Telaah Kompetensi Fisika SMA Kelas X (Kurikulum 2013)

Pelajaran Fisika menggunakan kurikulum 2013 untuk peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) dititikberatkan tidak hanya kepada segi kognitif dan psikomotorik, melainkan segi Sikap dan keterampilan Sosial.

Misal pada bagian pertama mengenai konsep Besaran Fisika dan pengukuran, juga ditetapkan kompetensi inti – 1 yakni menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, selanjutnya dijabarkan dalam dua indikator kompetensi dasar :

  1. Bertambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya (keteraturan dalam kompleksitas).
  2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan air sebagai unsur utama kehidupan dengan karakteristik yang memungkinkan bagi mahluk hidup untuk tumbuh dan berkembang (mengapa air dikaitkan dalam hal ini?) – Nah inilah kaitan sosial dan lingkungan dalam lingkup kompetensi inti – 1 yakni religiositas

Kompetensi inti – 2 : menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi ecara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia (kompetensi sikap dan sosial) yang diukur dalam indikator dasar :

  1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi (nah, disinggung lagi mengenai lingkungan bukan?)
  2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan (sikap menghargai dalam kegiatan kelompok melalui percobaan dan pelaporan hasil percobaan).

Kompetensi Inti – 3 (pengetahuan) dengan pokok : Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan, faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait dengan penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mnatnya untuk memecahkan masalah. Kompetensi inti ini dijabarkan dalam kompetensi dasar yang minimal dikuasai para peserta didik seperti :

  1. Memahami konsep besaran fisika dan pengukurannya.
  2. Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.
  3. Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi.
  4. Mendeskripsikan sifat elastisitas bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
  5. Mendeskripsikan hukum-hukum pada fluida statik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada berbagai kasus nyata.
  7. Mendeskripsikan cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa

Kompetensi Inti 4 yaitu berkaitan dengan keterampilan berpikir (high order thinking skills) dengan kompetensi : mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuannya. Dari tujuh topik yang dibahas dalam Kompetensi inti 3 dijabarkan dalam kompetensi dasar maka ada tujuh kompetensi dasar KI-4 yaitu :

  1. Menggunakan peralatan dan teknik yang tepat dalam melakukan pengamatan dan pengukuran besaran fisika untuk suatu penyelidikan ilmiah.
  2. Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus beraturan dan tidak beraturan (GLBB).
  3. Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya, massa, dan percepatan pada gerak lurus.
  4. Merancang dan membuat suatu peralatan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan.
  5. Menyelidiki sifat elastisitas suatu bahan melalui percobaan.
  6. Menyajikan rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa.
  7. Melakukan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor.

#fisika, #fisikarudy, #sma