Forrest Gump

Saya sudah empat kali menonton filem ini (tapi sepotong demi sepotong layaknya roti bakar berbahan dasar terigu dikasih krim butter, keju, cokelat lapis, dan es krim Nutella bagian atas bawah) Uh Nyam Nyam …:mrgreen:

https://ganool.co.id/wp-content/uploads/2014/12/Download-film-Forrest-Gump.jpg

Bagian-bagian awal di negara bagian Missisipi, Alabama sekitar 50an, ada seorang anak bernama Forrest Gump terlahir dengan kelemahan pada intelejensi alias lahir terbelakang atau berkebutuhan khusus, ditambah lagi kelemahan lain saat kecilnya pada sepasang kaki sehingga harus ditopang penahan logam untuk kaki kiri dan kanan, mirip seperti kerangka robot atau cyborg. Berjalan saja sudah terseok-seok apalagi jika lari. Parah pokoknya. Karena keterbatasan inilah ia anak satu-satunya yang sangat disayang ibu, yang menyedihkan di awal kehidupan Forrest, bahkan konon nama Ayah Forrest itu disebut ibunya pun bernama sama. Sementara keberadaan Ayah Forrest tidak diketahui di mana rimbanya.  Engga ada. Engga tahu, Lupa. Mamah Forrest bernama Gump, memberikan doktrin kepada anaknya Forrest bahwa ia memiliki kedudukan yang sama dengan anak-anak lain sebayanya walaupun ibunya tahu bahwa tingkat intelejensia Forrest sangat rendah, tetapi ia tetap diberikan pandangan tentang kesetaraan. Agar Forrest bisa masuk sekolah umum saja, ibu Forrest harus memberikan layanan khusus kepada petugas administrasi sekolah (gratifikasi yang sedang ngetren di negara kita ternyata sudah lama dipraktikkan di negeri Opa Barack).

Keanehan yang tampak pada diri Forrest membuat ia dikucilkan dan tidak ada yang bersedia menerimanya duduk sebangku dalam bis sekolah (sudah ada sejak lama di AS, warna kuning mencolok, tulisan sisi kiri kanan nama masing-masing sekolah empunya bis).

Hanya seorang anak perempuan yang bernama Jenny yang bersedia berteman dengan Forrest, pun rela menerima pertemanan. Sejak saat itu Jenny dan Forrest merupakan teman yang akrab dan menyebutkan pertemanan mereka seperti Carrot and Bean (Wortel dan Buncis) hingga akhir hayat Jenny karena di masa tuanya menderita penyakit disebabkan virus yang tidak diketahui obatnya, saya asumsikan ini adalah penyakit HIV/AIDS, karena ada scene pemakaian narkoba bergantian pada Jenny cs, barengan, seks bebas antara pria dan wanita bergantian pasangan, tukar-tukaran gitu, zaman hippies woodstock de el el, termasuk juga “mungkin” PMS).

Sementara teman-teman sesama anak kecil sering mengejek dan menindas Forrest bahkan sangat ekstrim dengan menganggap Forrest itu gila makanya sering dirajam atau dilempar batu, mungkin jika ada kotoran binatang pun dialami Forrest. Akhirnya saat sedang berdua-duaan (ciee…) dengan Jenny “si Buncis”, datang satu geng berandal sepeda menindas mereka dengan melempari Forrest pake alat-alat primitif bebatuan,  Jenny Buncis (dalam pikirannya) hendak menyelamatkan Forrest dengan menyuruh Gump Wortel segera kabur. Gump Wortel yang kakinya terikat dengan kerangka cyborg pun mula-mula hanya bisa melangkah-langkah kaku sementara berandal sepeda mulai mendekat sambil menyeringai ingin memberi pembalasan yang setimpal.

Karena ini asalnya novel dan itupun demi kemurahan hati si penulis, Winston Groom, keajaiban terjadi tiba-tiba kaki Forrest semakin lama semakin kuat karena dorongan adrenalin, kerangka penyangga kakinya perlahan-lahan terlepas kemudian hancur rakai berantakan sampai ke baut-bautnya, berlepasan dramatis dan lama-lama Forrest bisa berlari kencang meringankan tubuh langkah sejuta hingga anak-anak berandalan hanya makan debu asap. Sisanya bisa anda saksikan pada klip di bawah ini.

