Pengumuman Hasil UN SMA 2014

Sebulan lebih sudah berlalu ritual akhir tahun pelajaran bagi siswa kelas XII (K-12) setelah melewati yang dikatakan sebagai bagian pemetaan pendidikan nasional melalui ujian nasional. Telah menyedot perhatian nasional yang hanya dapat ditandingi dengan Pemilihan Umum.

Karena maraknya berita berseling dengan hasil Pemilihan Umum, berita tentang hal-hal yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan Ujian Nasional yang telah menelan biaya tinggi ini seolah-olah tertutupi dan aman-aman saja.

Detik-detik selanjutnya berlalu esok lusa 20 Mei 2014 yaitu masa untuk mendapatkan hasil Ujian Nasional SMA/SMK/MA tahun 2014. Kami semua berharap siswa-siswa yang telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, belajar sekeras-kerasnya sampai melupakan tidur siang, tidur malam dan bahkan tertidur dalam kelas karena saking sibuknya mempersiapkan diri menghadapi ritual tersebut yang cukup mendebarkan akan mendapatkan hasil yang sepadan yaitu LULUS.

Namun perlu dipertegas bahwa kelulusan tidak semata-mata ditentukan oleh Nilai Ujian Nasional, sejatinya. Tapi kenyataan kadang kala berkata lain, apabila nilai hasil Ujian Sekolah tidak memberikan Nilai Akhir lebih dari 5,50 tetap saja siswa dimaksud dinyatakan tidak lulus. Akhirnya bagaimana ? Hanya ujian susulan melalui Ujian paket C semata jalan keluarnya.

Apakah tidak ada teknik penilaian yang lebih luwes mengenai hal tersebut, maka kita perlu bersabar menunggu peraturan yang digodok oleh Badan Standar Nasional Pendidikan Kemdikbud menjawabnya di masa mendatang.

Kami hanya berdoa bahwa semua siswa SMA/SMK/MA akan mendapatkan hasil yang terbaik di tahun ini dan juga sebagai pengalaman bagi masa mendatang.

Kepada para siswa SMAN-2 Palangka Raya yang akan mendapatkan pengumuman tersebut pada tanggal 20 Mei nanti yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, sayang sekali saya tidak bersama-sama merasakannya karena harus melaksanakan tugas mengikuti pelatihan di Jakarta.

Semoga anda sekalian mendapatkan berkat yang anda doakan bersama-sama pada tanggal 12 April 2014 yang lalu.

Sebelumnya saya mengucapkan Selamat !

 

 

#kelulusan, #ma, #pengumuman, #pengumuman-kelulusan-sma-2014, #pengumuman-un-2014, #sma, #smk