Gelombang de Broglie

Louis de Broglie adalah ilmuwan Perancis yang mengajukan teori tentang cahaya bisa dipandang sebagai partikel yang memancarkan panjang gelombang tertentu dengan persamaan yang kemudian dikenal sebagai panjang gelombang tertentu berdasarkan momentum cahaya atau momentum foton.

Cahaya yang menyaru menjadi partikel ini kemudian digambarkan bisa memancarkan panjang gelombang dalam rentang spektrum gelombang elektromagnetik. Momentum yang dibawa partikel tersebut selain bisa dinyatakan dalam kondisi energi kinetik menurut mekanika klasik dan bersesuaian dengan percobaan tabung sinar X serta pemancaran sinar X, semakin memperkuat bahwa efek fotolistrik berada dibalik peristiwa dualisme gelombang partikel ini.

Disatu sisi cahaya dapat dipandang sebagai gelombang, dan di sisi yang lain cahaya juga dapat dilihat sebagai partikel. Partikel yang massanya menyerupai partikel, karena pada percobaan Compton (Efek Compton) serta percobaan Fotolistrik terlihat bahwa sinaran cahaya mempengaruhi lontaran elektron berdasarkan panjang gelombangnya, bukan karena peningkatan intensitas.

Peningkatan frekuensi cahaya dan pengurangan panjang gelombang menyebabkan semakin banyak populasi elektron yang menumbuk kutub anoda dan menghasilkan semakin besar arus fotolistrik pada amperemeter yang dipasang dalam aparatus percobaan. Terutama setelah sinar ultraviolet dengan panjang gelombang 350 nm turut serta.

Pada percobaan sinar X, pembangkitan populasi elektron yang terlepas dan selanjutnya memancarkan panjang gelombang hamburan yang lebih pendek dari emisi elektronik sampai berkisar 7 – 11 nm menghasilkan daya tembus yang besar terhadap logam-logam yang tebal bahkan isi sumsum tulang. Percobaan sinar X menjadi acuan keberhasilan percobaan efek Compton dalam menghasilkan sinar hamburan. Selanjutnya digunakan untuk mengukur besaran kisi difraksi ala Bragg, mengukur jari-jari atomik dan lain-lain.

Demikian kesinambungan pembahasan dualisme gelombang partikel yang berturut-turut dari percobaan Hertz, Thomas Young, postulat Einstein tentang cahaya, percobaan Max Planck, percobaan Wilhelm Wien, percobaan Stern Gerlach, Compton dan pengidean cahaya sebagai partikel yang pernah diajukan oleh Isaac Newton diperkuat dalam disertasi Louis deBroglie menghantarkan kita mencapai pemahaman dasar dalam fisika modern.

#efek-compton, #fisika-12, #fisika-sma-12, #fisika-modern, #kalteng, #panjang-gelombang-debroglie, #smada