Kisi-kisi Ujian Akhir Fisika SMA Tahun 2015

Ujian akhir sekolah sudah diambang mata, sebentar lagi sekitar pertengah Maret 2015 diadakan Ujian Sekolah dan 13-15 April 2015 diadakan Ujian Nasional. Khusus untuk mata pelajaran Fisika jenjang SMA pada tahun 2015 pokok-pokok yang diujikan adalah :

  1. Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
  2. Menentukan vektor dengan berbagai cara.
  3. Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan atau gerak parabola.
  4. Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (momentum sudut, momen inersia, atau titik
    berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
  6. Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan
    besaran-besaran yang terkait.
  7. Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
  8. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
  9. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan
    momentum.
  10. Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik atau fluida dinamik dan
    penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  11. Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor atau asas Black dalam pemecahan
    masalah.
  12. Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
  13. Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan proses termodinamika pada mesin kalor.
  14. Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada gelombang.
  15. Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam
    kehidupan sehari-hari.
  16. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
  17. Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi dan difraksi.
  18. Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler.
  19. Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi pada berbagai kondisi yang berbeda.
  20. Menentukan besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
    Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya pada
    kapasitas keping sejajar atau pada rangkaian kapasitor.
  21. Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff .
  22. Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik.
  23. Menentukan arah dan besar gaya magnetik (gaya Lorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan
    listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.
  24. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator.
  25. Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
  26. Menjelaskan berbagai teori atom.
  27. Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek Compton.
  28. Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan teori relativitas.
  29. Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
  30. Menjelaskan macam-macam zat radioaktif atau pemanfaatannya.

Jika dilihat dari keseluruhan ada 75% dari soal-soal Fisika yang dikembangkan dan diujikan pada tes akhir kali ini. Bisa jadi ada indikator yang lebih dari satu soal akan dimunculkan dalam pengujian kelak. Tugas guru mempersiapkan bahan ajar untuk pelatihan siswa kelas XII sesuai kisi-kisi di atas dan tugas siswa adalah mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ke-30 topik di atas.

Prediksi yang memungkinkan (sebagai latihan) :

  1. Disiapkan gambar jangka sorong atau mikrometer sekrup hasil pengukuran, sebagai data hasil ukur dari benda-benda dan siswa diminta menyatakan hasil pengukuran tersebut menurut aturan angka penting.
  2. Diberikan gambar vektor (besaran yang memiliki besar dan arah), bisa gaya atau perpindahan, siswa diminta menentukan besar perpindahan yang terjadi atau besar resultan gaya yang terjadi pada diagram bebas benda yang diberikan. Dapat dibandingkan dengan Soal UN tahun 2010.
  3. Pada Gerak Lurus Beraturan (GLB) atau Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dan siswa diminta menentukan besar perpindahan dari grafik. Mungkin pula diminta menghitung perpindahan yang dialami benda saat bergerak dipercepat atau diperlambat.
  4. gerak melingkar, kecepatan sudut atau frekuensi, siswa diminta menentukan kecepatan tangensial atau sebaliknya.
  5. Mengenai gerak parabola, digambarkan data mengenai bola yang ditendang atau peluru meriam yang ditembak atau bom yang dijatuhkan bahkan mungkin peluru mortir yang dilepaskan dari ketinggian tertentu. Siswa diminta menghitung vektor kecepatan, koordinat posisi peluru, jarak tempuh peluru, waktu tempuh peluru.
  6. Dihubungkan gaya dalam kehidupan sehari-hari seperti Dinamika Gerak Lurus, benda dipercepat kemudian dikaitkan dengan kinematika gerak, percepatan, perpindahan. Mungkin juga diberikan gaya-gaya yang bekerja pada sistem kesetimbangan benda tegar.
  7. Digambarkan gerak pengungkit atau tuas, siswa diminta menentukan besaran momen gaya, momen inersia pengungkit atau besaran dalam dinamika gerak rotasi lainnya.
  8. Digambarkan sistem kesetimbangan dengan katrol, ditentukan titik berat dan titik tumpu, siswa diminta menentukan letak kesetimbangan sistem katrol tersebut.
  9. Digambarkan tangga bersandar, siswa diminta menentukan letak ketinggian yang paling memungkinkan dari benda berbobot selama sistem kesetimbangan benda tegar tidak goyah atau masih stabil.
  10. Dinyatakan gerak naik turun pada lembah untuk benda konservatif, siswa diminta menghitung konservasi energi melalui energi kinetik menjadi energi potensial. Mungkin pula berkaitan dengan torsi mesin, gerak mesin menghasilkan usaha dan daya mekanik, siswa diminta menentukan besaran-besaran fisika lainnya yang terkait dengan hal tersebut.
  11. Benda melakukan gerak yang berarti ada gerak kinetik dan usaha yang dilakukan benda dihubungkan dengan kinematika gerak benda akan diperhitungkan sebagai penyelesaian. Siswa diminta menentukan jarak tempuh benda jika benda dipercepat atau jarak perhentian benda jika benda diperlambat.

#kisi-kisi-uas-fisika-sma, #kisi-kisi-un-fisika-sma, #uas, #un, #un-fisika-sma-2015, #us-fisika-sma-2015