Kapal Selam Mikro

Antara tahun 2001 – 2002, Pemerintah Meksiko disibukkan dengan penyelundupan narkotika melalui jalur laut. Kendaraan yang digunakan penyelundup pun semakin canggih, bukan lagi kapal nelayan atau kapal berkecepatan tinggi, melainkan kapal selam mikro yang dimodifikasi dengan mesin hebat.

Kapal selam mikro ini pun semakin stabil setelah diisi dengan muatan-muatan besar yang diletakkan di bagian depan kapal. Bentuk kapal dibuat semakin aerodinamis dalam membelah lautan dan suara mesin yang senyap serta dapat tenggelam pada hingga dua meter di bawah permukaan air menyebabkan gerakan kapal semakin sulit dideteksi dalam keadaan gelap dan dalam area lautan yang luas.

Dengan memperhatikan kondisi geografis Meksiko (perhatikan peta di sebelah kanan).

Peta Meksiko

Sumber : http://www.novosti.rs/

Potensi keamanan Meksiko dari arah laut benar-benar terbuka lebar (wide open), baik dari arah barat melalui Tijuana yang berbatasan dengan Amerika Serikat juga dari arah timur (Teluk Meksiko) yang menghubungkan negara-negara Amerika Latin yang terkenal dengan kartel-kartel narkoba, seperti Ekudor dan Kolombia.

Betapa kekuatan laut Meksiko juga turut berperan dalam menjaga peredaran Narkoba keluar dan masuk selain itu merupakan kejahatan trans nasional hingga internasional, melalui jalur laut.
Potensi ini yang menimbulkan kreativitas para gembong pengedar untuk memodifikasi kendaraan speedboat menjadi bisa menyelam dengan sebutan “Narcosubmarinos”

Yang lebih mengerikan adalah dengan alat transportasi ini, infiltrasi terhadap suatu negara yang memiliki garis pantai yang panjang dan lebar serta alat-alat keamanan, penjaga batas-batas maritim juga terbatas karena alasan kuantitas terlebih anggaran pertahanan. Membuat kedaulatan suatu negara dapat dengan mudah dilanggar oleh negara-negara lain. Infiltrator akan dengan leluasa menebarkan teror bahkan melakukan serangan penyusupan ke dalam negara. Apalagi Indonesia dengan samudera yang luas sementara kekuatan maritimnya juga kalah kuantitas akan semakin sulit memantau pergerakan penyusup-penyusup yang dapat menggunakan wahana maritim sebagaimana narco submarine (kapal selam mikro yang digunakan untuk menyelundupkan narkoba) ini.

Kapal selam Kokain yang ditangkap di rawa-rawa Ekuador

Sumber gambar : National Geograhpic.com

Bagaimana skema narcosubmarinos ?

http://visual.ly/narcosubmarinos

http://thumbnails.visually.netdna-cdn.com/narcosubmarinos_5187649fbcc8f_w594.jpg

Berita terkait silakan baca di blog ini

#asia, #chania, #dan, #dan-rank, #dari-persian, #departments-and-agencies, #ekuador, #government, #indonesia, #kami, #kapal-selam-mikro, #kapal-selam-penyelundup-narkoba, #kolombia, #latin, #malaysia, #medellin, #meksiko, #motion-picture-association-of-america-film-rating-system, #order-of-canada, #peranakan, #pun, #salah, #tijuana