Penilaian Lomba Blog

http://www.paulmurphymep.eu/

http://www.paulmurphymep.eu/wp-content/uploads/2012/04/blog.jpeg

Walaupun saya jarang mengikuti lomba-lomba blog, semoga tulisan berikut menjadi terapan atau acuan dalam berkarya membuat blog. Blog sebagai catatan harian digital adalah perjalanan intelektual seseorang melalui tulisan, kutipan, gambar, video, tautan, dan perlengkapan lainnya.
Blog banyak yang gratisan seperti wordpress, blogspot, blogger, tumblr. Anda bisa juga tinggal mengisi tulisan saja sebab tata letak sudah diatur seperti guraru.org atau kompasiana. Fasilitas blog juga dimiliki facebook, dulu sempat friendster, multiply, kemudian layanan itu berhenti. Jejaring sosial pendidikan seperti edmodo dan geschool.net juga menyediakan fasilitas buat nge-blog ini.
Mengapa saya menggunakan wordpress, karena mesin blog ini selalu update dan sebenarnya bisa diinstal pada server yang bersifat standalone. Selain itu bilah-bilah untuk mempercantik wordpress juga semakin membaik.
Berbagai macam mesin blog tersedia dan saya perhatikan blog yang paling mudah disisip script atau instruksi untuk mempercantik blog yaitu blogspot, blogger. Peralatan lain yang juga dapat dipergunakan memperkaya blog adalah widget adalah tampilan sisi dalam pola tempat blog yang bergantung tema atau desain blog.
Mesin blog lain yang juga patut dicoba adalah tumblr.com yang bentuknya mirip seperi jejaring  sosial instagram.
Tapi perlu diingat bahwa semakin banyak script atau instruksi tersimpan serta widget yang dipasang bukannya menambah jumlah pengunjung dan pembaca tetap, melainkan akan semakin sulit berkembang karena terlalu sulit diakses.
Akses untuk membaca blog sekarang sudah merambah pada perangkat mobile atau telepon selular, terlenih telepon semakin hari semakin bertambah pintar. Jadi untuk apa takut melihat blog melalui hape. Bahkan saat ini saya menulis blog ini dengan tablet, sayangnya belum dicoba pada ipad😆

Persiapan membuat blog :
Surat elektronik atau email merupakan identitas penting dalam membangun blog, maka harus disiapkan terlebih dahulu. Saya menyarankan membuat email di yahoo.com, hotmail.com atau gmail.com. Yang penting email ini sebahai sarana komukasi antara administrator pembuat blog dengan hostingnya atau institusi yang menyediakan tempat (dalam hal ini misalnya : wordpress.com automattic, blogger untuk blogspot).
Foto identitas juga perlu disiapkan sebagai avatar atau foto kenal diri sebagai citra dari pembuat blog, bisa juga logo. Tapi ini sebenarnya menyesuaikan dengan keadaan. Jadi masih opsional saja sifatnya.

http://www.teachhub.com/

http://www.teachhub.com/sites/default/files/field/image/be_prepared.jpg

Langkah awal membangun blog :
(1) Pengaturan tampilan mulai dari tata letak, komposisi ruang, dan komposisi warna (untuk memudahkan blogger pemula dengan memasang tema dan mengutak-atik tema yang disenangi serta mudah diakses dari perangkat seluler).
(2) Konten blog disusun sesuai keinginan yang dibuat penulis, apakah untuk suatu pekerjaan, komunitas, sekolah atau instansi.
(3) Percantik blog dengan widget atau script (wordpress.com tidak mengijinkan penempelan script, tapi jika kita memasang wordpress.org pada server standalone atau pihak ketiga maka sifat blog menjadi terbuka sesuai keinginan pengguna dengan kata lain dapat dikustomisasi)
(4) Jangan lupa dalam tulisan blog juga dipasang tautan atau kerennya link dengan blog lain, mintakan penulis blog lain menautkan alamat blognya pada blog anda juga akan mempercepat peningkatan pengunjung menuju blog yang anda bangun.

http://www.womensagenda.com.au//

http://www.womensagenda.com.au//images/stories/flexicontent/l_judging_comp.jpg

Indikator penilaian jika ada lomba blog :
a. Orisinalitas atau tingkat keaslian (dibuat sendiri, bukan dibuat orang lain)
b. Keutuhan informasi dalam penataan bahasa
c. Taraf kesulitan pembuatan (penataan komposisi blog)
d. Penataan widget.
e. Manfaat isi blog.
f. Keindahan dan estetika blog.

Semoga berguna.
fisikarudy. wordpress.com

Posting bersama WordPress di Android

#blog, #blogging, #indikator, #lomba, #menulis, #penilaian-blog, #web-blog