Kala Dirimu tidak Berenergi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau aktivitas. Usaha disebut juga Work atau Kerja. Kerja memerlukan kemampuan melewati makanan, udara, air dan semangat tentu saja.
Di kala energi yang ada tidak lagi sejalan atau tidak cukup untuk bergerak, menyebabkan tubuh galau dan malas. Rasa kantuk menyerang, rasa berpantang untuk mundur akhirnya melantur dan melindur menyebabkan tertidur.
Alasan semangat hendak bangun dini hari akhir terlambat lebih parah saat ke sekolah.
Saat kami berjaga di halaman sekolahan #bukansatpam, kami menemukan banyak siswa yang terlambat hadir dengan alasan bangun kesiangan karena tidurnya tidak teratur sebab belajar begadang atau kejar kebut semalam untuk menghadapi ujian akhir semester.
Jikalau deposito nilai selama hari-hari sebelum UAS mencukupi, tentunya nilai raport akan diduga menjadi lebih baik. Namun jangan lupa ada juga guru yang lebih mengutamakan hasil UAS dibandingkan hasil-hasil harian (seperti pekerjaan rumah, tugas praktikum, tugas sekolah, ulangan harian, tugas proyek, portfolio, dan sebagainya).
Maka saat itulah Anda terpaksa mengebut semalam, menghabiskan beberapa bab atau pasal pelajaran untuk dibaca dan dihafalkan sehingga esok hari dapat menjawab soal (dugaan dan harapan). Tapi kadang harapan itu tidak sejalan dengan kenyataan, dugaan berbanding terbalik dengan harapan tidak lagi linier berkorelasi yang signifikan.
Tidak ada berbanding lurus antara belajar semalam saja mengandalkan hasil fotokopi catatan kolega untuk berharap besok mendapatkan kenyataan menuntaskan soal-soal UAS dengan maksimal dan optimal.
Kala dirimu tak berenergi, apa sebaiknya yang kau lakukan?
Jangan melakukan apa-apa, tarik nafas yang panjang dan tanyakan dalam-dalam ke dalam angan, self hipnotized, apakah saya besok mampu melalui hari itu dengan baik?
Ada baiknya anda mencoba meminum secangkir cokelat untuk merelaksasikan pikiran dan menenangkan jiwa.
Bagaimana jika tidak ada cokelatnya, barangkali menjilat pintu atau daun jendela yang berwarna kayu sudah cukup mewakili sampel cokelatnya (itupun jika berasa #kayu)

Kala dirimu tidak berenergi, apalagi yang kau cari?
Tidak Ada !

Puja Kerang Ajaib #semangat-spongebob (tontonan gratisan di hari petang)

#energi, #spongebob