Momen Inersia

Momen Inersia merupakan istilah yang menyatakan kecenderungan benda untuk dapat melakukan gerak rotasi. Mengingat kata kelembaman atau inersia, sama maksudnya dengan kecenderungan benda untuk mempertahankan kedudukannya (kemalasannya). Dalam istilah gaya anak muda zaman sekarang yakni PW atau posisi pualing wuenak !

Tentulah, benda berusaha mempertahankan kedudukannya karena berkaitan dengan kestabilan atau kesetimbangan dirinya. Tidak dapat dipungkiri bahwa kelembaman benda merupakan syarat agar sebuah benda dapat setimbang, berdiri kokoh, berdiri tegak, tegak menatap langit bak gedung pencakar bahkan menara sekalian.

Momen inersia merupakan faktor ikutan dari dinamika gerak rotasi yang disebabkan oleh Momen Gaya.
Momen Gaya yang sering terbaca sebagai huruf yunani “tau” bukannya gorengan sehari-hari “tau isi” adalah hubungan timbal balik yang saling tegak lurus (membentuk sudut 90 derajat) antara Gaya dan lengan kuasa yang menghubungkan ekor gaya terhadap poros benda.

Poros benda sering disebut sebagai pangkal atau titik awal gerakan.

Benda yang berputar pun bisa sinjal atau mengalami putaran yang tidak berimbang. Hal ini disebabkan letak porosnya yang tidak simetris atau tidak proporsional. Letak poros sebagai letak titik beban berperan penting dalam menentukan kestabilan putaran benda.

Misalkan sebuah batang besi yang berputar (berotasi) dengan poros pada salah satu ujung akan memiliki momen inersia yang memenuhi formulasi : 1.1Berikut adalah kiriman para pelajar mengenai perhitungan mereka terhadap posisi poros yang tidak proporsional atau tidak simetris terhadap kecenderungan geraknya melakukan rotasi.

Rr DienaRismilaDio Saskia Sri YantiVhirna 15KHexasMelina PutriDieny LuckyRr Diena Lagi

Kiriman Tanti Dwi Putri - Nun Jauh di Mato

Kiriman Tanti Dwi Putri – Nun Jauh di Mato

#akbar-dio, #dieny-lucky, #dinamika-gerak-rotasi, #fisika-sma, #fisika-sma-kelas-2, #fisikarudy, #harati, #hexas-sarastiwi, #kalteng, #kelas-2, #kelas-xi, #melina-putri, #momen-gaya, #momen-inersia, #palangka-raya, #rismila, #ritsy-amansa, #rr-diena, #smada, #sri-yanti, #tanti-dwi-anita, #vhirna-fitri, #widya-naptha