Ponsel Pintar

Beberapa hari yang telah lewat saya melihat paparan iklan sebuah iklan telepon seluler buatan Tiongkok dan saat regu sekolah saya mendapat juara 2 dalam kompetisi Majalah Dinding yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah, saat itu saya memperhatikan telepon merek Mito tipe A220 yang sekilas mirip dengan Samsung Galaxy Note 😀

Ketika iklan beredar yang saya perhatikan adalah dapur pikir sehingga ponsel itu dikategorikan “pintar” sudah semakin meningkat menjadi quad-core 1,2 MHz Quallcom Snap Dragon, ada juga yang menuliskan ARM Cortex-5. Apakah prosesor quad core? Quad berarti ada empat chip yang independen dan melaksanakan pusat kendali operasi peralatan elektronika yang dinamai “pintar” ini. Semakin meningkat frekuensi getaran menjadi 1,2 MHz berarti setiap inti chip pada unit proses itu dapat mengerjakan operasi matematika logik secara simultan (bersamaan) sehingga mempercepat runtime atau kinerja peralatan secara keseluruhan.

Bertampilan layar 5,3 inci membuat Mito A355 masih berbentuk mirip dengan pendahulunya A220 (yang sekarang dipegang oleh Ika Nathalia salah satu pentolan juara mading smada). Yang sudah pasti menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean berlayar sentuh dan memiliki dual simCard (kartu yang disisipkan bisa lebih dari satu), kelebihan ponsel buatan Tiongkok adanya sim kembar😀

Menurut rilis, harga dari ponsel ini berkisar 1,8 juta hingga 1,9 juta bulatkan menjadi 2 juta rupiah (ada sumber yang mengatakan harganya dibandrol sebesar 2,2 juta rupiah). Tidak mahal malah terjangkau untuk anda yang menginginkan ponsel layar lega dan kemampuan meningkat dengan harga murah.

https://i1.wp.com/www.mitomobile.com/cache/mod_xpertcontents/98f97dc41b87d5060f22414541c35cab_resized.jpg

http://www.mitomobile.com

Jika pengguna ponsel cerdas saat 2013 dan era-era sebelumnya mengembangkan minatnya untuk mengabadikan momen-momen penting, unik, tak terduga dengan kamera. Kamera yang sudah disematkan ke dalam gadget ini bukan lagi VGA atau 2 mega piksel saja melainkan sudah 8 mega piksel untuk kamera belakang dan kamera depan beresolusi 1,3 megapiksel seandainya anda melakukan panggilan konferensi video. Memungkinkan ada 16 juta warna setiap luasan gambar satu inci, semakin memberi tampilan yang mengesankan dan realistik yang dihasilkan dengan kamera ini. Kelebihan lain ditambah dengan flash atau lampu kilat untuk meningkatkan kecerahan dan kemampuan pengambilan gambar saat keadaan kurang cerah atau modus malam.

Berbagai aplikasi standar pengguna ponsel cerdas android juga terselip rapi dan memungkinkan berjalan mulus dengan dukungan otak pemikirnya yang semakin cepat. Walau dengan RAM 512 MB (yang tergolong masih minim) untuk ukuran ponsel lebar, rasanya tidak berlebihan jika anda memiliki perangkat pintar ini.  Biasanya ponsel Tiongkok bermasalah dengan memori internal, tetapi pada A 355 kekurangan ukuran sudah diperbaiki dengan menambahkan kapasita penyimpanan internal sebesar 4 GB (sama seperti Galaxy Ace 2). Selain itu pengguna dapat menambahkan memori eksternal hingga 16 – 32 GB bahkan jika user benar-benar siap dengan risiko dapat melakukan rooting yang berarti menghilangkan garansi pabrik sebab ponsel benar-benar ditingkatkan kemampuannya dengan garansi pemilik😛

Di samping itu pengguna dapat memperbaharui aplikasi melalui Google Play Store. Juga dapat mendengarkan MP3 dan radio, memainkan file MP4 dan merekam video. Fitur-fitur wifi dan GPS sepertinya sudah lazim disisip dalam phablet MiTo ini. Sebutan ponsel tidak berlaku jika ukuran gadget telah di atas 4,3 inci sehingga lazim disebut Phablet atau Phone Tablet. Jika di-Indonesia-kan mungkin Tabpon alias tablet telepon😛 (pertanyaan laih kapal Pil Telepon dan Puyer Telepon muncul?)

Kenapa sistem operasi Android dapat di-root? karena sistem operasi ini bersifat terbuka atau open-source. Jadi bagi anda guru TIK atau penggemar hape dan gemar mencoba sesuatu yang baru, tidak salah memiliki perangkat murah tercanggih di kelasnya (sementara saat ini) sambil bersiap menerima perubahan😀:mrgreen: dengan melakukan proses otentifikasi pada akar sistem.

Kelemahan yang mungkin adalah ketiadaan auto update untuk sistem operasi yang masih menghantui pengguna hape canggih keluaran lokal ini. Saya berharap suatu masa nanti tidak akan ada lagi gap antara ponsel murah dengan ponsel premium yang memang sudah terkenal dan bandrolannya ngga main-main di harga.

Laman terkait :

http://tehnogadget.net/mito-a355-phablet-canggih-dengan-harga-miring.html
http://www.mitomobile.com/Product-Review/mito-a355-elegan-quadcore-dilengkapi-kamera-8-mp.html

#android, #android-harga-terjangkau, #android-murah, #chip-yang, #dual-sim, #dual-simcard, #gadget, #hape, #harga-ponsel, #jelly-bean, #lempengan, #lokal, #mito, #os, #pc-tablet, #phablet, #ponsel, #ponsel-lokal, #ponsel-murah, #ponsel-tiongkok, #rooting, #tablet, #teknologi, #telepon-seluler, #tiongkok