Terpaksa Sombong

http://willerbyhill.co.uk/wp-content/uploads/2013/03/INTJ.png

Tatapan mata akhir-akhir ini tidak beranjak dari statistik blog, membandingkannya dengan blog orang lain yang berusia sama bahkan lebih muda dari blog ini, statistik kunjungan tadi bukan apa-apanya. Keinginan saya untuk terus merangsak, membuat banyak tulisan dalam blog ini sepertinya stagnan, tidak berpengaruh dan sepertinya kurang responsif. Akhirnya saya mengambil sudut tulisan yang berbeda yaitu “menyombongkan” sesuatu. Apa itu?
Pada bagde di sebelah kanan bawah tertulis INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging). Semula pemasangan bagde ini untuk aksi doang sih, bukan mengerti apa-apa. Terdorong keingitahuan yang terlambat, cobalah ketik INTJ di mesin pencari dan temukan apa yang terjadi.
BlaBla …

Wikipedia dan lainnya menunjukkan hasil, INTJ adalah salah indikator dari 16 model (perilaku) kepribadian menurut Myers-Briggs atau disingkat MBTI. Siswa-siswa saya bahkan melakukan pengujian MBTI menggunakan program excel yang bisa diunduh bebas di internet saat mereka menentukan kepribadian yang mereka (siswa) temui dan cocokan dengan jurusan di perguruan tinggi atau akademi yang ingin mereka geluti di masa mendatang. Iseng-iseng saya mencobanya dan ditemukan tipe sebagaimana tertulis di atas.

Sekarang apa keunikan kepribadian INTJ ?

Menurut Wikipedia, populasi manusia yang memiliki kepribadian ini termasuk langka berkisar antara 1% – 4 % dari jumlah populasi seluruh penduduk dunia? Wow ! Amazing !  Artinya saya termasuk sejumlah manusia unik tersebut ? Masih ngga percaya !

Introvert atau introversion – adalah kepribadian yang pendiam dan cenderung hanya bergaul dengan orang tertentu saja (mungkin juga anti sosial ya?)

Intuition – intuisi – merujuk pada perasaan menduga-duga atau mengukur, berimajinasi, sensing, model pribadi ini lebih memfokuskan visinya pada suatu gambaran besar yang cenderung abstrak bukan detail, bahkan ada kecenderungan menggambarkan kemungkinan-kemungkinan di masa mendatang ketimbang kenyataan insidentil.

Thinking – kemampuan menilai sesuatu sasaran atau target menggunakan kriterianya sendiri, menetapkan kriteria penilaian terhadap keputusan yang diambilnya. Saat memutuskan pilihan lebih menitikberatkan pada logika dibandingkan konsiderasi sosial (?)

Judgement – judging – kemampuan persepsi, merencanakan aktivitas dan menetapkan keputusan awal. Memiliki kemampuan prediktif.

Lebih lanjut tentang INTJ klik ini

Penjelasan lain klik ini

https://i1.wp.com/thumbnails.visually.netdna-cdn.com/why-you-do-what-you-do_502917db26e20.jpg

http://thumbnails.visually.netdna-cdn.com/why-you-do-what-you-do_502917db26e20.jpg

#bertanya-sendiri, #creative, #dalam-perjalanan, #dan-rank, #ekstrovert, #intj, #introvet, #intuisi, #intuition, #jika-mampu-mempertanyakan-maka-dapat-memperoleh-jawabannya, #judgement, #judging, #kepribadian, #mbtim, #myers-briggs, #myers-briggs-indicator, #myers-briggs-type-indicator, #pada, #pengujian, #personality, #personality-model, #populasi-manusia, #psychology, #social-sciences, #thinking, #though, #wikipedia