Rapat Guru Juni 2013

Tadi pagi adalah rapat kenaikan kelas, penjurusan, dan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran mendatang yang berlangsung tidak beberapa lama lagi. Setelah pembagian laporan hasil belajar siswa pada hari Sabtu, 22 Juni 2013 mendatang, semua elemen keguruan yang terpilih sesuai rapat khusus para petinggi sekolah bersiap-siap menyambut rekrutmen baru yang akan mengisi kelas 10.

Berbagai diskusi dan argumen bermunculan selama rapat yang berlangsung tiga jam lamanya sejak pukul 8 pagi, tidak menyurutkan semangat para guru sekolah yang berlokasi di sekitar pasar Kameloh ini untuk menyampaikan ide-ide dan asumsi-asumsinya kepada pengelola sekolah hingga pengurus komite.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/7b/Michael_C._Hall_Comic-Con_2012.jpg/220px-Michael_C._Hall_Comic-Con_2012.jpg

Tahun pelajaran ini saya bertugas bukan lagi di belakang layar komputer seperti biasanya, melainkan tampil sebagai frontdesk atau petugas yang menjelaskan kepada orang tua dan wali peserta didik baru yang akan mendaftar mulai awal juli mendatang. Mendapatkan tanggung jawab yang tidak ringan ini, mendorong keterampilan kehumasan yang biasanya dilancarkan melalui media blog atau web sekolah menjadi bentuk oral atau lisan kepada orang tua dan wali calon peserta didik baru.

Mengenang pengalaman tahun-tahun sebelumnya, petugas yang berada sebagai garda terdepan sekolah, setidak-tidaknya memiliki fleksibelitas dalam menyampaikan informasi dan keterangan yang terkait dengan prosesi tahunan tersebut. Selain menjaga agar wajah tetap tersenyum ramah, walaupun hari panas dan hati bete. Paling tidak dengan asupan konsumsi yang berenergi dan bergizi, semua masalah kehumasan akan terlampaui. Terutama jika orang tua calon peserta didik merasa putra-putrinya memiliki kans untuk diterima, tetapi karena nilai yang kurang atau banyak yang kurang sehingga akhirnya tergeser dan dalam pengumuman namanya tidak muncul yang berarti tidak keterima di sekolah tujuan calon peserta didik.

Karena itu kepada para orang tua atau wali yang ingin menyekolahkan putra-putrinya, perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang sekolah yang dituju dan di sini fungsi hubungan masyarakat untuk menyampaikan hal yang diinginkan oleh orang tua atau wali sebagaimana dimaksud. Serta memberikan kejelasan cara seleksi, tentang sekolah, tentang kurikulum sekolah, cara belajar, cara beradaptasi, guru-guru yang mengajar. Memberi layanan prima sehingga orang tua merasa yakin untuk menyekolahkan anaknya di tempat yang sesuai dan akan ditangani oleh guru-guru yang juga sebagaimana harapan mereka. Di samping itu biaya sekolah terjangkau serta mendapat jaminan dari pemerintah selaku pemilik sekolah.

 

#dari-persian, #frontdesk, #internal, #kung-fu, #martial-arts, #peserta-didik, #rapat, #schools-and-instruction, #sports, #tadi, #tai-chi