8 Langkah Mengisi PDSS 2014

PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa merupakan salah satu program unggulan Kemdikbud untuk menjaring lulusan SMA/SMK/MA Negeri maupun Swasta baik dari dalam negeri atau luar negeri untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Mulai tahun 2013, PDSS tahun ini telah memasuki masa yang kedua. Menggandeng dua provider besar yakni PT Telkom Indonesia dan PT POS Indonesia untuk menjangkau daerah-daerah yang masih belum tersambung internet diharapkan sekolah-sekolah dapat mengisikan PDSS nilai-nilai raport siswa-siswanya mulai dari semester 1 hingga semester 5 disertai bukti-bukti kejuaraan yang telah didapat siswa kelas XII ini.

Tahun 2014 sebanyak 50% daya tampung PTN dialokasikan untuk calon mahasiswa tahun 2014. Beritanya silakan baca di http://www.unpad.ac.id/2013/12/pengisian-pdss-snmptn-mulai-6-januari-2014/ dan sekali lagi mengikuti PDSS atau SNMPTN adalah GRATIS atau TIDAK DIPUNGUT BIAYA !

Langkah-langkahnya :

  1. Sekolah yang mendaftar PDSS SNMPTN 2014 adalah sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN silakan menuju http://pdss.snmptn.ac.id (saat ini alamat tersebut masih belum siap karena baru dibuka pada tanggal 6 Januari 2014)  – Pengisian PDSS oleh Kepala Sekolah dimulai 6 Januari 2014 dan berakhir 6 Maret 2014.
  2. Kepala Sekolah mendaftar dan memperoleh akun PDSS sekolah yang dipimpinnya berdasarkan profil sekolah serta sertifikat akreditasi sekolah, jangan lupa isikan data lengkap kepala sekolah yang bersangkutan (masih pada laman http://pdss.snmptn.ac.id (biasanya untuk login kepala sekolah mengisi NPSN dan password saat pendaftaran – siapkan email Kepala Sekolah jika password terlupakan)
  3. Kepala Sekolah yang bersangkutan mendaftarkan siswa kelas XII dari sekolahnya pada berbagai jurusan dengan mengisi NISN (nomor induks siswa nasional) dan Nama Siswa. (Jika tidak ada NISN bisa menghubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Setempat atau ada mekanisme lainnya) – Batas Akhir Verifikasi atau Pendaftaran oleh Sekolah sampai dengan 6 Maret 2014 – jika tidak dilakukan maka Panitia Pusat SNMPTN yang mengasumsikan bahwa data PDSS yang diisikan dari sekolah yang bersangkutan sudah  Valid atau Benar !
  4. Setelah dilakukan verifikasi oleh Kepala Sekolah, maka siswa yang bersangkutan mendapat  username (biasanya NISN yang telah didaftar pada langkah ke-3) dan password. Password dapat diganti oleh siswa yang bersangkutan setelah bisa masuk atau login ke laman http://www.snmptn.ac.id 
    Pendaftaran oleh siswa dimulai dari tanggal 17 Februari – 31 Maret 2014.
  5. Siswa (calon mahasiswa) mengisi biodatanya lengkap, keterangan orang tua atau wali, penghasilan orang tua, profil dirinya. Kemudian baru bisa memilih program studi yang diminati. Pilihan Program Studi pada Perguruan Tinggi serta daya tampungnya bisa dibaca pada laman www.snmptn.ac.id pada saatnya sudah dibuka nanti.
  6. Selain itu calon mahasiswa (Siswa Kelas XII) pula yang mengisikan raport semester 1 hingga semester 5 (SMA/SMK/MA yang lama tempuh 3 tahun) atau raport semester 1 hingga semester 7 (siswa SMK/MAK yang menjalani pendidikan empat tahun)
  7. Selanjutnya Pengisian raport nanti akan diverifikasi oleh Kepala Sekolah, jika sudah diverifikasi oleh Kepsek maka Siswa Yang bersangkutan dapat mencetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2014. Simpan baik-baik kartu tanda peserta ini untuk pendaftaran ulang jika calon mahasiswa diterima (Pengumuman Hasil SNMPTN 2014 pada tanggal 27 Mei 2014)
  8. Informasi dapat diunduh melalui www.snmptn.ac.id atau tautan download di laman http://www.snmptn.ac.id/INFO_SNMPTN_2014-3.pdf (klik kanan lalu pilih “save as”)

Selamat Berjuang ! Salam untuk Para Siswa kelas XII SMA/MA/SMK se-Indonesia se-Nusantara !

#2014, #dikti, #guru-indonesia, #kemdikbud, #mahasiswa, #pdss-2, #pdss-snmptn, #pdss-snmptn-2014, #pdss-snmptn-2014-gratis, #pendidikan-tinggi, #snmptn, #snmptn-2014-2, #snmptn-2014-gratis