World War Z

Semula saya kira ini adalah film tentang perang dunia normal, Negara Paman Sam diserang oleh negara lain. Ternyata setelah dicari-cari sumbernya, World War Z adalah kelanjutan novel horor tentang akhir zaman yang dikarang oleh Max Brooks yang heboh di tahun 2006 dan di tahun 2013 ini difilmkan oleh Marc Forster dengan bintang utama Brad PittMireille EnosDede Gardner, Daniella Kertesz,James Badge Dale, Matthew Fox, dan Abigail Hargrove. Skenario ditulis oleh Matthew Michael Carnahan.

https://i2.wp.com/www.tabloidbintang.com/images/stories/img/BERITA/zack-eco/world-war-z-poster07.jpg

http://www.tabloidbintang.com

Nama besar Brad Pitt sepertinya menyihir penonton untuk melihat film ini dan menikmati suspense yang tercipta saat Zombie menjadi pandemi (penyakit seluruh dunia) dan kaum manusia yang tersisa berlomba dengan waktu untuk memusnahkan zombie-zombie ini dengan membentuk pasukan perlawanan mirip seperti Freedom Fighter. Zombie digambarkan telah mendorong perang besar yang melibatkan militer dan Pemerintah, bukan lagi sebagai endemik lokal pada daerah tertentu.

Ditayangkan perdana pada 2 Juni 2013 pada Festival Internasional Film Moscow ke-35 dan ditayangkan serentak 21 Juni 2013 di seluruh Amerika Serikat untuk versi 2D dan 3D. Tidak beberapa lama lagi akan tayang juga di Indonesia melalui jejaring Studio21.

Film ini mengisahkan kehidupan seorang tentara PBB, Gerry Lane (Brad Pitt) yang harus berpisah dari keluarganya untuk berkeliling dunia untuk mencari jawaban atas penyebab pandemik zombie. Lane ditugaskan mengawal ilmuwan peneliti wabah zombie. Sang ilmuwan tewas ketika penyelidikan baru mulai di Korea. Dari sana, Lane berjuang sendirian. Tidak hanya bagi seluruh umat manusia di Bumi, tapi terutama demi keluarganya.
Lane memiliki istri, Karin (Mireille Enos) dan dua anak cewe, masing-masing Rachel dan Connie. Suatu ketika televisi dari yang normal mulai menyiarkan perintah darurat militer yang disebut Martial Law.
Selanjutnya diceritakan saat sedang berada di Filadelfia, keluarga Lane yang terjebak kemacetan tengah bercengkerama seru dalam mobil, tiba-tiba sebuah sepeda motor polisi menabrak dan menghancurkan kaca spion mobil keluarga Lane ini dan terus melaju kencang. Dari atas terdengar deru helikopter  bergerak cepat, tak berapa lama terjadi ledakan pada gedung bertingkat yang ada di seberang mobil.
Gerry yang penasaran berusaha keluar dari mobil untuk mengamati situasi, tiba-tiba situasi semakin tegang menimbulkan keterkejutan bagi Gerry dan juga ketakutan bagi Karin dan anak-anaknya. Belum tersadar dengan keadaan yang mengejutkan, seorang Polantas bermotor mendekati Gerry sambil berteriak memberi peringatan agar segera menjauh secepat-cepatnya dari pusat kota, belum selesai Polantas itu memberi peringatan tiba-tiba motor Truk Sampah melaju kencang dan menghempaskan polantas terlempar ke jalan raya dan tewas seketika terseret truk penabrak. Supir truk sampah itu keluar dalam keadaan tidak keruan dan berperilaku liar bak binatang terserang rabies. Segeralah Gerry melarikan mobilnya dengan kecepatan tinggi memikirkan keselamatan keluarganya mencari-cari celah di jalan yang padat dan dipenuhi kepanikan warga. Kejar-kejaran terjadi antara Gerry sekeluarga dengan ambulans dan kendaraan yang bermuatan orang-orang mati yang hidup kembali memangsa manusia lainnya (Zombie) bermunculan dan kacaulah Filadelfia. Nyaris Gerry sekeluarga menjadi mangsa jika tidak terselamatkan dalam mobil RV yang terabaikan di tengah  jalan dan meninggalkan kota itu dalam chaos.

Tiba-tiba teman  Lane yang berada di New York mengabarkan bahwa negeri tengah dilanda wabah mengerikan dan akan mengevakuasi mereka dengan helikopter. Di sini tampak berbagai upaya dan kelihaian Gerry Lane membawa keluarganya hingga lantai teratas dari kejaran Zombie yang tidak hanya bisa berlari sprint tapi juga memanjat dengan kecepatan tinggi seperti semut dan kepiting. Perjalanan Gerry Lane setelah dievakuasi helikopter setelah hampir seharian terkurung di Newark, New Jersey kemudian ditransfer ke Kapal Induk sejauh 200 mil dari New York. Ia melanjutkan perjalanan investigasi tentang vaksin anti Zombie mulai dari Korea Selatan, Yerusalem, Wales, Inggris tempat Laboratorium WHO hingga akhirnya kembali ke Amerika Serikat lagi dan scene berakhir dengan ucapan yang saya tulis di bagian bawah posting ini.
Itulah sebagian kisah awal World War Z yang menegangkan hingga sutradara Joko Anwar saja terlonjak dari kursinya saat menonton film ini. Siapkan uang anda untuk menontonnya di Studio 21 atau menunggu filmnya edar di tempat resmi (maupun yang tidak resmi).

Dijamin menegangkan sampai akhir. Sebab di akhir scene tampak  cuplikan-cuplikan pemberitaan TV bahwa umat manusia memiliki harapan dengan melakukan perlawanan ofensif dan Gerry mengucapkan “This isn’t the end; not even close.”

Selamat Tegang😀

#best-movies, #brad-pitt, #darurat-militer, #dede-gardner, #dunia-melawan-zombie, #film, #gerry-lane, #horror-movies, #hot, #hot-movies, #james-badge-dale, #joko-anwar, #lane, #marc-forster, #matthew-michael-carnahan, #max-brooks, #mireille-enos, #movies, #perang, #perang-dengan-zombi, #perang-dunia, #studio21, #war, #world, #world-war-z, #zombie-war