Jayakarta, 20-23 Mei 2014

Selasa, 20 Mei 2014 saat semua siswa kelas XII merayakan kelulusan, saya kembali tidak dapat memandang kebahagiaan mereka sama seperti saat Pelepasan Siswa kelas XII beberapa waktu lalu juga karena rapat koperasi saat akan ada pemberian bantuan pihak ketiga kepada koperasi pegawai yang kami kelola. Saat itu saya harus terbang ke Batavia karena ditugaskan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah untuk mengikuti bimbingan teknis pembina Olimpiade beserta tujuh guru lainnya dari sebaran Kalteng dan saya memilih cabang Astronomi sesuai dengan binaan yang saya berikan di sekolah harian.
Pukul 11.30 WIB saya tiba di tempat kegiatan dan berkenalan dengan pak Burhani dari SMA Titin Teras Jambi yang akhirnya memberikan lampiran foto-foto kegiatan.
Kami akhirnya sekamar dan berada pada lantai 18, hingga pulang ke tempat masing-masing kami masih satu kendaraan dan ditraktir Beliau di KFC Cengkareng hehehe …
Materi Bimtek ini antara lain yaitu :

  1. Kebijakan Direktorat Pendidikan Menengah terutama P2TK Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Materi-materi Olimpiade Astronomi
  3. Pengenalan teropong Bintang murah dan software pendukung
  4. Pengolahan data Astronomi
  5. Latar Belakang dan trik pembimbingan olimpiade

Keuntungan lainnya saya berkenalan dengan pakar-pakar dan tim pembina Olimpiade Astronomi nasional seperti Dr. Chatief Kunjaya, Dr. Hakim Malassan, Dr.rer.nat Ikbal Arifyanto dan Rhorom Priyatikanto, MSi yang terakhir membantu kami dalam materi pengolahan data dan kosmologi dasar.

Materi-materi tersebut disusun dalam silabus pelatihan OSN Astronomi dan banyak tersebar di scribd.com dengan berbagai tulisan pakar dan alumnus kegiatan OSN. Yang bisa anda unduh bebas.

Berikut adalah foto-foto kegiatan dan kebersamaan kami selama di Jayakarta Hotel, 20 – 23 Mei 2014

IMG_3315

 

#astronomi, #bimtek-olimpiade-sains-astronomi-2014, #fisika, #guru-sma, #indonesia, #jakarta-barat, #jayakarta, #olimpiade-sains, #osn, #sma