Pelajaran Relativitas

Relativitas berasal dari kata relatif atau perbandingan. Perbandingan berarti menghubungkan antara nilai sesaat terhadap nilai acuan.

Nilai acuan adalah kerangka dasar yang menjadi pedoman utama atau tolok hitung dalam teori fisika yang cukup rumit ini.

Ada empat unsur yang dibicarakan dalam relativitas yaitu : ruang (space), waktu (time), materi (matter), dan energi (energy). Keempat hal ini terkait menjadi satu kesatuan yang dipostulatkan oleh Einstein pada tahun 1904 dan dibuktikan dengan penghargaan Nobel yang diterimanya pada tahun 1915 untuk karya jeniusnya menerangkan ketidakjelasan teori Fisika Klasik dari Mekanika Galileo hingga Mekanika Newton untuk menjelaskan mengapa Cahaya tidak terpengaruh dalam geraknya.

Atas percobaan Michelson dan Morley, dunia terkejut karena ketiadaan zat eter sebagai zat subtantif penghantar cahaya. Einstein tampil menggedor keraguan para fisikawan yang mendasarkan asas mekanika biasa dan membentuk mahzab baru yakni Fisika Modern.

Penemuan-penemuan lain bermunculan, seperti teori kuantum Planck, Efek Hamburan Compton, Momentum deBroglie, hingga pada teori atom Modern dan akhirnya fenomena Dark Matter.

Pesanan Tetapan Relativistik

#fisika-relativitas, #fisikarudy, #fisikarudy-kalteng, #kalteng, #kelasfisika, #koefisien, #palangka-raya, #perhitungan, #relativitas, #relativity, #rudy-kalteng, #rudyhilkya, #smada-palangkaraya, #teori-relativitas