Sup saya kering

Jika memasak sup atau makanan yang mengandung kuah, harus sering-sering dilihat dan dipandang, terutam tidak boleh dijerang di atas api yang cetar membahana berkobar bak api unggun tapi dibiarkan masak longlasting menggunakan api lilin dan benar-benar lilin yang dipergunakan untuk memasaknya (jika dapat dan anda bisa menahan lapar selama itu).
Kuah sup yang menderu-deru, bergelembung dan berolak membabibuta membedakan geraknya dengan gerak acak brown dalam fluida likat penuh muslihat lemak tak jenuh kaldu berantai hidrokarbon golongan gliserida dari protein hewani, akan bergumpal-gumpal dan meliuk-liuk mencari vortexnya berulir sedemikian rupa menunjukkan gerak eksistensi konveksi aliran cairan saat dimasak dari pengaruh suhu luar yang tinggi dan ditambah tekanan isobaric tegangan  permukaan yang turun karena pemuaian setiap partikel dalamnya. Menampilkan energi dalam dan kalorik tinggi dari pergumulan antara cairan yang bermassa jenis 1 gram setiap centimeter kubiknya menjadi bertambah berat karena dilarutkan bumbu-bumbu menyedap yang nantinya akan menari striptease dan belly dancing dilidah pengecap penikmat kuliner ala Bondan Prakoso eh Pak Bondan siapa saja.
Api yang kecil hanya menunjukkan keriakan yang tak berarti dalam akselerasi pematangan rebusan dibandingkan api yang masif dan berarmada, efek domino yang muncul saat kaldu berarak dalam getaran gelombang puncak stasioner permukaan fluida kuah menyemarakkan maturitas dan matrikulasi partikel-partikel mikro dalam kaldu menjadi tersinergi dan terkorelasi secara signifikan, tidak akan ada lagi uji beda, uji parameterik hingga non parametrik yang menunjukkan adanya ketidakstabilan bahkan adanya ketidakcocokan dalam sup ayam. Semuanya terasa nyaman setelah melewati indikator kecapan di lidah dan mulut mencecap oowwwhhhh enak!
Saat dimasak dan diaduk tanpa memperhatikan, sama seperti meninggalkan cucian dalam mesin cuci dengan sendirinya, dapat dipastikan bahwa kuah sup akan mengering dan berbau tidak nyaman, sama seperti sungak-sungai sekarat, anjir-anjir tersendat dalam kepanasan kemarau yang berkepanjangan dan tidak bisa dihentikan.
Makanya kalo memasak sup ayam, ya dijaga masakannya jangan ditinggal ngetwit, ngeBBM, ngefesbuk, ngenet, ngeceng, ngebut, ngenonton dan ngebagainya.

Salam olah raga

Posting bersama WordPress di Android

#indonesian-beginner, #indonesian-soup, #ini-hanya-contoh-dari-sekian-banyak-kegagalan-pelajar-memasak-dan-peserta-kursus-memasak-chef-juna, #sup-ayam-harus-dijaga-kemasakannya-agar-jangan-gosong