Masuk Kelas Pertama

Seusai 4 Agustus 2014 yang mana merupakan kegiatan Masa Orientasi bagi Peserta Didik Baru berlangsung hingga 6 Agustus 2014, semuanya pol untuk acara peserta didik tanpa melibatkan unsur guru yang kelak akan mengajar mereka, merupakan kegiatan refreshing bagi rekrutmen siswa baru SMADA. Betapa tidak dari hari sebelum MOPD (sebutan pengganti MOS) hingga MOPD berakhir pada Rabu siang pukul 13.00, jarang ditemui balaguru yang akan mengharubiru kelas mereka dengan materi pelajaran berbasis kurikulum 2013.

Ini merupakan trik tersendiri agar para peserta didik tidak duluan lelah dan kecewa dengan penampilan guru-guru yang monoton, kolot hingga tradisi zaman dulu kala dengan mendahulukan ceramah dari awal hingga akhir. Sebab di era ini, yang sebentar lagi akan ditutup dengan era presiden baru dan revolusi mental, Guru pun harus segera berubah cara menyampaikan pengajarannya tidak melulu dan mengedepankan cuap-cuap dengan kelas.

Saatnya dinamika kelompok tercipta dan terjadi, maka untuk itu Kelas Pertama yang dilakukan di kelas X adalah memetakan lintas minat mata pelajaran masing-masing peserta didik, kemudian para guru diberi penguatan melalui pelatihan awal tahun pelajaran selama dua hari diselang-selingi kegiatan tengah semester dan akhir semester untuk evaluasi dan tinjauan ulang cara pembelajaran mereka.

Kelas pertama yang saya masuki kali ini adalah X-3 dan X-4 yang termasuk dalam peminatan ilmu alam, para peserta didiknya segar-segar karena semuanya berharap menjadi dokter. Ngga mungkin kan dokter bawaannya sakit?

Kesan yang saya terima pertama kali, para peserta didik baru menaruh harapan yang tinggi dengan sekolah yang baru dan harapannya guru yang mengajar mereka pun setidak-tidaknya membawa suasana dan momen baru dibandingkan sek0lah lamanya. Bukankah itu sebuah tantangan yang menuntut keseriusan?

Kelas Pertama (mudah-mudahan) menggoda

#awal-tahun, #jumpa-pertama, #kelas-pertama, #pertemuan-pertama