Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015

snmptn 2015Seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) adalah gengsi yang ditunggu-tunggu para lulusan SMA dan sudah jelas kelulusan SMA kali ini akan mencapai 100% karena ditentukan “hanya” dari nilai Ujian Sekolah saja. Tentu saja walaupun demikian kelulusan SNMPTN atau lolos tidaknya alumni SMA tahun ini berdasarkan nilai-nilai rapot dan prestasi-prestasi belajar yang sudah diraihnya sejak kelas X hingga kelas XII menurut berbagai jenjang akan menjadi patokan dan pertimbangan diterimanya seseorang pada PTN ternama dan bergengsi yang menjadi tujuan.

Nilai-nilai rapot yang konon kabarnya bisa dibuat mejik atau sulapan bisa menjadi tidak bermakna apabila calon mahasiswa yang bersangkutan tidak memiliki prestasi tertentu yang diminati atau dilirik oleh PTN yang dilamar, tentu saja hal ini adalah momok bagi calon mahasiswa yang biasa-biasa saja seperti saya dulu. Saya pun yang termasuk gagal diterima melalui jalur SNMPTN tahun 1991 namun saat itu ada seleksi lain lewat jalur tertulis dan saya dapat memasuki perguruan tinggi di kota saya pada jurusan pendidikan Fisika walaupun telat setahun (tepatnya tahun 1992) saya baru bisa berkuliah.

Artinya SNMPTN bagi calon-calon mahasiswa yang “kurang berprestasi” atau “belum berprestasi” seperti saya dulu adalah faktor keberuntungan dan faktor X yang tidak dapat diduga selain menduga-duga kursi yang disediakan, kuota per wilayah yang diterima dan faktor-faktor lain tergantung Universitas atau perguruan tinggi yang menerima mahasiswa tahun 2015.

Melalui seleksi nasional menggunakan nilai rapot yang dikelola pada laman www.snmptn.ac.id, anda dapat melihat seperempat bagian lulusan SMA tahun 2015 yang berhasil diterima atau bagi yang belum diterima dapat melanjutkan seleksi melalui SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) serta ada jalur ujian mandiri pada universitas tujuan masing-masing.

Jangan kecil hati karena masih ada kesempatan sampai tiga tahun mendatang jika anda gagal tahun ini melamar di perguruan tinggi negeri, tetapi jangan lupa masih ada perguruan tinggi kedinasan yang juga menawarkan kesempatan meraih karir melalui pendidikan akademi dan bergengsi pula. Selain itu masih ada perguruan-perguruan tinggi swasta yang tidak kalah bonafide dengan perguruan tinggi negeri yang ada bisa menjadi alternatif.

Yang penting jangan naif.

Pengumuman Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2015 untuk lulusan dari SMA Negeri-2 Palangka Raya adalah sebagai berikut :

 

Selamat bagi yang namanya sudah dituliskan.

#kalimantan-tengah, #kalteng, #palangka-raya, #smada-kalimantan-tengah, #smada-palangka-raya, #smada-palangkaraya, #sman-2-palangkaraya, #snmptn, #snmptn-2015, #snmptn-smada