Keuntungan dan Kendala Quipperschool

Quipperschool sebagai salah satu startup kelas belajar dalam jaringan (daring = online) saat ini tengah berkembang pesat di Indonesia, yang pada tanggal 24 Januari 2015 baru pertama kali mengadakan konferensi untuk guru-guru yang dipilih sebagai Ambassador atau agen perubahan yang memanfaatkan layanan belajar online ini serta turut serta dalam kompetisi menarik setiap periodenya, tidak pelak mulai menyeruak dan menarik perhatian para guru se-Indonesia.

Tulisan-tulisan menarik tentang pemanfaatan quipperschool serta penetrasinya cukup banyak dituangkan melalui guraru.com (website guru era pembaharu), blog-blog pribadi dan menjadi testimoni pada www.quipperschool.com/id/blog.  Dibanding startup belajar online yang pernah saya ikuti dan buat, dukungan CS atau penghubung dari quipperschool sampai saat ini yang paling segera dan paling sederhana saya lihat dan saya rasakan, komunikasi yang hangat dengan Fajrie Nuarie sebagai penghubung saya terasa menyenangkan dan nyaman, termasuk saat melayani keluhan-keluhan saya yang dilayani dengan messenger Fesbuk. What an Awesome service! Thank You Mr Fajrie

Yang tidak kalah menarik dan perlu menjadi titik perhatian adalah keuntungan dan kendala menggunakan quipperschool ini bagi sekolah-sekolah yang di luar Palangka Raya atau pinggiran Palangka Raya serta kabupaten lain. Sejauh ini yang saya ketahui yang tidak kalah hebat dalam memanfaatkan quipperschool sebagai layanan belajar online adalah SMAN-1 Kapuas Murung tempat Pak Bayang mengajar, juga memiliki siswa-siswa yang sadar dan guru-guru yang melek dalam menggunakan layanan quipperschool.

Berita-berita melalui laman ambassador quipperschool kebanyakan adalah hasil publikasi kegiatan sekolah-sekolah yang ada di Sulawesi, pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan. Publikasi di sekolah kami masih sangat minim dan belum menggunakan media lokal untuk skala yang besar (pelatihan guru SMP/SMA se-kota Palangka Raya dalam skala masif).

Keuntungan dari quipperschool :

dibandingkan menginstal Moodle atau Kelasmaya atau dokeos dalam server multimedia laboratorium komputer sekolah yang memudahkan guru-guru yang tidak mau direpotkan dengan hal-hal teknis TIK adalah :

  • Yang tentu adalah gratis, tidak perlu sewa hosting,

– siswa dapat mendaftar dengan akun facebook atau email dan tidak perlu verifikasi email, demikian pula dengan guru yang mendaftar dalam quipperschool bisa dengan akun facebook atau email yang diverifikasi dengan gampang

  • siswa bisa mengerjakan menggunakan telepon seluler atau smartphone, laptop atau PC dengan modem, berinternet di lab komputer atau pojok internet yang disediakan Telkom atau telkomsel atau provider lainnya (ini akan menjadi kendala tersendiri)
  • guru bisa membuat soal (menggunakan teks – kopi paste dengan word atau notepad, kemudian menggunakan sebagian kecil fungsi aplikasi LaTEX, jika agak sulit bisa memasukkan imaji atau gambar sebagai rumus atau formula), untuk hal ini maka diperlukan pen tablet atau graphic tablet sebagai alat tambahan untuk menggambar atau menulis, tetapi saya biasa crop atau salin dan tempel
  • siswa yang mengerjakan soal bisa dipantau hasilnya, bisa diulang-ulang, ada laporan hasil penilaian dengan soal-soal yang bisa dikerjakan serta soal-soal yang masih sulit dan perlu didiskusikan lanjut dalam kelas, siswa menjadi senang belajar dan senang mengerjakan karena ada kompetisi kelas setiap bulan dengan hadiah yang lumayan dan luar biasa,

– guru sebagai Ambassador pun bisa ikut kompetisi dengan kompensasi hadiah tertentu, satu kelas dapat menampung 200 siswa, bisa dipakai tidak hanya SMP/SMA, tapi juga SD atau Perguruan Tinggi dan SMK/MA,
(kode ambassador saya : AFKPH8X)

– dukungan CS yang bisa ditelepon atau dihubungi lewat FB dengan segera(Mas Fajrie Nuarie)

Kendala melaksanakan kelas quipperschool :

  • tidak semua siswa faham dengan teknologi informasi jadi perlu dibimbing dengan terus-menerus (ambassador bisa mendukung guru dan siswa yang diajak)
  • siswa banyak yang tidak memiliki HP yang mendukung (android, iOS, windowsphone)
  • siswa tidak memiliki laptop atau PC (solusi : bekerja sama bergantian dengan akun yang berbeda)

– pengawasan bisa dipermudah dengan melihat laporan yang dihasilkan, tapi mengawasi benar-benar bahwa yang mengerjakan adalah siswa sebenar-benarnya adalah kesulitan tersendiri dan ini secara logis hanya bisa dilakukan dalam Lab Komputer atau sekolah dengan pojok internet sendiri

  • guru belum memiliki pandangan dan belum merasakan manfaat langsung dengan quipperschool karena bergantung dengan kondisi lingkungan sekolah serta atmosfer akademik sekolah masing-masing – tergantung daya dorong dari Kepala Sekolah dan warga sekolah yang peduli dengan perkembangan zaman dan pemanfaatan teknologi informasi

Tidak semua yang mudah Terlihat mudah

jadi selamat mencoba dan tuliskan apa yang anda hadapi dengan startup quipperschool ini 

#belajar-online, #fisikarudy, #kelas-maya, #kelasmaya, #palangka-raya, #palangkaraya, #quipperschool, #rudyhilkya, #smada