Terima Honor

Pagi ini saat asyik mengisi kompasiana dan dokumentaria ini, datang sms berdering. Muncul nama Pak Saderi, S.Pd, guru SLBN-1 Palangka Raya. Beberapa waktu yang lalu saya diundang ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Tengah untuk menjadi juri olimpiade sains siswa-siswa sekolah luar biasa tingkat SD dan SMP (kebetulan surat keputusannya seperti itu).

Hari selasa lalu, saya dipanggil untuk mengikuti rapat bersamaan dengan mendampingi siswa SMA mengikuti seleksi olimpiade sains di Asrama Haji dan ujiannya dilakukan di STAIN Palangka Raya. Pertemuan itu dilakukan di subdit Pendidikan Luar Biasa yang berarti ada lagi kegiatan yang sama selama dua tahun sebelumnya saya ikuti.

Ditetapkan saya bersama Bu Yuli dari Widyaiswara LPMP Kalimantan Tengah, Pak Giyanto Guru Matematika SMAN-2 Palangka Raya sebagai juri OSN MIPA tingkat SD dan SMP yang akan dihelat pada tanggal 7 Juni 2013 di Hotel Batu Suli. 

Saat memeriksa jawaban yang diberikan anak-anak SD dan SMP ini ada rasa lucu dan juga terbersit rasa haru, karena di tengah keterbatasan mereka, mereka juga mencoba beradu kognitif layaknya anak normal lainnya. Jawabannya juga beragam dan jangan berharap mereka akan menjawab seperti anak normal. Pada bagian pilihan ganda lumayan ada yang bisa menjawab hingga separuh jumlah soal sesuai petunjuk teknis pembuatan soal, tapi pada bagian isian singkat hanya beberapa anak saja yang berkeinginan menjawab. Itupun jawabannya jauh dari harapan pembuat soal.

Karena itulah saya berani mengatakan bahwa siswa SLB ini benar-benar luar biasa, demikian pula guru-guru ABK (anak berkebutuhan khusus) ini sangat luar biasa. Tidak ada kata sumpah serapah seperti menghadapi anak-anak normal, karena menghadapi anak-anak khusus juga didekati dengan cara khusus pula. Motivasi dan renungan serta refleksi paling banyak dilakukan guru-guru SLB.

Saat penutupan kegiatan sempat terjadi “kegalauan” tentang kebiasaan penyelesaian administrasi. Jika tahun lalu sampai berminggu menunggu, ternyata tahun ini tepat sesuai janji. Hanya meleset satu hari:mrgreen:

Inilah capture amplopnya :

Setelah sebelumnya mengisi biodata dan meninggalkan alamat untuk
dipanggil lagi tahun mendatang sebagai juri yang sama.

Semoga.

Salam Luar Biasa !

#ada, #dan-rank, #hari, #honor, #jika, #languages, #olimpiade-sains, #order-of-canada, #palangkaraya, #programming, #slb