OASIS – Kapal Mega Pesiar

English: Oasis of the Seas entering the port a...

English: Oasis of the Seas entering the port at Nassau, Bahamas in January 2010. Suomi: Oasis of the Seas saapumassa satamaan Nassaussa, Bahamalla Tammikuussa 2010. (Photo credit: Wikipedia)

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/

Senin malam, 10-6-2013 melalui tayangan televisi satelit, saya menyimak paparan mengenai salah satu pelayaran kapal pesiar mewah masa kini, OASIS of the seas.
OASIS mampu menampung 6000 penumpang dengan 2700 kamar mewah dan pelayaran selama 7 hari dengan rute dari Fort Everglades, Florida mengelilingi sekitar benua Amerika dengan rute timur melintasi Kepulauan Virgin Amerika Serikat, Gualuope dan Kepulauan Bahama. Rute pelayaran arah barat yakni menempuh jalur Haiti, Jamaika, dan Meksiko.
Kapal bertingkat dua puluh dengan tujuh wahana mewah. Merupakan salah satu cara orang kaya bersenang-senang. Mulai dri harga 10 juta per orang hingga 4,5 juta per orang (saat dirupiahkan pada tahun 2010).

Yang menjadi keistimewaan adalah dapurnya. Dapurnya Oasis of the seas sebanyak 23 dapur dengan 3 dapur utama. Setiap dapur dipimpin seorang chef de station yang bertugas mengelola setiap jenis makanan. Juru-juru masak ini dikepalai masing-masing manajer chef dan satu chef eksekutif. Jam makan dilakukan tiga kali dalam sehari, mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Sejak sarapan dimulai pukul 06.30 dan berakhir 13.45 dilanjutkan memulai memasak makanan malam mulai pukul 16.00 – 22.30 setiap harinya dalam tujuh hari pelayaran.

Kadang chef eksekutif dan chef manajer bertahan untuk empat bulan di kapal, demikian pula dengan ke-23 chef de station. Setiap pagi  ke-23 chef berkumpul di salah satu dari tiga dapur utama untuk melakukan ritual pencicipan. Persis seperti yang dilakukan di acara Master Chef yang tayang pada salah satu stasiun televisi swasta ternama. Menu yang disajikan pun ada lebih dari 12 sajian utama dengan sajian penutup setiap makan siang dan makan malam.

Dipastikan selama empat bulan berlayar, entah menjadi berapa bobot badan para chef ini yang melakukan pencicipan. Itu baru setiap hari dan di setiap akhir pelayaran, seluruh chef kembali melakukan penilaian untuk setiap menu yang disajikan dalam pantry kapal pesiar kepada 6300 tamu.

http://www.woohome.com/

Setiap pagi ada 6100 roti yang harus disediakan para chef menggunakan 87 ribu butir telur per minggunya, Untuk minuman tersedia 2780 botol per hari dengan persediaan di gudangnya 20 ribu botol soda dan bir. Air minum mineral yang dihabiskan 15 ribu botol per hari.

Selama seminggu berlayar 25 ton daging dan 30 ton sayur dihabiskan demi jamuan bagi penumpang kapal ini. Sebanyak 200 ribu hidangan harus disediakan oleh para koki.

Koki yang bekerja di dapur kapal pesiar ini sebanyak 250 orang yang terbagi dalam empat tingkatan. Penentuan tingkatan menggunakan dasi chef atau kerennya neck tie. Yang berwarna kuning menandakan koki yang bersangkutan adalah pegawai kontrak atau pemula, neck tie warna biru berarti Koki magang atau disebut “komis” dan yang berwarna merah menandakan bahwa pangkatnya chef de partie (juru masak penuh), tingkat ke-empat disebut chef master dan seorang manajer chef.

Ada yang disebut eksekutif chef atau chef kepala yang bertugas memeriksa kebersihan dan kesiapan dapur setiap hari, setiap saat sebelum dapur beroperasi. Tugasnya dikawal oleh petugas sanitasi kapal dan manajer pergudangan kapal, karena yang menjadi gugus mutu dalam pelayanan mewah ini adalah KEBERSIHAN atau sanitasi!

Yang menjadi penilaian kenaikan tingkat chef saat kapal berlabuh (offshore) atau buang sauh, karena pada saat itu para koki bisa belajar meningkatkan keterampilan memasaknya mulai dari tingkat bawah hingga tingkat chef de partie untuk naik pangkat atau promosi. Persis seperti master chef, bedanya dalam dapur OASIS, setiap chef yang diuji setelah menyelesaikan pelajaran dasar memasak dapat naik gaji dan bonus. Selain itu kredibilitas sebagai chef kapal pesiar meningkatkan pamor atau kompetensi seseorang juru masak jika dipekerjakan di tempat lain (hotel atau kapal pesiar lain atau bahkan sebagai juru masak utama suatu  restoran).

http://www.cruiseshipnews.co.uk/wp-content/uploads/Kitchen-PO-Azura-4-620×350.jpg

http://thecoolgadgets.com/

Tingkat kesegaran benda-benda utama bahan memasak di atur dalam suhu konstan 80C dan berada dalam ruang adiabatik besar yang disambung berlorong-lorong dan menempati dek ke-2 di bagian buritan kapal. Di antara 250 chef juga ada pelayan (pramusaji) selain bartender dan waitress yang melayani pada restoran di bagian tengah dek teratas Kapal Oasis ini. Yang layak seperti restoran saat di darat. Setiap hari restoran di tengah laut (bagian lain dari jamuan utama kapal) sanggup menampung 150 – 300 pengunjung dan berarti memerlukan koki serta pramusaji dan pelayan yang handal, tanggap, profesional.

Pada hari pelayaran terakhir sebelum kapal beberapa jam tiba kembali di Florida, diadakan pesta Lobster. Dihidangkan hidang 4000-an lobster atau udang besar. Disiapkan sehari sebelumnya oleh koki-koki ini. Tentu saja koki memiliki waktu istirahat yang kurang dibandingkan juru kemudi dan manajemen kapal.

http://www.cruisegourmet.com/

Ingin bekerja di Kapal Pesiar? Inilah sebagian kecil sukadukanya di dapur kapal pesiar.

laman terkait :
http://ahsanul-marom.blogspot.com/2012/02/melihat-keindahan-kapal-pesiar-terbesar.html
http://m.talkmen.com/articles/read/197/oasis-of-the-seas-keajaiban-samudera/
http://adhiekloperer.blogspot.com/2011/06/kapal-pesiar-termewah-oasis-of-seas.html
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/03/25/kapal-kapal-pesiar-ini-memang-serba-wah-449652.html

http://www.marinebuzz.com/marinebuzzuploads/OasisoftheSeasWorldsLargestCruiseLinerLa_10069/oasis_of_the_seas1.jpg

http://www.eventcompressiongroup.com/harvey/oasis-of-the-seas.jpg

#america, #amerika-serikat, #benua-amerika, #business, #chef, #cooking, #cruise, #cruise-ship, #dari-persian, #florida, #food-service, #haiti, #hospitality, #hotel-of-the-sea, #kuliner, #laut, #makanan, #masakan, #oasis, #orang-kaya, #pelayaran, #reportase, #sajian, #starbucks-on-the-sea