Wahana Pendukung Pemadaman Api Lahan

Kebakaran hutan dan semak belukar sudah menjadi bahaya yang senantiasa mengancam daerah-daerah yang memiliki wilayah hutan dan lahan yang masih tertutup dan masih jauh dari pemukiman penduduk, sudah saatnya Kalimantan juga Sumatera dan daerah lain bersiap menginvestasikan seluruh pengetahuannya untuk membangun wahana-wahana sebagai berikut :

www.trucksplanet.com/photo/Fmorita/bush_truck/Fbush_truck_1.jpg

Morita Bush Truk adalah Truk pemadam kebakaran yang kompak dengan peralatan serta watercanon serbaguna, dibuat oleh perusahaan Morita Jepang telah dipamerkan sejak tahun 2010, dimensi panjang 7,2 meter, tinggi 3,6 meter dan bobot 11,2 ton. Truk Morita ini adalah mobil pemadam pintar yang bisa dijadikan mobil komando diawaki 4 orang, selengkapnya bisa dibaca pada laman berikut : Morita Bush Truck for Forest firefight atau http://www.morita119.com/en/ walau sesungguhnya mobil ini masih sebatas konsep namun idenya sejalan dengan keadaan yang kita hadapi sekarang.

Truk Komando dan Penggerak Mobilisasi :

http://www.sanantonio.gov/portals/0/Images/SAFD/FireFighting/SAFD_208X143_WildfireTruck.jpg

Truk kepunyaan Negera Federal San Antonio ini sepintas pernah saya lihat sama persis dengan Ambulance Bergerak yang dimiliki oleh RSUD Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Katingan, sayang sekali jika pengadaannya hanya dilakukan saat penanggulangan bencana kebakaran secara insidental. Kemungkinan harga setengah milyar rupiah sudah sepadan dengan fungsi dan kelengkapannya. Dengan enam orang awak sudah cukup untuk masuk ke dalam rimba yang selalu dikeluhkan petugas dan pilihan BBM untuk Solar (Petrol) maupun Bensin (Gasoline) besar kemungkinan memadai.

http://kotv.images.worldnow.com/images/14264785_BG2.jpg

Jika beban anggaran selalu dirasa berat dan membuat neraca keuangan menjadi defisit, tidak salah jika meniru atau mencontek konsep mobil tangki pemadam kebakaran berikut. Yang diambil dari kerangka truk kendaraan pengangkut personel zaman Perang Dunia II yang sangat banyak di Amerika Serikat kemudian bagian bak truk dimodifikasi dengan tangki yang dapat dibuat menggunakan tong atau drum kemudian dilas bersambung dan bagian bawah dipasang dengan pompa air portabel berkekuatan 1200 watt hingga 3000 watt berbahan bakar solar atau bensin sudah cukup mampu menghambat pergerakan api di lahan.

Tentunya banyak truk yang bisa dimodifikasi menjadi kendaraan serbaguna untuk melawan api secara masif, sistematis dan terstruktur, bukan?

http://www.foxfury.com/blog/wp-content/uploads/2012/05/brush_wildfire.jpg

http://w24.indonetwork.co.id/pfimage/54/698054_1.jpg – cocok juga untuk TSAK

http://txforestservice.tamu.edu/uploadedImages/NewsRoom/Bono%20VFD.JPG

Truk dengan selang dimoncong adalah kendaraan yang dipergunakan di Texas Amerika Serikat yang juga sering dilanda kebakaran semak dan hutan, bisa ditiru untuk dikembangkan sesuai kondisi geografis kepulauan Indonesia.

http://www.unruhfire.com/images/MarcoMertzUnruhFireOnPolari.jpg

Kendaraan ringan dan mudah perawatan ini sesungguhnya hanya pajangan dan belum teruji kehandalannya untuk mengantisipasi serta memadamkan api, jadi jangan dulu percaya dengan penampilan sebelum turun ke lapangan

Kendaraan terakhir ini hampir mirip seperti kendaraan yang telah diserahkan kepada TSAK (Tim Serbu Api Kelurahan dan Kecamatan) – masalahnya tentunya pada manpower dan sumber daya penggerak yang 1M lainnya (apa?) – money dong? Man dan Machine sudah masalahnya tentu saja pada anggaran penanggulangan yang selalu dipandang sebelah mata entah ke mana-mana?

http://images.detik.com/content/2011/05/27/647/mobnas1.jpg – Kendaraan Mobnas untuk TSAK

http://motortigaroda.files.wordpress.com/2012/11/motor-pemadam-05.jpg