Akhir Semester 2014

Tak terasa beberapa hari lagi siswa kelas X dan XI akan menerima laporan hasil belajar atau capaian kompetensi yang dapat mereka raih di akhir semester 2014 ini.

Kelas X sudah menggunakan kurikulum 2013 jadi tidak dipusingkan lagi dengan pemilihan jurusan sebab semuanya telah mengikuti peminatan mata pelajaran tertentu yang sesuai keinginan dan bakat mereka di Perguruan Tinggi mendatang.

Sementara kelas XI akan naik ke kelas XII dan menjadi generasi terakhir yang belajar menggunakan model kurikulum 2006 yang lebih dikenal dengan nama KTSP. Padahal KTSP pun masih sama dan semakin dipertajam di model kurikulum 2013.

Hari ini pula kakak-kakak alumni dan lulusan SMA/MA/SMK se-Indonesia mengikuti seleksi masuk bersama perguruan tinggi negeri, sebagai ajang seleksi nasional untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi seantero Indonesia. Yang akan diumumkan pada tanggal 16 juli 2014 mendatang.

Minggu mendatang akan berbondong-bondong siswa lulusan SMP/MTs mendaftar di berbagai SMA, terutama di Palangka Raya, yang menggunakan sistem pendaftaran online. Memang sebutannya online, tapi tetap saja pendaftar datang sendiri ke sekolah yang dituju, kemudian mengisi formulir yang disiapkan sekolah dan data mereka akan di-input oleh operator yang selanjutnya hasil pengumuman dan pemantauan posisi apakah diterima atau sudah keluar dari sistem pendaftaran melalui sms dapat dilakukan hari per hari hingga tanggal 28 Juni 2014.

Saat ini di halaman sekolah tengah heboh-hebohnya pertandingan olah raga antar kelas dan yang menjadi favorit adalah futsal di atas lapangan basket yang dimainkan secara campuran yaitu siswa laki-laki dengan siswa perempuan dalam masing-masing tim. Sementara di gardu jaga yang tersedia papan pengumuman PPDB juga disibukkan dengan orang tua calon siswa yang bertanya-tanya mengenai penerimaan rekrut peserta didik baru dan hari ini juga mencapai puncak, terutama yang dari daerah atau luar kota Palangka Raya dengan  meminta rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya sebagai satu syarat mendaftar.

Dilihat-lihat dari kalender pendidikan TA 2014/2015 dan dugaan hisab bahwa 1 Ramadhan 1435H akan jatuh pada tanggal 28 juni 2014 sore hari, maka libur selama bulan Ramadhan agar siswa muslim dapat khusyuk menjalankan ibadah puasa juga dilakukan, sementara pendaftaran ulang peserta didik baru dimulai tanggal 30 Juni hingga 5 Juli 2014. Masa orientasi siswa baru dimulai tanggal 4 -6 Agustus 2014. Sangat terasa panjang libur dimaksud dan hal ini sangat dinanti-nantikan oleh semua warga sekolah yang sudah merencanakan perjalanan liburannya.

Hore, libur telah tiba !

Sekolah akan dimulai kembali pada tanggal 7 Agustus 2014 yang berlaku untuk Kota Palangka Raya dan sekitarnya. 

Sebenarnya untuk para guru se-Indonesia, masa ini juga diadakan pelatihan implementasi kurikulum 2013 yang berlangsung dari tanggal 16 – 30 Juni 2014 yang diadakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.

 

 

#akhir-kelas-x-dan-xi, #libur-tasya, #online, #ppdb