Catatan untuk Eksperimen Kapasitor Seri dan Paralel

Tadi pagi kelas XII IA-1 mengadakan percobaan pada rangkaian seri dan paralel kapasitor. Yang mana pengetahuan ini dapat digunakan oleh kelas 12 lainnya yang juga membahas perihal listrik statik pada bagian pengisi muatan.

Yang kami dapatkan adalah :

  • Pada saat rangkaian kapasitor tersusun seri setelah tegangan catudaya dinyalakan (diambil tegangan sebesar 6 V sampai 9 V saja) terjadi perubahan drastis secara simultan dan terus-menerus pada multimeter digital yang terpasang pada rangkaian. Kebetulan kapasitor yang digunakan bernilai 1000 mikrofarad dan 2200 mikrofarad dengan batas tegangan 16 Volt.
  • Artinya pada keadaan serial tersebut tegangan jepit setiap kapasitor dapat diamati oleh setiap kelompok, karena perubahan tegangan jepit sangat cepat maka setiap kelompok hanya sempat mem-video-kan percobaannya selama 20 sekon hingga 25 sekon yang selanjutnya pencatatan dengan mengamati video yang dibuat setiap kelompok.
  • Ketika rangkaian paralel disusun pada kapasitor berspesifikasi seperti di atas, terjadi keanehan karena saya melakukan setting pengukuran dengan arus jepit yang saya asumsikan bahwa muatan yang mengalir setiap satuan waktu adalah kuat arus listrik yang dihasilkan dari masing-masing kapasitor.
  • Hasil Pengamatan sangat mengejutkan karena gerakan perubahan dari amperemeter tidak menunjukkan perubahan yang signifikan sebagaimana rangkaian serial. Sampai-sampai kapasitor pun diganti menjadi sejenis yaitu 1000 mikrofarad tetapi keadaan pun tidak berubah, bahkan angka yang tampak pada alat ukur hanya bergeser dari 0,00 mA hingga 0,01 mA saja:mrgreen:
  • Akhirnya saya mengganti pengukuran menjadi mengukur tegangan saja, tampak terbukti dari alat ukur dan video yang akan diunggah rekan-rekan dari kelas XII IA-1 bahwa pada rangkaian paralel tegangan yang terjadi antara tegangan jepit kapasitor 1 dengan tegangan jepit kapasitor 2 tidak berbeda jauh secara signifikan. Dengan kata lain tegangan kapasitor yang terpasang paralel akan sama seperti tegangan totalnya, hal ini tentu saja tidak akan ditemukan pada kapasitor rangkaian serial.
  • Keputusan percobaan kemudian  dengan memberikan lama pengisian kapasitor mulai dari 2 sekon, 4 sekon, 6 sekon, 8 sekon hingga 10 sekon sambil mengamati tegangan jepit masing-masing kapasitor yang mengalami penurunan hingga menetap pada angka yang seakan konstan.

Semoga catatan percobaan kapasitor seri dan paralel ini dapat menjadi pertimbangan rekan-rekan untuk memperbaiki eksperimen yang akan datang.

Berikut adalah foto-foto kegiatannya :

1 2 3 6 7 8 4 5

Selamat Mencoba dan Selamat Belajar !

#activities, #capacitor, #fisikarudy, #indonesia, #kalteng, #kapasitor, #palangka-raya, #percobaan, #rangkaian, #seri-paralel, #smada, #student, #teacher