Roda Pengukur

Gerak Rotasi adalah gerak yang memenuhi bentuk lintasan lingkaran. Bagaimana jika roda yang berputar? Maka tepian roda atau bagian tangensialnya akan menempuh suatu jarak (S) berdasarkan jari-jari x putaran sudut roda (radian).

Satu kali roda berputar sama artinya dengan menempuh sudut ruang sejauh 2 x pi (dalam satuan radian). Adapun pi adalah bilangan 3,142 atau 22/7

Artti 22/7 berarti jika keliling lingkaran bernilai 22 maka diperoleh diameter lingkaran tersebut sejauh 7. Perbandingan konstanta ini selanjutnya dinamakan bilangan pi /pi

Melalui pelajaran Gerak Rotasi, tepian CD bekas dapat digunakan sebagai pengukur jarak dari jumlah putaran rotasi dikalikan jari-jari roda secara tepat. Mengenai keakurasian pengukuran bisa dibandingkan dengan meteran.
Setiap sabtu (akhir pekan), siswa kelas XI IA-6 mendapat tugas studi lapangan, dimulai dari mengukur jarak melalui perbandingan tinggi bayangan dan tinggi sejati (disertai membuat alat pengukurannya) dan kali ini mengukur jarak menggunakan putaran roda atau measuring wheel.
Adapun gambar measuring wheel adalah sebagai berikut :

Measuring Wheel

Measuring Wheel (picture courtesy of http://www.cincytool.com/images/B-16.jpg)

Jika roda tersebut kita ganti dengan CD bekas atau tutup kaleng bulat (bekas tempat cookies atau biskuit, juga tutup ember atau bahkan roda bekas pun) maka dapat digunakan sebagai alat pengukur jarak sekaligus berjalan kaki karena gerak jalan turut membuat otot perut bergerak dan berarti dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengecilkan ukuran perut yang buncit:mrgreen:

Untuk mengganti counter atau pengukur putaran bisa dibuat dengan menghitung bunyi ting dari tepian yang dijadikan acuan dan berapa kali bunyi ting terdengar maka dapat diasumsikan telah terjadi satu putaran.

CD atau DVD bekas rata-rata memiliki jari-jari 5,25 inci yang setara dengan sekitar 15 centimeter atau diameternya hampir 30 cm.

Jika satu kali putaran sama dengan 2 pi radian (2 x 3,14) – maka jarak yang ditempuh roda CD/DVD adalah 5,25 inci x 2,54 cm x 2 x pi (3,14) = 82,946 cm atau sekitar 0,83 meter.

Apabila terdengar 100 ting sama artinya roda telah menempuh jarak sejauh 100 x 0,83 meter = 83 meter atau 82,95 meter tepatnya.

Bandingkan dengan Roda Pengukur buatan Kawaguchi berikut melalui http://sew-incidentally.blogspot.com/2011/12/going-round-bend.html pada gambar berikut :

Courtesy of : http://farm8.staticflickr.com/7005/6546706415_a287985abf.jpg

Selamat Mencoba !

#alat-sederhana, #alat-ukur, #buatan-siswa-sma, #kalimanta-tengah, #kawaguchi, #measuring-wheel, #palangka-raya, #pengukur-jarak, #percobaan, #physics, #school-project, #student-project