Best Seller

Best Seller atau Penjualan Terlaris adalah sebutan keren untuk buku-buku yang terpampang di setiap toko buku.

Kriteria best seller atau Penjualan terlaris menurut Penerbit kenamaan syaratnya mencapai penjualan minimal 50 ribu buku per tahun.  Berarti jika harga sebuah buku tersebut sebesar Rp 50.000 maka dalam setahun penjualan yang diraih sebesar lima puluh dengan nolnya tiga berpangkat dua atau (50000)2 = dua puluh lima dengan delapan nol di belakangnya. Berarti 25 0000 0000 atau 2.500.000.000 (dua setengah milyar) !

Siapa saja penulis Fiksi Indonesia yang meraih sebutan Best Seller ?

  1. Andrea Hirata (penulis Laskar Pelangi, Laskar Pemimpi, Edensor, Maryamah Karpov,  Padang Bulan, Cinta di dalam Gelas, Sebelas Patriot)
  2. Habiburrahman El Shirazy (penulis novel Ayat-ayat Cinta, Di atas Sajadah Cinta, Ketika Cinta Berbuah Surga, Pudarnya Pesona Cleopatra, Ketika Cinta Bertasbih, Ketika Cinta Bertasbih 2, Dalam Mihrab Cinta, Bumi Cinta, dan The Romance)
  3. Ahmad Fuadi (penulis novel Negeri 5 Menara, Ranah 3 Warna, Rantau 1 Muara, selain sebagai novelis mantan wartawan Tempo dan VOA ini juga aktif memberikan seminar tentang menulis, baik dari Personal Statement, cara berburu beasiswa ke Luar Negeri)
  4. Mira Widjaa (menuliskan lebih dari 74 judul novel dan novel yang ke-75 adalah Cinta Sepanjang Amazon)
  5. Dewi “Dee” Lestari (menulis novel Supernova Satu: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh, Supernova Dua : Akar, Supernova tiga : Petir, Perahu Kertas dan Rectoverso)
  6. Agnes Davonar semula adalah Blogger yang kemudian mendapat penghargaan tingkat nasional hingga internasional, menjadi penulis termahal di Indonesia karena kemisteriusannya dengan karya novelnya yang terkenal Surat Kecil untuk Tuhan. Termasuk kehebohan karakter Gaby yang merebak dengan lagu misterius di pertengahan tahun 2010 lalu, novelnya pun sukses difilmkan.
  7. Raditya Dika (Penulis lawak fenomenal yang kemudian terjun sebagai Standup Comedian yang telah menulis novel Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Radikus Makan Kakus, Babi Ngesot, Marmut Merah Jambu, dan Manusia Setengah Salmon)
  8. Agnes Jessica (menulis novel Sepatu Kaca) semula adalah guru Matematika yang kemudian berhenti dan aktif menjadi penulis aktif hingga saat ini.
  9. Asma Nadia (penulis novel Catatan Hati Seorang Istri dan Kumpulan Cerita Emak Ingin Naik Haji yang kini sedang tayang berseri di salah satu stasiun televisi swasta)
  10. Djenar Maesa Ayu, anak Syumandjaja salah satu sutradara hebat di negeri ini, penulis cerita pendek yang terkenal provokatif dan lugas kadang mengerikan, unik dan berani.
  11. Hilman “Lupus” Hariwijaya – yang terkenal di tahun 90an dengan penulis cerita pendek pada Majalah Remaja “Hai” yang kemudian dibukukan menjadi sebuah larya novel dengan tokoh utama Lupus. 
  12. Gola A Gong, yang terkenal  dengan Balada si Roy setelah 90an dan karyanya luar biasa serta sering mendapatkan penghargaan menulis, semua dedikasinya dicurahkan kepada terbangunnya Gelanggang Remaja di atas tanah yang dibebaskannya sendiri (hasil dari menulis)
  13. Arswendo Atmowiloto, penulis dan wartawan yang aktif di berbagai media cetak, pemilik rumah produksi dan memiliki pengalaman mumpuni.

dan masih banyak lainnya … (silakan menambahkan sendiri)

Urut-urutan ini bukan berarti peringkat atau tingkatan, berdasarkan apresiasi ini semoga para pembaca juga para guru tergugah untuk  menjadi penulis. Ternyata profesi penulis ini benar-benar menantang dan sangat murah modalnya, secarik kertas, sebatang pena, dan sebongkah hati dengan peralatan yang paling dashyat yaitu “Kata-kata adalah Senjata” (pesan dari Anwar Fuadi @fuadi1 saat pelatihan menulis untuk Guru di Wisma UNJ 28 Desember 2013)

diramu dari berbagai sumber :

http://www.apakabardunia.com/2013/03/4-penulis-indonesia-yang-jadi-milyarder.html
http://www.bimbingan.org/daftar-penulis-novel-best-seller-indonesia.htm

#aksara, #blogger, #cerpen, #fiksi, #fiksiana, #huruf, #jurnalis, #kalimat, #kata, #kata-kata, #menulis, #ngeblog, #novel, #novelet, #penulis, #tulisan, #wartawan