Uniknya setiap kali saya ikut sosialisasi atau workshop atau apa namanya dari Pengawas, Narasumber pusat, instruktur nasional ada saja yang mutarin klip di atas. Kayanya ngga ada keseragaman lain:mrgreen: – memang tujuan motivasi untuk tidak mendengar dan terus kabur untuk mencapai tujuan yang diinginkan (siapa?)

Perjuangan Forrest menjadi wajib militer yang dikirim Perang Vietnam, menjadi jago lari karena menyelamatkan teman-temannya dan terakhir komandan peletonnya yang arogan dan sombong Letnan Dan, Letnan Dan yang harus kehilangan kaki dan dia menyesal diselamatkan Forrest Gump karena Letnan Dan keturunan prajurit berani mati dan menurutnya kematian di medan pertempuran adalah kehormatan dibandingkan balik kampung ke AS dalam keadaan sebagai veteran cacat  dan dipandang tidak berpotensi (impoten)! Sementara Forrest karena keberaniannya menyelamatkan rekan-rekan satu peleton dari bombardir pesawat sendiri dan kepungan musuh mendapat medali kehormatan dari Presiden AS, selain itu selama ia berada di pusat rehabilitasi karena kena tembak bagian kenalpotnya  harus nungging berhari-hari agar sembuh,  selama di pusat rehab Forrest menghibur diri dengan bermain pingpong akibat dorongan salah seorang rekannya yang juga jadi korban dan lama-kelamaan kecerdasan kinestetik Forrest membuat ia mahir memainkan ping pong dan semakin lihay sebagai pemain pingpong tunggal yang kemudian dijadikan anggota tim ping pong AS yang diberangkatkan ke China (dengan alasan mempermalukan negara yang otoriter dan tidak demokratis, komunis adalah faham yang berseberangan dengan politik luar negeri negara AS sampai sekarang) serta berduel dengan Pendekar Pingpong papan atas Negeri Atap Langit itu.

Perhatikan saat melawan Pendekar Pingpong negeri Kungfu dengan satu tangan :

sepulang melawat dan memenangkan duel prestise, Forrest Gump diundang ke acara Bincang-bincang di televisi saat itu dan (ceritanya) ditandem dengan John Lennon yang urakan dan jawabnya suka ngasal, John Lennon adalah tokoh yang anti perang dan lebih baik bercinta daripada berperang, begitu motto John Lennon dan sangat digilai penggemarnya, kenapa? Karena Lennon adalah salah satu pendiri The Beatles, Kelompok musik aliran Rock dari Liverpool, Inggris. Liverpool adalah kota industri dan pelabuhan besar di Britania Raya – (Forrest berasumsi bahwa pemuda dari London itu tak berapa lama tewas karena kelakuannya dan terjadi John Lennon tewas ditembak oleh Mark David Chapman sebanyak empat kali letusan, seorang fanatis, akhirnya diberhentikan dengan hormat dan menjadi warga sipil kembali, Forrest balik ke rumah besarnya di Green Meadows, bersua dengan ibunya, Gump.

Kenapa Forrest balik ke rumahnya di Alabama, setelah ia sering tampil di acara bincang-bincang, nama dan pernyataannya dinanti-nanti orang termasuk oleh orang-orang yang iri dengan keberuntungan Forrest. — sampai peristiwa orasi di Capitol Hill, Forrest keselip lidah karena menentang perang, sementara ia mengenakan seragam militer lengkap dengan medali yang baru saja diterimanya, jadilah ia dipecat dengan tidak hormat.

Skenario berjalan di sela-sela cerita Forrest kepada orang-orang di bangku halte sambil menunggu bis lewat. Ia balik ke Green Meadows, mendapatkan ibunya menerima banyak parcel, undangan, hadiah, bahan promosi dari Perusahaan Bet Pingpong dan peralatannya serta menerima cek senilai 25 ribu Dollar saat itu (jika dirupiah dengan keadaan terkini, sekitar 1,2 Milyar lah – perkiraan saya)

Lalu Forrest menuju rumah Bubba untuk mengunjungi kuburan temannya tadi dan menceritakan semua uang cek dan hasil promosi raket pingpong hingga lawatan keliling Amerika untuk promosi dipakainya membeli kapal nelayan udang. Banyak orang mengatakan bahwa Forrest itu antara Gila dengan Bodoh yang terintegrasi menjadi satu, tapi Forrest tidak tau apa maksudnya. (akting Tom Hanks memang pas jadi Gump Wortel).

