Waktu Menurut Fungsi Organ

English: A typical Deutsche Bahn railway stati...

English: A typical Deutsche Bahn railway station clock (Photo credit: Wikipedia)

 

Ilmu pengobatan tradisional Tiongkok telah menyimpulkan waktu-waktu operasional setiap organ tubuh berdasarkan penelitian yang lama dan mendalam. Sebagaimana kerja biologis, organ-organ tubuh tertentu memiliki waktu fase bekerja secara optimal sebagai berikut :

 

7.00 -9.00
Lambung. Pada jam ini lambung sedang bekerja secara maksimal dan di organ lain selaput jantung dalam keadaan bekerja dalam kondisi minimal (pelan-pelan) sehingga pada usia yang sudah tergolong berpotensi mengalami gagal jantung sebaiknya memperlambat gerak agar tidak memaksimalkan kerja jantung pada jam-jam tersebut.

 

9.00 – 11.00
Limfa sedang bekerja secara maksimal dalam mengubah cairan nutrisi agar berubah menjadi energi pertumbuhan. Jika pada saat ini mata mengantuk berarti kerja organ limfa dalam keadaan “letoy” karena itu kurangi mengonsumsi gula, minyak, lemak, dan protein dari hewan.

 

11.00 – 13.00
Pada masa ini jantung bekerja secara maksimal, hindari panas, hindari olah fisik, hindari emosi terutama pada personel yang ditengarai mengalami lemah jantung, hipertensi atau pembuluh darahnya yang sudah tidak peka dan fleksibel lagi karena banyak tertumpuk stroke.

 

13.00 – 15.00
Jam ini merupakan waktu untuk hati bekerja secara minimal, artinya pada masa ini sel darah merah sedang berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel hati (hepar). Jika fungsi organ hati, maka tubuh menjadi kuat menangkal segala serangan penyakit. Jam ini pula usus kecil sedang bekerja secara maksimal untuk mencerna makanan. Kayaknya yang lagi demam OCD cocok untuk berbuka puasa pada jam ini😀

 

15.00 – 17.00
Masa ini merupakan kerja minimal dari organ paru-paru sehingga tubuh perlu berisitrahat untuk melakukan proses detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembentukan energi paru-paru. Sebaliknya pada jam ini kantung kemih (bladder) tengah bekerja secara maksimal mengolah urine sebagai larutan disperse pembuangan racun-racun dari tubuh.

 

17.00 – 19.00
Pada masa ini adalah waktu kerja ginjal secara maksimal, sebaiknya waktu ini digunakan untuk belajar karena sedang proses pertumbuhan sel otak dan kecerdasan serta pembentukan sumsum tulang, pada masa ini juga usus besar melakukan kerja secara minimal (beristirahat).

 

19.00 – 21.00
Lambung bekerja secara minimal (maka berhenti melakukan kegiatan makan atau mengonsumsi makanan yang sulit dicerna) mulailah melakukan puasa makan. Sebaliknya selaput jantung bekerja secara maksimal.

 

21.00 – 23.00
Jam ini  limfa dalam fase beristirahat (melakukan pekerjaan minimal) dalam proses pembuangan racun dan regenerasi sel limfa.  Sebaiknya tubuh diistirahatkan sambil mendengarkan musik yang rileks.

 

23.00 – 01.00
Jam yang paling baik untuk tidur sebab jantung mengurangi kerjanya (kondisi minimal), sesuai pesan Bang Haji Rhoma begadang pada jam ini justru menyebabkan kerja berat jantung dan tidak baik bagi kesehatan serta memperpendek masa kerja organ tubuh lainnya.

 

01.00 – 03.00
Dalam keadaan tidur, hati justru sedang giat-giatnya bekerja memproses detoksifikasi dari seluruh organ tubuh, dan usus kecil melakukan istirahat (off duty)

 

03.00 – 05.00
Paru-paru bekerja secara maksimal untuk menyerap oksigen selama tidur (merupakan bagian dari detoksifikasi alamiah) dan pada jam ini pula kantung kemih melakukan istirahat.

 

05.00 – 07.00
Usus besar memasuki tahap kerja besar dan sebaiknya pada jam ini dilakukan pembuangan kotoran berupa feces atau buang air besar secara teratur agar kerja usus besar tidak terganggu. Sebaliknya pada jam ini ginjal memasuki masa istirahat (sehingga perlu diisi dengan air putih untuk melancarkan kegiatan ginjal pada jam berikutnya)

 

Ini semua adalah fase-fase waktu organ tubuh yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Tiongkok kuno dalam pengobatan dan mengolah energi dalam (Tai Chi) sehingga tidak salah jika kita terapkan sebagai latihan dan gaya hidup sehat.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Kalteng Pos, Sabtu, 9 November 2013

#agar, #dan-rank, #hidup, #jika, #organ, #pada, #prose, #sehat, #seoul, #slideshare