengredit sepeda motor Yamaha Sigma hingga tamat pada tahun 2004 dan selanjutnya motor itu tidak pernah saya gunakan lagi terakhir saya besituakan seharga 2 jutaan kepada tukang las😛

Teen Spirit Band masih eksis sampai sekarang setiap perpisahan dan ulang tahun sekolahan, gratis

Metamorfosis terus terjadi sejak kejadian 2006-2008, idealisme yang liar dan tak terkendali hampir membawa saya terbenam dalam lumpur (maunya Bernafas dalam lumpur), untunglah karena kebijakan dan toleransi yang tinggi dari guru-guru senior dan Kepala Sekolah saat itu Pak Itar, saya masih bisa bernafas lega sampai sekarang.
Karena nyaris bernafas dalam lumpur tadi, metomorfis tahap ini mengubah saya menjadi penulis blog di fisikarudy.wordpress.com dan saya tinggalkan blog saya yang lain yang isinya kritikan dan “kata-kata yang tidak berkenan” dengan Good Bye !
Perjalanan kelas saya bisa pembaca amati dan ikuti dalam seluruh tautan cerita dalam blog ini dan silakan kunjungi bagian arsip tulisan untuk mengecek sejarah perjalanan linimasa fisikarudy.

Wisuda Pascasarjana Unlam Maret 2012

Semula metamorfosis adalah perubahan bentuk perlahan, sekarang saatnya transformasi. Mengubah pandangan dan pemikiran menjadi lebih berintegrasi melalui pendidikan. Seusai perjuangan saya (berserta kekasih cantik saya) menyelesaikan pascasarjana di negeri tetangga, pemahaman mengenai pembelajaran, pengajaran yang bermakna, menulis dengan hati dan kehati-hatian mulai membuahkan perkenalan dan kematangan.

Alumni SMADA pada HUT tahun 2008

Alumni SMADA pada HUT tahun 2008

Craxi Savier XI IPA-4 tahun 2010

Kelas XI IA-5 aka OPERA tahun 2013

#asia, #awal, #cerita, #karir, #kisah, #programming