e-Learning menjangkau antarkonstelasi

Kemajuan teknologi di akhir 2013 rasanya telah mencapai puncak atau hampir mencapai peak of Iceberg. Mengapa tidak?Semua kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang tidak lagi tersekat dalam ruang server atau kantor sempit saja, melainkan sudah berada dalam genggaman tangan. Kantor

http://anthrotectonics.wordpress.com/

http://anthrotectonics.files.wordpress.com/2012/10/ad-old-office1.jpg

http://www.sayresd.org/Archives/Litchfield/

http://www.sayresd.org/Archives/Litchfield/Inside%20the%20Classroom/Inside%20old%20Litchfield%20class%2002.jpg

Generasi palm top hingga smartphone menggiring massa menuju era baru era digital. Kita mengenai digital immigrants (pengguna digital yang lahir antara 1980-1994) dan digital natives (penduduk bumi yang lahir setelah tahun 1995) yang menjadi pembeda antara penduduk dunia ini dari segi tahun kelahiran dan kemahirannya mengolah kerja di sekeliling dunia maya.

diambil dari : http://www.citymaxblog.com/

http://www.citymaxblog.com/wp-content/uploads/2009/09/2009-09-02-new-office2.jpg

Kantor pun beralih menjadi kantor bergerak seperti :

http://landjet.com

http://landjet.com/LandJet_Full_01.jpg

Tidak lama lagi kelas digital akan semakin menjamur di seluruh penjuru negeri, tidak lagi dibatas kondisi geografis bahkan geospasial.

http://joezachs.blogspot.com/2010/02/gurukul.html

http://joezachs.blogspot.com/2010/02/gurukul.html

Kita tidak lagi tersekat dalam kungkungan daerah terisolir dan daerah terpencil, karena layanan seluler tidak lagi membatasi negara dan kontinental. Tidak mustahil kelak antar stellar (antarbintang) pun akan terjadi komunikasi. interstellar

http://eth.net.in/TrainingPortalWeb/

http://eth.net.in/TrainingPortalWeb/form/resources/gif/DigiClass/DC.jpg

Sekat-sekat kelas tidak lagi menjadi batasan kelas digital atau membentuk sekolah digital di masa mendatang. Semuanya akan terkoneksi menjadi seperti ikon :

http://www.internationalteflacademy.com/

http://www.internationalteflacademy.com/Portals/67369/images/laptops%20and%20globe%20small.jpg

Kemajuan teknologi akan menjangkau semua aspek kehidupan, termasuk kehidupan generasi masa depan kita, yaitu para peserta didik.

Sumber : http://www.businessnewskorea.com/

http://www.businessnewskorea.com/wp-content/uploads/2011/07/Korea-domesticnews-digital-school.jpg

http://www.digitaltrends.com/

http://www.digitaltrends.com/wp-content/uploads/2011/07/south-korea-schools-tablets-technology.jpg

Sumber : http://graphics8.nytimes.com/

http://graphics8.nytimes.com/images/2011/09/04/technology/schools/schools-articleLarge.jpg

Guru juga terpacu untuk menyediakan bahan ajar dan konten-konten belajar, mengikat para peserta didik dalam jejaring sosial untuk berbagi dan bekerja sama, berkolaborasi antar sesama pengajar tidak terbatas ruang dan waktu. Kita hanya menunggu waktu dan platform berbagi yang universal untuk memungkinkan segala hal imaji ini terjadi.

http://www.port.ac.uk/departments/services/dcqe/enhancingyourteachingwithtechnology/

http://www.port.ac.uk/departments/services/dcqe/enhancingyourteachingwithtechnology/image,123779,en.jpg

Pelatihan-pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk guru pun mulai digalakkan sejak tahun 2004 dan telah berkembang pesat, namun masih kalah bersaing dengan pertambahan kemajuan para peserta didik muda yang jauh lebih cepat dan lebih banyak jumlahnya dibandingkan guru.

http://nofikafriko.blogspot.com/2013/

http://nofikafriko.blogspot.com/2013/06/nama-nama-blog-guru-sma-se-sumaera.html

http://hothardware.com/

http://hothardware.com/newsimages/Item16526/child-with-ipad-3.jpg

http://www.wespeaknews.com/

http://www.wespeaknews.com/wp-content/uploads/2012/12/Chinese-children-playing-400-x-300.jpg

Pelatihan-pelatihan yang diadakan masih belum mencukupi kebutuhan akan guru-guru yang handal mengajar dengan kemampuan digital atau kemampuan menggunakan TIK. Masih terkendala lagi dengan sarana prasarana dan kondisi sekolah yang variatif. Uluran bantuan pemerintah dan dunia usaha maupun industri pun masih belum mempercepat peningkatan mutu layanan pembelajaran berbasis elektronik ini.
Kendala tersebut kemudian diupayakan dengan percepatan literasi atau kemampuan penggunaan ICT di kalangan pengajar dengan penghargaan-penghargaan atau lomba-lomba inovatif, antara lain Lomba Kreativitas dan Inovasi Mengajar Guru oleh Kemdikbud, eLearning Award oleh Pustekkom Kemdikbud, Acer Guraru Award oleh Acer Indonesia, juga oleh XL sebagai perusahaan telekomunikasi di Indonesia.
XL tidak sedikit memberikan bantuan komputer dan layanan broadband untuk sekolah-sekolah yang belum tersentuh jaringan internet kabel, namun melalui operasi seluler ketiadaan prasarana bukan menjadi kendala melainkan sebuah tantangan bagi guru untuk memanfaatkan kekurangan geografis.

Kang Martho berkreasi

http://guraru.org/wp-content/uploads/2013/12/INTERNET-CEPAT-5-324×243.jpg

Kang Martho berkreasi

http://guraru.org/wp-content/uploads/2013/12/INTERNET-CEPAT-2-324×243.jpg

http://senja17.blogspot.com/2011/07/mempercepat-koneksi-internet-usb-modem.html

http://senja17.blogspot.com/2011/07/mempercepat-koneksi-internet-usb-modem.html

Biar bagaimana pun, tekad sesuai Konstitusi Republik Indonesia paragraf ke-3 yakni “Mencerdaskan kehidupan Bangsa” harus dimulai dengan mencerdaskan cara guru Indonesia mengajar putra-putri bangsa agar menjadi Warganegara yang terkemuka dan tidak kalah dari warga dunia lainnya.

pernah diikutkan dalam

#lomba-blog-pendidikan