Selama ia melaut dengan kapal yang kemudian diberi nama Jenny, ia selalu memikirkan si Buncis yang tidak diketahui di mana rimbanya setelah terakhir pertemuan di danau buatan depan Capitol Hill dan peristiwa orasi di depan massa yang mengutuk perang Vietnam itu yang menamatkan karir militer Forrest Gump dan selanjutnya Forrest dipecat dari dinas militer lengkap dengan fasilitas militer dicabut, kecuali medali penghargaan karena keberaniannya.

Saat Forest melaut pulang pergi tanpa hasil, sendirian, sambil memikirkan kekasihnya Buncis, eh ada seseorang dengan kedua kaki diamputasi di atas kursi beroda, tengah menunggu di anjungan kapal. Siapa Dia? eweh beken, Letnan Dan, yang sempat sesumbar setelah Forrest dipecat, ia memaki dan murka kepada Forrest dan sesumbar jika Forrest bisa mendapatkan kapal dan menjadi kapten kapal, maka Letnan Dan yang akan menjadi kelasi pertama-nya. Dan hal itu ia buktikan sebagai janji seorang kesatria! Biar cacat karena perang, seorang militer sejati pantang menjilat ludahnya sendiri!

Dengan semangat tinggi, Forrest dan Letnan Dan, mengarungi laut di sekitar Alabama mencari udang dan yang mereka dapatkan adalah kesialan demi kesialan. Padahal yang jelas itu karena saingan banyak, kapal nelayan lain lebih dulu bekerja dengan kapasitas yang lebih besar, alat yang lebih handal, mekanik yang lebih baik, dan lebih dan lebih banyak lapisannya. Sementara Forrest mengendalikan kapal, ia tetap membayangkan Jenny Buncis yang pada saat sama tengah dugem, mabuk arak, menghisap narkoba hingga teler di kamar hotel dan kehilangan akal sehat, nyaris bunuh diri dengan melompat dari lantai empat, tapi nyali rupanya menghempaskan Buncis ke kursi malas dan membuatnya tersadar untuk mengakhiri hidupnya yang tidak lagi sehat karena terjerembab dalam hawa hedonisme.

Letnan Dan menyuruh Forrest agar rajin berdoa supaya mereka mendapat keberuntungan, tetapi lagi-lagi, alih-alih rajin setiap minggu bahkan menjadi anggota paduan suara tetap dengan baju berjubah biru tua dan kerah merah matang, tetap saja barang rongsokan yang berhasil mereka tangkap hingga suatu ketika Letnan Dan bertanya, “dimanakah Tuhanmu sekarang?” maka serta merta angin puting beliung menghajar Kapal Jenny (nama kapalnya begitu) terombang-ambing di tengah samudera luas, sementara Forrest mati-matian berada di kemudi kapal, Letnan Dan yang buntung berada di atas tiang utama sambil “menantang” Tuhan tanpa henti.

Hingga esok pagi muncul berita di Koran, jika semua kapal penangkap udang tersandar ke daratan, pelabuhan porak poranda, dan hanya satu kapal penangkap yang masih beroperasi tidak lain dan tidak bukan yaitu, Jenny! yang dikemudikan Forrest sambil melambaikan tangan ke kamera dengan senyum sumringah. Sejak saat itu, kesulitan mencari udang bukan masalah yang berarti. Tentu saja karena tidak ada saingan lagi! Sebab semua rival sudah terdampar di daratan. Perlahan dan pasti kemashyuran Bubba Gump Shrimp Company menanjak dan menjadi perusahaan kaya yang melebihi David Crockett serta Forrest berfoto bersama Letnan Dan di depan majalah Fortune 500, sebagai salah satu milyuner terkaya saat itu karena usaha penangkapan dan pengalengan udang! Perusahaan mereka mampu membeli hingga 12 unit kapal dan memiliki markas besar dan alat komunikasi tercanggih pada masanya.

