Hasil Kompetisi Mading Mei 2013 (1)

2013-05-23 09.57.41-1

Kalteng Jempol oleh Gubernur A. Teras Narang

Pada akhir Maret 2013, saya dihubungi seorang cewe cantik melalui twitter dengan akun @karina_kusumawardhani yang mengejutkan saya dengan idenya tentang open government (pemerintah terbuka). Kemudian terjadilah komunikasi via email dan saya yakin tidak hanya saya yang dikontak beliau untuk program OGI (Open Governmen Indonesia) suatu pogram tentang keterbukaan informasi atau transparansi informasi melalui kegiatan penganggaran yang menyentuh bidang pendidikan yaitu Bantuan Operasional Sekolah. Sejauh mana para warga sekolah mengetahui dan mengawasi penggunaan anggaran tersebut.

Hal ini adalah tantangan sekaligus ketakutan saya, sebab selama ini yang namanya transparansi merupakan bagian yang tabu dan sulit diungkap, apalagi berhubungan dengan dana BOS, you knew what I mean? Tetapi karena dorongan untuk memperkenalkan program baru apalagi ini adalah bagian dari UKP4 unit kerja di bawah Presiden RI mengenai penetrasi program pemerintah dan sejauh mana telah dilaksanakan. Program OGI ini dilaksanakan hanya di Kalimantan Tengah sebagai propinsi yang dipilih melaksanakan proyek sumbu atau Pilot Project  berupa Lomba Majalah Dinding tentang Transparansi Dana BOS di Sekolahku (sebagai temanya). Saya sungguh sangat passionate  untuk menyebarluaskannya plus mengampanyekannya melalui jejaring sosial. Sampai setiap kali saya bertemu dengan para guru se-Palangka Raya saya dianggap kaki tangan yang ingin mengorek-korek informasi yang tabu tadi. Bagi saya menyebarkan informasi dan memperjelas maksudnya adalah suatu amanah, berkah yang harus dibagikan demi sesuatu yang benar. Saya selanjutnya mengikuti akun @opengovindo untuk menangkap dengan jelas esensi transparansi itu dan akhirnya mendapat teman baru yakni Anindita Kusuma dan Naufal Rospriandana yang bertindak sebagai tim opengovindo dalam pelaksanaan kompetisi mading Kalteng 2013.

Melalui blog ini pula saya tempatkan widget-nya pelaksanaan program OGI tersebut, bisa dilihat di sisi kanan blog. Selanjutnya saya sempat mengulas tentang kompetisi ini dan bagian dari kampanye, tercatat 63 twit berhasil dikirimkan dari tulisan di posting blog tersebut.

Sempat terjadi kegalauan dan keraguan karena selama seminggu saya mengulas tentang kompetisi tersebut, karena di laman pendaftaran peserta sama sekali kosong melompong. Tidak saya sadari, di daerah-daerah yang didatangai Tim OGI ini membuahkan hasil dan pengaruhnya juga sampai diposting di dunia maya. Padahal selama tiga minggu saya tidak membicarakannya di dunia maya, sampai saat perhitungan kandidat semifinalis melalui voting di facebook beredar hingga tanggal 6 Mei 2013. Maka berlomba-lombalah semua sekolah peserta sebanyak 32 tim menyebarluaskan madingnya melalui facebook untuk memvoting foto mading mereka, banyak komentar negatif dan miring mengenai keberadaan mading yang dinilai “mencari perkara ini” tetapi sebagai bagian dari perjuangan kami tidak mundur dan tidak gentar. Bahkan menambah pengalaman bahkan meningkatkan rasa greget, dalam rumah kami pun antara saya dan istri juga berebut mencari pendukung untuk memvoting, kebetulan saya menghadiahkan istri saya galaxy tab setelah tahu bahwa istri saya akan berangkat ke Jakarta dalam rangka Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa dan Aksi Karakter Indonesia se-Indonesia beberapa waktu lalu.

Sejak akhir April 2013 hingga semalam sebelum tanggal 7 Mei 2013, saya bertanding dengan istri saya mencari vote dukungan untuk foto mading masing-masing sekolah kami dan akibat kehebohan ini di akhir Mei ini sempat menjadi rumor yang tidak mengenakkan bagi saya pribadi karena berat sebelah (dianggap terlalu memihak sekolah lawan). Ironisnya cobaan ini terjadi berkali-kali hingga hari ini. Tapi syukurlah rumor itu tidak benar dan penyebarnya tengah diselidiki pihak yang berwajib!  Melalui twitter dan fesbuk saya menghubungi semua teman-teman juga alumni sekolah dan kejar-mengejar tak terhindari, menjadikan semangat nge twit dan membuka chatting semakin meriah disertai pekik kaget karena dimarahi orang lain!:mrgreen:😦

Siswa saya yang tergabung dalam Tim Jasin SMADA bahkan pernah seharian saya ajak untuk berkampanye hingga akun fesbuk mereka dianggap SPAM karena telah berkali-kali mengirim pesan dan berbuah dampratan dari pihak lain, tetapi memang sungguh bandel tim ini sekalipun didamprat dan dimarahi bahkan dimaki-maki lewat chatting mereka tetap tidak bergeming dan terus bersemangat meningkatkan jumlah voting hingga akhirnya di tanggal 6 Mei 2013 mencapai sekitar 1000 vote.

