Recehan yang berarti

Seringkali uang recehan dianggap sepele, uang recehan berupa uang logam adalah alat tukar yang nilainya rendah bahkan direndahkan. Semakin banyak uang yang didapat seseorang, baik dengan cara yang paling sulit hingga paling mudah sambil menengadahkan tangan semakin tak berartilah nilai uang tersebut.
Jika seorang peminta-minta membuka telapak tangannya, mungkin saya lebih menyukai memberi 2000an sebagai uang receh. Tentu saja ada kalanya ini disumbangkan saat peminta tadi saya yakini benar berkesusahan.
Namun jika yang meminta itu preman hingga 5000 bahkan 10000, dengan alasan keselamatan jiwa daripada mati konyol adalah sikap yang jauh lebih baik daripada menjadi jagoan ala sinetron atau tipi action.
Uang receh kadang dilupakan, bahkan dibuang. Saya ingat saat sebagai mahasiswa yang sedang membeli benda pos dan saya memberikan uang parkir malah dibuang saja oleh petugas parkir tembak, saya masih ingat wajahnya sampai sekarang, ironisnya dia masih berprofesi sebagai petugas yang sama!
Intinya berapapun nilai recehan yang kita punyai, semuanya itu berarti dan memiliki nilai. Berapa kecil dan rendahnya nilai diri atau kemampuan anda dibandingkan teman atau rekan yang lain, semuanya itu memiliki makna.
Selamat beribadah dan menikmati hari Minggu, hari keluarga

Posting bersama WordPress di Android

#recehan, #uang-receh