Di tengah berita yang menyenangkan, Forrest mendapat panggilan pulang karena ibunya kritis. Di babak terakhir saya biarkan nurani saya hanyut ketika Forrest harus menerima kenyataan, ibunya yang dicintai meninggal dunia. Ia menyedekahkan seluruh hartanya dari Perusahaan Udang Bubba-Gump yang beromset hingga jutaan dollar untuk menyumbang gereja, rumah sakit lokal. Sementara Forrest tidak lagi  peduli dengan perusahaan udang yang diserah kepada Letnan Dan sebagai manajer dan akhirnya seluruh aset perusahaan udang di-investasi-kan pada sebuah perusahaan buah, yang bernama Apple Inc. Hahahaha, tentu saja Apple akhirnya menjadi besar dengan CEO Steve Jobs dan menjadi perusahaan Multitrilyunan dan penanam saham kecipratan. Gump yang lonely setiap malam memimpikan kehadiran wanita yang dicintainya, Jenny Buncis, sampai mendapatkan visi Jenny mengunjunginya dengan pakaian tipis bergaya Hippies eh besoknya saat Forrest yang mendapat tugas paling mulia dari pemerintah kecamatan Alabama sebagai pemotong rumput berkendara mendapati Jenny benar-benar hadir di depan matanya.

Mereka menjalani hari-hari bersama seperti masa kecil dulu, Wortel dan Buncis, ke mana-mana berdua, duduk depan danau berdua, di bawah pohon Willow berdua, hingga suatu malam Forrest meminta Jenny menikah, tapi ditolak karena Jenny tidak mencintai Forrest. Hati Forrest Galau, hancur lebur menjadi bubur tampoyak durian, ia lari keluar rumah, berdiri menahan tangis sambil membelakangi Jenny. Hujan pun turun perlahan kemudian deras, Forrest tidur di garasi di luar rumah. Saat Forrest melamun sendirian di atas dipan, eh datang Jenny dengan baju seksi transparan dan kemudian terjadilah yang bisa dipastikan setiap pembaca novel dewasa, hanya ini adegan paling hot dari film Forrest Gump yang lain tidak ada sama sekali. Digambarkan dari balik kelambu, Jenny Buncis dan Forrest Wortel bersatu dalam cinta di bawah selimut tebal ditingkah hujan deras di luar, keesokan paginya, saat Forrest masih terlelap tak berdaya di atas pembaringan dan berharap Jenny benar-benar mencintainya, Jenny Buncis kabur naik taksi tanpa alasan yang jelas (benar-benar tidak jelas) dan meninggalkan Forrest dalam kehampaan yang dalaaaaammmmm sekaliiiii….

Berhari-hari Forrest menyendiri, tepekur melamunkan si Buncis, tiba-tiba tersadar suatu keinginannya yang terpendam, ya benar ia ingin berlari, lari dari kehampaan, lari dari kehidupannya, semula hanya sampai batas ujung RT, kemudian ujung kampung, kemudian lagi ujung desa, kemudian lagi sampai ujung kecamatan, hingga ujung kabupaten, hingga ujung provinsi sampai ia melampaui semua batas wilayah pemerintahan daerah mencari ujung daratan yaitu pantai dan laut, mercusuar, terus menerus selama 3 tahun 2 bulan 16 hari 14 jam, ia mengakhiri pelariannya yang ternyata sudah diikuti ratusan penggembira dan suporter. Berita keikutsertaan orang lain, Forrest menjadi inspirasi pelari setelah 2 tahun berlari tanpa henti mengelilingi benua Amerika sebanyak empat kali!

Di akhir pelariannya di gurun Nevada, dekat dengan Grand Canyon yang terkenal, Forrest mengundurkan diri dari pelariannya dan kembali ke Green Meadows. Akibat peristiwa mengelilingi Amerika dengan berlari tanpa motivasi jelas, Forrest menerima surat dari Jenny Buncis untuk mengunjunginya di suatu kota besar di Amerika, yang harus naik bus lalu berjalan sembilan blok, ternyata teman bicara Forrest di bangku halte malah menunjukkan bahwa apartemen Buncis Jenny tidak jauh dari tempat mereka bercerita. Segeralah Forrest hengkang dan berlari lagi dengan semangat, tiba-tiba terketuk pintu apartemen nomor 4, terbukalah pintu dan tampak Jenny yang menggunakan seragam pramusaji makanan cept berwarna biru menyambut Forrest di depan pintu.