Saat Jumat awal Mei 2013

Swansea, Nopri, dan Ika Rumbang beraksi

Kini semua pemuda di gambar telah menjadi Mahasiswa (UI, Undip, dan Ikatan Dinas Kemenhub Meteorologi dan Geofisika)

Yang difoto ini telah menjadi Mahasiswa FT Universitas Swasta ternama di Yogyakarta

Penggila Blog sejak kelas X tahun 2009

Sebelumnya saya pernah mengajak tim Pria pada tahun sebelumnya melakukan hal yang sama tetapi untuk program ping back dalam rangka meningkatkan arus masuk blog. Meningkatkan pengunjung :

Sampai waktu pengumuman pemilihan lima besar melalui twitter, ternyata voting hanya salah satu cara untuk memilih kandidat dan Tim Jasin SMADA termasuk salah satu kandidat yang dibaca kedua oleh panitia OGI pada pertengahan mei kemarin. Saya sempat mengingatkan Ika untuk mengaplot foto terbaiknya setelah saya meretweet pengumuman dari @opengovindo dan beberapa waktu lalu Ika, Swansea, Praditha, dan Nopriliani dipanggil ke Aula Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah untuk mempresentasikan Majalah Dinding buatan mereka (masuk sebagai finalis tingkat Propinsi Kalteng) selain MAN Model Palangka Raya dan SMAN-2 Kapuas Timur. Setelah pengumuman tiga besar masing-masing jenjang sekolah pada tanggal 20 Mei 2013 kemarin.

Berikut adalah foto-foto selama penjurian yang diambil dari foto sebaran Karina Kusumawardhani yang bertindak sebagai koordinator Panitia Kompetisi Mading Kalimantan Tengah tahun 2013.



Trofi yang dibagikan kepada peserta :

Akhirnya pada tanggal 23 Mei 2013 bertepatan dengan Upacara peringatan HUT Propinsi Kalimantan Tengah ke-56 diumumkan pemenang Kompetisi Mading ini sebagai berikut :

Juara 1 SMP : SMP Negeri-1 Sampit, Juara 2 : SMP Negeri-2 Palangka Raya, dan Juara 3 : SMP Negeri-3 Sampit. Untuk tingkat SMA  dengan juara 1 : MAN Model Palangka Raya, Juara 2 : SMA Negeri-2 Palangka Raya, dan Juara 3 : SMAN-2 Kuala Kapuas.

Berikut foto-foto pembagian hadiah yang terpaksa dilakukan di lain tempat masih di lingkungan pelaksanaan upacara dikarenakan waktu yang terbatas. Namun tidak mengurangi rasa hikmat dan kebahagiaan para siswa dan guru pendamping menerimanya, kepada para Pemenang diserahkan hadiah oleh Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah, Dr. Guntur Talajan, SH, M.Pd berupa trofi dari Kristal untuk siswa dari Gubernur Kalimantan Tengah selain itu masing-masing pemenang mendapatkan dua hadiah lain yaitu sebuah Gadget Tablet Android dan Smartphone Android persembahan PT Telkom wilayah Kalimantan Tengah. Tujuan dihadiahkan kedua gadget tersebut, agar siswa semakin gegas dan rajin menulis serta memosting tulisan melalui blog, twitter, fesbuk atau media online lainnya. Selamat Kepada Para Pemenang dan Dirgahayu Propinsi Kalimantan Tengah Ke-56, Jayalah Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila.

2013-05-23 09.50.46  2013-05-23 10.07.59 2013-05-23 10.08.43-1 2013-05-23 10.09.10-1 2013-05-23 10.10.10-1

2013-05-23 11.23.18

Dan yang pasti akhirnya kami yang hanya bersua melalui media jejaring sosial dapat bertemu wajah yang istilah kerennya kopdar saat perhelatan HUT Propinsi Kalteng ini sambil menunggu hujan reda selain jemputan.

Sampai Berjumpa Kembali bu Karina, bu Ditha dan Pak Naufal hehehe (dengan tidak mengurangi rasa hormat menambahkan sebutan itu sebagai bentuk formalitas keresmian)

Salam Isen Mulang

#dan-rank, #hal, #indonesia, #jakarta, #kalimantan-tengah, #kami, #kompetisi-mading-kalteng, #majalah-dinding, #ogi-2013, #palangka-raya, #palangkaraya, #pilot-project-open-government-indonesia-2013, #swansea, #tapi, #transparansi, #transparansi-bos