Soal Fisika kelas X-8

Dikerjakan secara kelompok :

Vektor

  1. Vektor sebesar 20 N digerakkan ke utara dan vektor lain sebesar 15 N digerakkan ke timur. Tentukan besar resultan dari kedua vektor tersebut  dan nyatakan dalam centimeter (Jika 5 N digambarkan dengan panjang 1 cm).
  2. Sebuah mobil bergerak sejauh 20 km ke utara dan kemudian bergerak 35 km dengan membentuk sudut 600 terhadap utara. Tentukan besar dan arah resultan perpindahan mobil tersebut.
  3. Sebuah kapal penyeberangan membelah arus sungai dengan arah tegak lurus sebesar 5 m/s. Jika kecepatan arus sungai dari timur ke barat sebesar 10 m/s. Tentukan resultan kecepatan perahu penyeberangan dan arah sudut (vektor) yang dialami kapal tersebut.

Gerak Benda :

  1. Seseorang bersepeda ke utara sejauh 2 kilometer, kemudian berbalik ke selatan sejauh 0,5 kilometer kemudian berbelok ke timur sejauh 1  kilometer dan akhirnya kembali ke selatan sejauh 0,5  kilometer dalam waktu tempuh keseluruhan setengah jam. Tentukan kecepatan yang dialami pengendara sepeda.
  2. Dua mobil mainan A dan B bergerak pada lintasan lurus sepanjang 100 meter. Mobil A bergerak 2 detik lebih dulu dengan kecepatan 20 cm/s, kemudian disusul mobil B yang bergerak dengan kecepatan 30 cm/s. Apakah mobil B dapat menyusul mobil A sebelum kehabisan lintasan ?
  3. Benda dijatuhkan dari ketinggian 500 meter dan mengalami percepatan gravitasi bumi sebesar 10 m/s2, tentukan :
    a. kecepatan benda saat benda tepat mencapai daratan dan kecepatan benda saat berada setinggi 50 meter dari tanah.
    b. Waktu yang ditempuh benda saat tepat mencapai daratan dan saat berada pada ketinggian 50 meter dari tanah
  4. Bola dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan awal 100 m/s.
    a. Kapan benda mencapai titik tertinggi dan kapan bola jatuh kembali ?
    b. Tentukan tinggi maksimum yang dicapai bola.