Kelulusan SMA/SMK 2013

Hari ini pada pukul 09.00 WIB kemungkinan di seluruh halaman sekolah SMA/SMK seluruh Indonesia diadakan penyampaian keputusan hasil Ujian Nasional. Setelah para siswa kelas XII melewati perhelatan akbar nasional Ujian bersama serentak seluruh Indonesia pada pertengahan April 2013 lalu, maka 24 Mei 2013 adalah hari yang ditunggu-tunggu. Hari sebagai tempat pelampiasan seluruh hasrat dan keinginan selama tiga tahun yang akan dihabiskan dalam beberapa jam saja.

Pengumuman Kelulusan SMA/SMK adalah hal yang paling dinanti, sebab dari sini nanti kelanjutan perjalanan para pemuda pemudi akan dimulai, menuju suatu takdir ataukah kasunyatan yang tiada bertepi. Kriteria kelulusan adalah : Kriteria kelulusan peserta didik pada UN ditentukan dengan penentuan nilai akhir untuk kelulusan terdiri dari 60 persen nilai dari UN dan 40 persen nilai sekolah.“Peserta didik SMA dan sederajat itu dinyatakan lulus UN jika nilai akhir rata-rata paling rendah 5,5 dan nilai tiap mata pelajaran paling rendah empat,” jelasnya. Bagi siswa yang tidak lulus Ujian Nasional, dapat mendaftarkan diri melalui Jalur Paket C setara SMA yang diadakan di setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing.

Melihat hasil pengumuman kelulusan UN 2013 yang dibacakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. M. Nuh kemarin, bahwa jumlah peserta UN SMA/MA tahun ajaran 2012–2013 adalah 1.581.286 siswa, dan siswa yang dinyatakan lulus UN berjumlah 1.573.036 siswa, sedangkan yang tidak lulus berjumlah 8.250 siswa. Hal ini menunjukkan tingkat kelulusan UN SMA/MA tahun ini mencapai 99,48 persen, dan persentase ketidaklulusannya adalah 0,52 persen. Mendikbud juga memaparkan jumlah peserta UN SMK sebanyak 1.106.140, dan siswa yang dinyatakan lulus UN SMK berjumlah 1.105.539 siswa, sedangkan yang tidak lulus berjumlah 601 siswa.

Dibandingkan dengan persentase kelulusan tahun lalu, kelulusan tahun 2013 ini turun 0,02 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 99,5 persen dan tingkat kelulusan untuk UN SMK tahun ini juga sangat tinggi, yaitu 99,95 persen sehingga yang tidak lulus hanya 0,05 persen. Tingkat kelulusan ini pun lebih tinggi 0,23 persen dibanding tahun 2011 yang hanya mencapai 99,72 persen.

Walau pelaksanaan Ujian Nasional 2013 yang bermuara pada pengumuman kelulusan mengundang dan mengandung kontroversi dengan keterlambatan pelaksanaan di 11 propinsi, yang lebih penting lagi adalah lulus SMA bukan berarti selesai sudah perjuangan para generasi penerus tunas-tunas bangsa melainkan terus melanjutkan pendidikan hingga mereka menjadi organ-organ pelengkap sampai menjadi organ-organ penting dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara yang bertujuan mencapai keadilan bersama, kesejahteraan bersama yang bermartabat dan terpuji di mata seluruh bangsa.

Selamat Merayakan Kelulusan SMA/SMA tahun 2013, panggilan negeri menanti Anda wahai Pemuda Pemudi Indonesia !

 

 

#asia, #dinas-pendidikan, #government, #hari, #hari-ini, #hasil-ujian-nasional, #high-school, #indonesia, #menteri-pendidikan, #organ, #pendidikan-dan-kebudayaan, #peserta-didik