Tak berapa lama setelah perbincangan yang kaku dan kagok, masuk tetangga jenny sambil menggendong anak kecil berponi dengan rambut brunet kaya bulu jagung, yang kemudian diceritakan Jenny bahwa itu buah cintanya kepada Forrest Gump saat hujan-hujan tempo hari tiga tahun yang lalu … wow, berarti saat itu Jenny Buncis sudah masuk masa subur dan hampir mengalami tamu bulanan, tiga tahun tanpa kabar (berkirim surat kepada Forrest Gump) ia telah menjadi orang tua tunggal persis seperti ibu Forrest Gump pada awal kisah ini. Alurnya berulang lagi kedua kali.

Menutup ending filem ini Jenny khirnya bersedia menikah dengan Forrest dan sudah memiliki anak laki-laki yang diberi namanya Forrest Gump pulak. Saat pernikahan tersebut Letnan Dan sudah tidak lagi menggunakan kursi roda dan menggandeng wanita bermata sipit agak chubby bernama Susan yang diakuinya sebagai tunangan, Letnan Dan bisa berjalan dan berdiri gagah berkat sepasang kaki palsu dari titanium yang berteknologi luar angkasa NASA, sudah tentu alat tersebut hanya bisa dibeli oleh Milyader. Akhirnya Forrest dan Letnan Dan menjadi milyader dari saham mereka di Apple dan saham mereka di Bubba Gump Shrimp Corp, juga karena keterkenalan Forrest Gump lainnya sebagai inspirator.

Air mata saya meleleh (saya biarkan menjadi cengeng sesaat) karena menangis itupun sangat sulit untuk bis diterima kaum laki-laki selain menyelami kedukaan yang sangat sangat dalam. setelah Forrest diberitahukan Jenny Buncis saat duduk di taman, menemani Forrest kecil main ayunan, bahwa Jenny buncis mengidap penyakit yang tidak bisa disembuhkan. (HIV/AIDS) – kemudian kamera beralih pada Forrest yang datang membawa nampan roti bakar dan secangkir kopi, berbaju biru tua Genoa (warna favorit celana jeans), Forrest duduk di tepi pembaringan Jenny yang sekarat hingga berakhir pada Forrest menyampaikan uneq-uneg di pusara Jenny di bawah pohon tempat Wortel dan Buncis ini biasanya berduaan, meletakkan surat yang ditulis Forrest kecil di pusara makam bernisan putih (sama seperti nisan temannya Bubba, sesama prajurit AS yang kena bom saat di Vietnam ketika disergap Vietkong) karena ia menghormati keinginan anaknya untuk tidak membaca surat itu karena ditujukan hanya kepada Mom Jenny! Forrest besar meletakkan begitu saja disamping buket bunga warna ungu lila. Sekarang Forrest besar menyiapkan Forrest kecil berangkat sekolah, menemaninya belajar, menemaninya bermain, setiap malam membaca, memperhatikan Forrest kecil memasuki bis sekolah yang menjemputnya (sejarah Forrest terulang lagi tanpa ironi di bagian awal). Bulu unggas yang ada di kaki Forrest pada buku Curious George yang dibawa Forrest kecil ke sekolah lalu perlahan terbang, diiringi tatapan kosong dan Hampa Forrest besar, bulu unggas berwarna putih itu terus terbang, mengangkasa, terapung-apung di langit biru berawan mempesona, kemudian bergerak ke muka audiens dan menutup layar bioskop dengan deretan nama pemain dan kru pembuat filem.

Referensi :
http://www.reviewcinema.com/2013/05/forrest-gump-1994.html
http://pulpn.com/topic/236/10-kumpulan-kata-inspiratif-forrest-gump-yang-bikin-tersentuh

#artikel-saya, #cerita-saya, #curious-george, #fil, #filem, #filem-saya-tonton, #film, #forrest-gump, #pandangan-saya, #tulisan-saya