Proyek Fisikarudy

Menggunakan pipa paralon atau pipa PVC adalah kesenangan tersendiri untuk membentuk sebuah alat bantu atau beberapa alat yang sekiranya dapat menunjang pekerjaan atau menambah rasa estetika dalam rumah.

Berdasarkan penelusuran video dalam jejaring, pemanfaatan pipa PVC untuk menjadi alat-alat sederhana sangat banyak dan menarik hati.

Hari minggu kemarin, iseng-iseng saya membuat beberapa peralatan dari pipa paralon (yang mudah-mudahan ada yang bekas) sehingga tidak terbuang sia-sia hehehe😀 … apalagi plastik adalah bahan yang  paling sulit diuraikan oleh alam sehingga sulit membusuk atau berguna kembali bagi tanah selain dimanfaatkan sedemikian rupa.

Berikut penampakannya :

gitar1 gitar2 gitar3 luv gitar4 gitar5

Penegak gitar akustik semi elektrik atau dikenal stand gitar dan masih terus mengalami penyempurnaan dengan ukuran pipa yang lebih besar yaitu 3/4 inci. Sementara dalam gambar yang digunakan adalah pipa 1/2 inci dan tingginya baru 65 cm.laptop1 laptop2 laptop3
Penahan laptop. Jika selama ini laptop sangat dilarang untuk dibawa ke atas tempat tidur, terutama untuk anak-anak kos, nah solusinya adalah penahan laptop dengan sirkulasi udara yang cukup sekalipun sampai di atas tilam😀
Apalagi jika ditambah blower DC ukuran 9 cm atau 12 cm bertenaga USB apalagi harga kipas USB tersebut berkisar antara 10.000 hingga 15.000 sangat terjangkau, jika takut merusak alat maka sambungan kabel dapat digunakan adaptor dengan tegangan 12 volt.
Bentuk penahan laptop ini masih dalam pengembangan dan penampakan alat mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama.
kardus bekas
Yang terakhir adalah rak modem dan router dari kardus bekas, hasil belanja dari koperasi sekolah dan sayang sekali jika kardusnya dibuang dengan cara dibakar mengapa tidak dimanfaatkan menjadi rak seperti foto? Lem silikon dan silet tajam serta penggaris yang handal maupun selotip pewarna untuk mempercantik peralatan. Sayangnya belum saya cat:mrgreen:

Selamat berkreasi dan menggunakan bahan-bahan bekas.