Cara GGL Induksi Elektromagnetik (Imbas Elektromagnetik)

Sengaja judulnya dibuat demikian agar ada yang datang😛, tetapi sebenarnya posting ini adalah soal-soal tentang induksi elektromagnetik yang caranya akan saya unggah setelah kelas-kelas yang saya ajar mengirimkan jawabannya melalui foto-foto digital via twitter atau facebook😀

Ditujukan kepada kelas XII IA-1 atau Disco SMADA dan kelas XII IA-5 atau Musika Opera, kerjakan soal berikut di media manapun (misal : kertas gambar yang kemudian difoto) dan kirimkan fotonya sesuai dengan tujuan di atas dan mention kepada @fisikarudy atau di wall facebook Rudy Hilkya atau unggah di halaman facebook anda dan tandai kertas jawaban anda dengan nama saya😀

Jawaban ditunggu paling lambat hari Minggu, 1 Desember 2013😀 Selamat Mengerjakan dan Bergotong royong menampilkan yang terbaik:mrgreen:

berikut soal-soalnya :

  1. Sebuah solenoid memiliki diameter 1 cm dan panjang 10 milimeter. Jika solenoid memiliki 10.000 lilitan, maka besar induktansi diri solenoid tersebut adalah . . . .
  2. Solenoid dengan 100 lilitan memiliki luas 10 cm2 dan mengalami perubahan medan magnet dari 0,5 Tesla menjadi 0,2 Tesla dalam waktu 0,025 sekon. Tentukan besar GGL Induksi yang terjadi.
  3. Di dalam suatu utas kumparan yang terdiri atas 5000 lilitan, terjadi perubahan arus listrik dari 0,5 A menjadi 0,05 A dalam waktu 0,01 sekon. Maka besar GGL Induksi yang dihasilkan adalah . . . .
  4. Generator terbuat dari 10 000 lilitan kawat yang di dalamnya terdapat medan magnet dengan kuat 0,5 tesla dan diputar dengan frekuensi 3600 rpm. Apabila luas kumparan sebesar 100 cm2. Maka GGL induksi yang terjadi mulai dari minimal, tersimpang perlahan-lahan dari sudut 30 o, 45o, 60o hingga saling tegak lurus  adalah . . . .
  5. Transformator memiliki lilitan primer sebanyak 100 lilitan dan lilitan sekunder sebanyak 800 lilitan. Apabila tegangan yang dikeluarkan adalah 220 V, berapakah besar tegangan dan kuat arus primer pada transformator ?
  6. Transformator memiliki efisiensi 80% mendapatkan daya 450 W pada tegangan 220 V, dihasilkan tegangan 2200 Volt. Tentukan besar kuat arus sekunder dan kuat arus primer dari transformator dimaksud.
  7. Gambarkan (capture) cara kerja generator DC, generator AC, dan Transformator

 

Jawaban Nomor 1:

Jawaban Nomor 2 :

Jawaban Nomor 3 :

Jawaban Nomor 4 :

Jawaban Nomor 5 :

Soal Nomor 5 dari Ronala Jukari

Jawaban Nomor 6 :
Jawaban No. 6 dari Ronala Jukari

Jawaban Kiriman Nomor 7 Ronala Jukari :
Jawaban No. 7

Selamat Bekerja bersama-sama semoga mendapatkan hasil yang terbaik !

Agar tidak ada ulangan susulan atau perbaikan atas kekurangan tugas-tugas kalian selama ini.

#akisif, #asal-asalan, #coba-tebak, #fisikarudy, #fisikasaya, #jawaban-soal-tugas-fisika, #palangka-raya, #rudy-hilkya-dan-teman-teman, #selamat-berjuang, #smada, #tugas-fisika