Memahami Buku

IMG_1039Kebijakan Pemerintah melalui penyediaan buku-buku paket sebagaimana acuan Kurikulum 2013 mendorong sekolah untuk melakukan pemesanan agar seluruh siswa dan guru tidak direpotkan lagi dengan membeli buku-buku baru setiap tahunnya. Walau kenyataan tidak sejalan dengan harapan tersebut masih sangat pelan cenderung lambat karena berbagai macam gangguan teknis, mudah-mudahan bulan mendatang kesulitan distribusi buku kepada sekolah-sekolah dapat tertanggulangi.

Ada sesuatu yang menarik di balik ide penyediaan buku ini, yakni untuk menarik minat baca. Minat baca guru, terlebih-lebih kepada seluruh peserta didik di kelas X dan kelas XI.

Buku adalah kumpulan catatan, dalam hal ini sebagai buku acuan belajar tentunya berisi bahan-bahan acuan atau bahan minimalis untuk memahami suatu konteks belajar. Saya memperhatikan ada kecenderungan pembaca langsung menuju bagian pertama dari tulisan dalam buku atau bahkan hanya mencari topik yang dikehendaki saja tanpa membuka dari halaman awal.

Maka untuk memahami sebuah buku yang pembaca lakukan dimulai dengan :

  1. Membaca halaman cover atau halaman judul terlebih dahulu untuk memahami si penulis atau profil penulis, ide-ide dari penulis tersebut sebagai fantasi atau isi buku yang ditulisnya, hal ini menjadi semakin mudah jika si penulis merupakan orang yang sudah dikenal. Pertanyaan menarik lainnya, bagaimana jika penulis itu adalah penulis baru? Perhatikan halaman profil mereka di halaman belakang buku terlebih dahulu untuk mencoba memahami diri penulis.
  2. Membaca Kata Pengantar, biasanya tujuan penulisan buku dan resume isi buku serta tujuan buku tersebut dibuat dinyatakan dalam Kata Pengantar. Bagian ini yang akan mengantarkan pembaca menggapai tujuan membaca buku dimaksud (terutama buku pelajaran atau buku lainnya).
  3. Membaca Halaman Daftar Isi – untuk melihat alur berpikir atau urut-urutan pembahasan yang membantu dasar pemahaman dari Buku yang sedang kita baca agar tidak mengalami kekacauan dalam mengerti atau memahami isinya.
  4. Mulai membaca topik-topik secara berurutan dengan cepat — ada kiat tersendiri dalam membaca cepat, selanjutnya kecepatan membaca dikurangi hingga membaca dilakukan berulang-ulang agar pembaca benar-benar memahami isi tulisan dari buku dan bisa menyerap ide-ide yang penulis sampaikan.

Demikian upaya untuk memahami buku, semoga membaca buku membawa dampak dan kenikmatan bagi para pembelajar dan orang-orang yang menginginkan wawasan yang luas.

Selamat Membaca !

#buku, #memahami-buku, #membaca, #penulis, #trik-membaca